Skip to main content

Kelinci Yang Mendadak Galak

Dokter-hewan.net – Harus kita ketahui bahwa kelinci juga bisa menjadi galak dan agresif bahkan menyerang kelinci lainnya. Hal ini lebih sering dialami oleh kelinci betina. Hal ini dapat disebabkan oleh:

1. Marking
Kelinci betina merupakan hewan territorial dan mereka akan membuat marking atau menandai wilayahnya, seperti kandanga ataupun rumah. Jadi, jika ada hewan baru atau pendatang baru, maka mungkin saja akan langsung diserang. Sebab hal tersebut akan dianggap akan mengambil daerah wilayah kekuasaan kelinci betina. Saat hidup di alam liar, kelinci biasanya dipimpin oleh satu betina aling besar dan juga paling berkuasa.

2. Bunting
Kelinci betina yang sedang bunting akan mengalami masalah hormonal, mereka akan cenderung menjadi lebih galak dan sensitif terutama jika ada yang masuk ke kandang ataupun tempat yang sudah mereka anggap sebagai sarang.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelinci yang menjadi semakin galak dan agresif, yakni:
1. Sterilisasi
Cara mengatasi kelinci yang tiba – tiba menjadi galak sebenarnya hanya satu, yakni harus di sterilisasi ke dokter hewan. Sesudah dilakukan sterilisasi, hormonnya akan menjadi stabil dan kelinci tidak akan marking wilayah serta dapat menerima kelinci lain dengan aman.
2. Bonding
Bonding merupakan cara memperkenalkan kelinci yang satu dengan yang lain sehingga mereka dapat berteman. Umumnya cara yang dilakukan adalah dengan membawa ke tempat baru dimana si kelinci lama belum menandai wilayahnya. Akan tetapi, ada juga cara yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan kapas yang telah dicampur kencing kelinci lama, kemudian diusap ke kelinci yang baru.
3. Pelihara dari kecil
Sebaiknya Anda memikirkan baik – baik waktu dalam memelihara kelinci dan apakah harus diberi teman atau tidak. Sebab kelinci yang tumbuh bersama akan berteman seumur hidup.
4. Pilih kelinci jantan
Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memelihara kelinci jenis jantan saja, sebab kelinci jantan cenderung lebih menerima dan juga jauh lebih tidak agresif daripada kelinci betina.

Kelinci adalah salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara merawat dan memelihara kelinci, maka kelinci juga dapat menjadi galak dan agresif. So, kenali kelinci yang Anda pelihara dan jangan lupa senantiasa membawanya ke dokter hewan langganan Anda untuk mencegah terjadinya penyakit pada kelinci Anda. [AD]

Comments

  1. Mau tanya

    Kelinci saya kupingnya turun satu, kenapa ya?
    Sudah lebih dari satu minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa jadi karena defisiensi nutrisi. sebaiknya segera di bawa ke dokter hewan terdekat. terima kasih :)

      Delete
  2. Kelinci saya 4ekor .umurnya sekarang sekitar 4bulanan. Sejak kecil bersama2 tapi sekarang 1 kelinci jadi galak terhadap 1 kelinci lainnya.. sedang pada kelinci2 aa yang lainnya tidak apa2. Itu knapa dan bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  3. Kelinci saya 4ekor .umurnya sekarang sekitar 4bulanan. Sejak kecil bersama2 tapi sekarang 1 kelinci jadi galak terhadap 1 kelinci lainnya.. sedang pada kelinci2 aa yang lainnya tidak apa2. Itu knapa dan bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  4. Dok, kelinci saya jantan, tapi dia sangat galak dan agresif. saya punya kandang yang saling bersebelahan hanya terbatas oleh sekat kawat kotak kotak. Dulu di isi oleh dua kelinci jantan, yang satu hitam dan satunya putih. Yang putih memang cukup galak, sudah beberapa kali tangan saya digigit, dan hidung kelinci hitam juga digigit hingga tampak dagingnya. begitu saya punya kelinci betina, saya taruh yang betina di sebelah jantan putih, dan ternyata hidungnya juga digigit, kelinci saya kenapa ya dok kira kira? apakah karena puber atau apa? kalau puber amankah untuk dikawinkan? Saya mohon solusi dok, tapi saya tidak mau kelinci saya dikebiri. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Dok, kelinci saya jantan, tapi dia sangat galak dan agresif. saya punya kandang yang saling bersebelahan hanya terbatas oleh sekat kawat kotak kotak. Dulu di isi oleh dua kelinci jantan, yang satu hitam dan satunya putih. Yang putih memang cukup galak, sudah beberapa kali tangan saya digigit, dan hidung kelinci hitam juga digigit hingga tampak dagingnya. begitu saya punya kelinci betina, saya taruh yang betina di sebelah jantan putih, dan ternyata hidungnya juga digigit, kelinci saya kenapa ya dok kira kira? apakah karena puber atau apa? kalau puber amankah untuk dikawinkan? Saya mohon solusi dok, tapi saya tidak mau kelinci saya dikebiri. Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Koksidiosis

dokter-hewan.net Koksidiosis sering juga disebut sebagai penyakit berak darah merupakan suatu penyakit parasiter yang disebabkan oleh koksidia famili Eimeriidae, dan genus Eimeria sebagai penyebab koksidiosis pada unggas. Penyakit ini merupakan dapat menyebabkan kematian dan hambatan pertumbuhan. Pada ayam dapat disebabkan oleh Eimeria tanella, E.necatrix, E.maxima, E.acervulina, E.brunetti, E.hagani, E.mitis, E.praecox, E.mivati, E.tyssarni, E.myonella dan E.gallinae. 
Ayam dapat menderita koksidiosis karena ayam menelan oocyst infektif yaitu oocyst yang mengalami sporulasi. Oocyst  dapat bersporulasi tergantung pada pH, temperatur dan kelembapan. Sporulasi terjadi 1-2 hari pada kondisi optimum 21° - 32° dan butuh kelembapan dan oksigen. Spesies yang ganas/patogen dapat menginvasi mukosa usus, tunika propria bahkansampai ke sub mukosa. sedangkan pada yang kurang patogen/ganas hanya menyebabkan kelainan-kelainan atau gangguan yang sifatnya superfisial atau permukaan saja. Apabila anak…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)