Skip to main content

Kenali Hamster yang Sehat

Dokter-hewan.net – Hamster adalah salah satu binatang pengerat kecil yang sangat lucu. Di jaman sekarang ini, tak sedikit pula masyarakat yang ingin memelihara hamster sebagai teman bermainnya di rumah. Nah, jika Anda adalah salah satu yang tertarik memelihara hamster, tentunya Anda harus tahu terlebih dulu bagaimana ciri – ciri hamster yang sehat.

Lincah dan Matanya Bercahaya
Hamster memiliki ukuran tubuh yang kecil dan sudah sewajarnya ia bergerak sangat cepat dan lincah. Tapi perlu Anda ingat bahwa hamster adalah binatang nocturnal, artinya hamster akan terlihat lincah dan bergerak cepat pada saat malam hari. Jika Anda membeli hamster, waktu sore atau malam hari adalah waktu yang tepat. Pada siang hari, hamster akan selalu tampak tidur dan bermalas – malasan karena siang hari adalah waktu istirahat yang tepat bagi para hamster.

Perlu Anda khawatirkan apabila hamster terserang flu, karena hal ini dapat menyebabkan kematian. Hamster yang terkena flu akan tampak selalu mengantuk, tidur terus – menerus dan lemah. So, Anda harus mengecek keadaan hidung hamster apakah lebih basah dan sering bersin atau tidak.

Kotoran Kering dan Bau Tidak Menyengat
Kemudian, membuang kotoran dan urinasi adalah hal yang wajar bagi makhluk hidup. Hamster adalah salah satunya. Pastikan hamster Anda tempatkan pada kandang yang berisi serbuk kayu. Perhatikan kotoran yang ditinggalkan di salah satu sudut kandangnya. Hamster memiliki kotoran yang kering dan berbentuk oval memanjang dengan warna coklat kehitaman.

Hamster yang sehat dan tidak memiliki gangguan pencernaan, tidak akan mempunyai aroma kotoran dan urinasi yang menyengat sekalipun dicium dalam jarak yang dekat. Jadi, apabila Anda mencium aroma yang tidak enak pada kotoran dan urinnya, Anda perlu khawatirkan keadaan hamster Anda.

Rambut Tebal dan Tidak Ada Benjolan
Hamster yang sehat akan mempunyai rambut tebal dan mengkilap serta tidak kusam dan mudah rontok. Pastika Anda memegang keadaan tubuh hamster Anda dan amati apakah ada benjolan atau tidak. Tidak sedikit hamster yang terkena penyakit tumor akibat dari adanya kesalahan dalam penanganan sebelumnya. Tumor ini dapat berbentuk seperti benjolan yang tumbuh di beberapa bagian tubuh hamster, seperti di bagian samping tubuh dan perut (abdomen). [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih