Skip to main content

Kelinci Yang Mendadak Galak

Dokter-hewan.net – Harus kita ketahui bahwa kelinci juga bisa menjadi galak dan agresif bahkan menyerang kelinci lainnya. Hal ini lebih sering dialami oleh kelinci betina. Hal ini dapat disebabkan oleh:

1. Marking
Kelinci betina merupakan hewan territorial dan mereka akan membuat marking atau menandai wilayahnya, seperti kandanga ataupun rumah. Jadi, jika ada hewan baru atau pendatang baru, maka mungkin saja akan langsung diserang. Sebab hal tersebut akan dianggap akan mengambil daerah wilayah kekuasaan kelinci betina. Saat hidup di alam liar, kelinci biasanya dipimpin oleh satu betina aling besar dan juga paling berkuasa.

2. Bunting
Kelinci betina yang sedang bunting akan mengalami masalah hormonal, mereka akan cenderung menjadi lebih galak dan sensitif terutama jika ada yang masuk ke kandang ataupun tempat yang sudah mereka anggap sebagai sarang.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelinci yang menjadi semakin galak dan agresif, yakni:
1. Sterilisasi
Cara mengatasi kelinci yang tiba – tiba menjadi galak sebenarnya hanya satu, yakni harus di sterilisasi ke dokter hewan. Sesudah dilakukan sterilisasi, hormonnya akan menjadi stabil dan kelinci tidak akan marking wilayah serta dapat menerima kelinci lain dengan aman.
2. Bonding
Bonding merupakan cara memperkenalkan kelinci yang satu dengan yang lain sehingga mereka dapat berteman. Umumnya cara yang dilakukan adalah dengan membawa ke tempat baru dimana si kelinci lama belum menandai wilayahnya. Akan tetapi, ada juga cara yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan kapas yang telah dicampur kencing kelinci lama, kemudian diusap ke kelinci yang baru.
3. Pelihara dari kecil
Sebaiknya Anda memikirkan baik – baik waktu dalam memelihara kelinci dan apakah harus diberi teman atau tidak. Sebab kelinci yang tumbuh bersama akan berteman seumur hidup.
4. Pilih kelinci jantan
Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memelihara kelinci jenis jantan saja, sebab kelinci jantan cenderung lebih menerima dan juga jauh lebih tidak agresif daripada kelinci betina.

Kelinci adalah salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara merawat dan memelihara kelinci, maka kelinci juga dapat menjadi galak dan agresif. So, kenali kelinci yang Anda pelihara dan jangan lupa senantiasa membawanya ke dokter hewan langganan Anda untuk mencegah terjadinya penyakit pada kelinci Anda. [AD]

Comments

  1. Mau tanya

    Kelinci saya kupingnya turun satu, kenapa ya?
    Sudah lebih dari satu minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa jadi karena defisiensi nutrisi. sebaiknya segera di bawa ke dokter hewan terdekat. terima kasih :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id