Skip to main content

#Andaperlutahu - Mengapa Anjing Bulldog Tidak Bisa Melahirkan Secara Normal ?

Dokter-hewan.net – Anjing bulldog merupakan salah satu anjing yang sangat suka bermain dengan anak – anak. Sifatnya yang pemberani, setia dan bersahabat sangat cocok sebagai anjing penjaga rumah Anda. Bulldong adalah anjing ras tertua yang berasal dari Inggris.

Keunikan anjing bulldog adalah dari segi postur tubuhnya yang berukuran sedang. Tubuhnya tampak kekar dan berisi. Dadanya lebar dengan moncong yang pendek. Kaki bulldog relatif pendek, tetapi terlihat kekar. Anjing ini memiliki ekor pendek yang biasanya mengarah ke bawah.

Oleh karena bentuk dan postur tubuh anjing bulldog seperti yang telah dijelaskan di atas, anjing ini sangat sulit untuk berkembang biak secara normal. Beberapa ras anjing termasuk bulldog, harus melewati proses Caesar saat melahirkan.

Anakan bulldog memiliki badan yang lebih besar dibandingkan kepalanya dan kaki bengkang sehingga menyulitkan untuk dilahirkan secara normal. Ditambah lagi dengan induk bulldog yang tidak mempunyai leher sehingga memiliki nafas pendek yang dapat menyebabkan anjing bulldog tidak kuat untuk merejan. Biasanya dokter hewan akan menginduksi oksitosin agar sang induk mengalami kontraksi. Jika ternyata janin telah mati di dalam kandungan dan tidak diangkat secepatnya, maka nyawa sang induk juga akan terancam karena proses pembusukan janin sangat cepat dan akan meracuni semua sistem dan organ pada tubuh. Anjing ras lain yang juga mengalami kesulitan saat melahirkan sehingga mengharuskannya melakukan operasi Caesar adalah Chihuahua, Yorkshire, dan Pomeranian. Anjing ras kecil ini biasanya tidak mempunyai tenaga untuk merejan atau kondisi anaknya yang terlalu besar. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Waspada Hipertiroidisme pada Kucing

Dokter-hewan.net – Adakah hubungan antara ras (breed) dan umur dengan kondisi hipertiroidisme dalam tubuh? Hipertiroidisme dapat muncul pada semua jenis kucing, baik itu jantan maupun betina namun lebih sering terjadi pada kucing yang lebih tua. Hasil studi menunjukkan bahwa 6% dari kasus hipertiroidisme terjadi pada kucing yang lebih muda dari 10 tahun. Dan umur rata – rata yang paling banyak menderita hipertiroidisme adalah antara umur 12 hingga 13 tahun.

Gejala klinis hipertiroidisme menyerupai berbagai jenis penyakit lainnya, seperti diabetes pada kucing, inflamatory bowel disease, kanker usus dan gagal ginjal kronis sehingga memerlukan tes penunjang berkelanjutan untuk mendiagnosanya. Teknik yang umum digunakan oleh dokter hewan adalah dengan melakukan simple blood test atau test darah sederhana, dengan mengevaluasi level T4 di dalam darah. Walaupun pada beberapa kasus hipertiroidisme, 2% - 10% dari kucing yang menderita hipertiroidisme akan menunjukkan level T4 normal. Sehingga…

Anjing Ras Shih Tzu Rentan Terkena Katarak

Dokter-hewan.net – Katarak merupakan kondisi kekeruhan atau kekaburan pada lensa mata (opaque cloudiness). Penglihatan hewan pada umumnya akan terkena dampak yaitu berupa pandangan kabur (ringan) sampai menyebabkan kebutaan jika tidak tertangani dengan baik. Pada umumnya, katarak disebabkan oleh turunan genetik, namun juga dapat dipicu oleh usia tua, penyakit retina lainnya, diabetes dan trauma pada mata.

Anjing Shih Tzu merupakan ras yang paling umum terkena katarak, namun tidak menutup kemungkinan pada ras – ras lainnya, seperti anjing cocker spaniel, poodle, miniature schnauzer, terrier dan golden retriever. Akan tetapi, cara katarak yang diturunkan dari generasi ke generasi belum diketahui dengan jelas penyebabnya, artinya semua ras hewan (tidak hanya Shih Tzu) memiliki kemungkinan terkena katarak. Menurut para ahli, katarak kemungkinan diturunkan dari bentukan genetik, antara lain yang masih diteliti yaitu autosomal resesif, autosomal dominan dan setengah dominan namun tidak ada…