Skip to main content

Cara Mengatasi Tangisan Anak Anjing

Dokter-hewan.net – Apakah Anda memiliki anjing baru atau puppies baru di rumah ? Sebagai penghuni baru, sudah pasti hewan peliharaan Anda harus mulai beradaptasi dengan rumah barunya. Keberadaan awal anak anjing di rumah pasti akan sangat melelahkan tentunya ketika mendengar anak anjing Anda menangis setiap hari bahkan setiap malam. Hal ini juga pasti Anda takutkan karena akan mengganggu tetangga di sekitar rumah.

Merengek atau menangis adalah hal yang alami bagi anak anjing. Namun, penting untuk mencari solusi segera sebelum akan menjadi kebiasaan. Anda harus memahami betul apa yang menjadi penyebab anak anjing Anda menangis. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat Anda dapat tidur tenang dan anjing Anda pun bahagia.

Tips1
Anak anjing mungkin sedang mencari perhatian Anda. Terkadang cara terbaik adalah dengan mengabaikan anak anjing Anda, walaupun akan sulit sekali. Namun, perlu Anda coba karena jika Anda terus memberi perhatian saat anak anjing menangis, maka ia akan menggunakannya sebagai cara untuk terus mendapatkan perhatian Anda. Saat puppy Anda mulai merengek atau menangis, Anda harus berbalik menjauhinya. Ketika ia sudah mulai tenang, berikan perhatian dan reward berupa treat. Terus lakukan proses tersebut sampai puppy belajar bahwa dengan merengek hanya akan membuat owner menjauhinya dan mendapatkan konsekuensi yang tidak menyenangkan untuknya.

Tips2
Sediakan tempat yang nyaman untuk puppies Anda tidur. Anak anjing Anda akan merengek jika berada di tempat yang tidak nyaman. Mungkin ia telah poop di kandang dan ingin keluar untuk poop lagi. Selalu pastikan kandangnya dalam keadaan hangat, kering dan aman. Untuk menghindari puppy membuang kotoran dalam kandang, selalu ajarkan ia untuk pergi ke toilet sebelum Anda pergi tidur sehingga Anda tidak perlu terbangun saat tengah malam.

Tips3
Puppies yang terpisah dengan induknya pasti akan merasa kesepian. Jika puppy menangis di malam hari, Anda bisa membawanya ke kamar Anda. Kontak ini akan membuat puppy melihat Anda sebagai pack leadernya. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hal ini, Anda dapat memindahkan kandangnya dari kamar Anda secara perlahan seiring dengan menaruh sesuatu yang memiliki bau/aroma Anda dalam kandangnya. Sangat penting untuk tidak membiarkannya tidur di kasur dengan Anda karena akan menjadi kebiasaan.

Tips4
Puppies yang merengek dapat juga disebabkan karena rasa sakit dan tidak nyaman. Jika Anda sudah mencoba berbagai cara di atas dan semuanya gagal, maka mungkin ada masalah kesehatan yang tidak dapat Anda lihat. Segeralah bawa puppy Anda ke dokter hewan langganan Anda.

Tips5
Puppies akan merengek ketika mereka lapar atau haus. Pastikan Anda memberi makan dengan cukup dan menyediakan air untuk minum. Namun, hindari untuk memberi makan pada puppy Anda sebelum atau dekat dengan jam tidurnya karena hal ini akan membuat ia harus bangun di tengah malam untuk buang air.

Tips6
Dan tips yang terakhir adalah ajaklah anjing Anda untuk berjalan – jalan dan latihan diluar rumah. Puppies menangis mungkin disebabkan karena kelebihan energi yang tidak terpakai. Ajaklah puppy Anda bermain sebelum ia pergi tidur sehingga ia akan merasa lelah dan dapat tidur dengan nyenyak. Hindari membiarkannya tidur terlalu awal karena saat jam tidur Anda, puppy Anda mungkin akan merasa segar.

Nah, itu adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi puppies yang sering merengek atau menangis di rumah. Mempunyai anggota keluarga baru seperti anjing kesayangan sudah sepatutnya Anda memperlakukannya dengan sebaik mungkin, agar ia tetap merasa nyaman dan aman berada di rumah Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne Pengertian Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo ( blackhead ). Penyebab dari Jerawat Kucing Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik. Gejala jerawat kucing    Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing Dagu kucing terlihat kotor Komedo menyebabkan terjadinya abses Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu. Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.   Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.   Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.   Jerawat kucing dapat muncul pada se