Skip to main content

Apakah Hamster Bisa Berenang ?

Dokter-hewan.net – Apakah hamster bisa berenang? jawabannya adalah "bisa!", seperti mamalia pada umumnya, hamster dapat berenang… namun mereka (hamster) tidak terlalu menyukai berenang dan dapat berdampak buruk pada kesehatan hamster itu sendiri.

Di alam liar, hamster hidup di daerah yang sangat kering dan jarang sekali ada air, sehingga dapat disimpulkan hamster tidak menyukai jika tubuh mereka terlalu basah.

Hamster merupakan hewan yang dapat membersihkan dirinya sendiri dengan sangat baik dan dengan air yang sangat sedikit, sehingga tidak perlu dimandikan bahkan memaksa mereka berenang di air. Agar hamster selalu bersih, yang wajib dilakukan adalah selalu mengganti litter (serutan kayu) minimal 1x dalam sehari.

Jika tetap memandikan hamster dengan air dan membuat mereka terlalu basah, akan menyebabkan mereka stres. Stres akan memicu sistem imun hamster melemah sehingga lebih mudah terserang penyakit. Jika air tersebut terlalu dingin, atau hamster basah terlalu lama akan memicu terjadinya demam, pneumonia bahkan kematian pada hamster.

Kesimpulannya, hamster dapat berenang namun hamster tidak boleh atau tidak perlu dimandikan karena mereka dapat mandi sendiri sesuai dengan cara mereka sendiri. Penggantian litter atau serutan kayu adalah tindakan yang wajib dilakukan setiap hari agar hamster selalu bersih dan kandang tidak terlalu bau.[HP]

Source: thehamsterhouse.com/hamster-info/can-hamsters-swim/

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)