Skip to main content

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna.

Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata.

Pengobatan dan prognosis dari tumor tergantung pada lokasi tumor tumbuh, dan seberapa cepat tumor diketahui keberadaannya. Walaupun begitu, segera membawa hamster ke dokter hewan untuk pengobatan akan memperbaiki kualitas kehidupan hamster.

Gejala
Gejala dari hamster yang memiliki tumor akan terlihat sesuai dengan lokasi tumbuhnya tumor. Tumor yang terlihat di luar tubuh akan lebih mudah diketahui dibandingkan dengan tumor yang berada di dalam tubuh. Gejala yang ditimbulkan biasanya tidak spesifik seperti depresi, kebotakkan pada bagian tertentu, nafsu makan menurun, sakit pada bagian perut dan diare (bahkan diikuti diare berdarah). Sel T lympoma mungkin akan menyebabkan kelainan pada kulit, seperti peradangan pada kulit dan atau terjadi kebotakkan .

Penyebab
Penyebab tumor pada umumnya adalah turunan genetik dan faktor lingkungan yang memicu terjadinya malformasi atau multiplikasi sel yang abnormal yang menyebabkan formasi tumor terbentuk.

Diagnosis
Teknik diagnosa tumor harus dibawa ke dokter hewan. Jika tumor eksternal atau pada bagian luar tubuh akan lebih mudah didiagnosa melalui pemeriksaan fisik dan bisa dilakukan uji cytology. Namun, jika berada di dalam tubuh, harus dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa X-Ray atau USG, dan dapat dilakukan uji biopsi.

Penanganan
Dokter hewan biasanya menyarankan dilakukan operasi pengangkatan tumor karena tumor sewaktu – waktu dapat berkembang dan menyebar ke lokasi lain dari tubuh hamster. Operasi pengangkatan tumor pada tumor fase awal akan meningkatkan persentase kesembuhan hewan. Bagaimanapun, deteksi tumor yang terlambat akan menyebabkan tumor berubah menjadi maligna (kanker). Segera hubungi dokter hewan langganan Anda, jika terjadi kelainan pada hamster. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Paramedik Smart Pets

Dokter-hewan.net - Kami sedang mencari asisten dokter hewan/paramedik dengan syarat sebagai berikut : Penyayang hewan dan tidak takut dengan hewan (terutama kucing dan anjing)Diutamakan pria berusia 20 - 35 TahunBisa bekerja dalam teamJujur dan disiplinMau bekerja keras dan ikhlas, kerja kasare dan kotor, tidak gengsian, berani capek, mau disuruh-suruh, tidak jijik dengan kotoran hewan, darah dan benda-benda menjijikkan lainnya. Rela menerima gaji besar dan manfaat lainnya.  Kalau anda memenuhi persyaratan di atas silahkan kirimkan lamaran dan pengalaman kerja melalui email : smartpets2009@gmail.com
atau kirim langsung ke 
Smart Pets Jl. Raya Jatiwaringin 143 Pondok Gede Bekasi 17411 Up. Arif
Terima kasih

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi membuka lowongan kerja untuk posisi Dokter Hewan LABORATORIUM.

Ketentuannya adalah sebagai berikut:
-Lulusan baru/ koas yang sedang menunggu ujian akhir
-Dapat bekerja sama dalam tim
-Memiliki passion untuk menjadi dokter hewan laboratorium

Apabila Anda berminat, silahkan mengirimkan lamaran kerja ke email: info@pdhbvet.com. Lamaran kerja ditunggu paling lambat 28 Oktober 2018.

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id