Skip to main content

Kenali Hamster yang Sehat

Dokter-hewan.net – Hamster adalah salah satu binatang pengerat kecil yang sangat lucu. Di jaman sekarang ini, tak sedikit pula masyarakat yang ingin memelihara hamster sebagai teman bermainnya di rumah. Nah, jika Anda adalah salah satu yang tertarik memelihara hamster, tentunya Anda harus tahu terlebih dulu bagaimana ciri – ciri hamster yang sehat.

Lincah dan Matanya Bercahaya
Hamster memiliki ukuran tubuh yang kecil dan sudah sewajarnya ia bergerak sangat cepat dan lincah. Tapi perlu Anda ingat bahwa hamster adalah binatang nocturnal, artinya hamster akan terlihat lincah dan bergerak cepat pada saat malam hari. Jika Anda membeli hamster, waktu sore atau malam hari adalah waktu yang tepat. Pada siang hari, hamster akan selalu tampak tidur dan bermalas – malasan karena siang hari adalah waktu istirahat yang tepat bagi para hamster.

Perlu Anda khawatirkan apabila hamster terserang flu, karena hal ini dapat menyebabkan kematian. Hamster yang terkena flu akan tampak selalu mengantuk, tidur terus – menerus dan lemah. So, Anda harus mengecek keadaan hidung hamster apakah lebih basah dan sering bersin atau tidak.

Kotoran Kering dan Bau Tidak Menyengat
Kemudian, membuang kotoran dan urinasi adalah hal yang wajar bagi makhluk hidup. Hamster adalah salah satunya. Pastikan hamster Anda tempatkan pada kandang yang berisi serbuk kayu. Perhatikan kotoran yang ditinggalkan di salah satu sudut kandangnya. Hamster memiliki kotoran yang kering dan berbentuk oval memanjang dengan warna coklat kehitaman.

Hamster yang sehat dan tidak memiliki gangguan pencernaan, tidak akan mempunyai aroma kotoran dan urinasi yang menyengat sekalipun dicium dalam jarak yang dekat. Jadi, apabila Anda mencium aroma yang tidak enak pada kotoran dan urinnya, Anda perlu khawatirkan keadaan hamster Anda.

Rambut Tebal dan Tidak Ada Benjolan
Hamster yang sehat akan mempunyai rambut tebal dan mengkilap serta tidak kusam dan mudah rontok. Pastika Anda memegang keadaan tubuh hamster Anda dan amati apakah ada benjolan atau tidak. Tidak sedikit hamster yang terkena penyakit tumor akibat dari adanya kesalahan dalam penanganan sebelumnya. Tumor ini dapat berbentuk seperti benjolan yang tumbuh di beberapa bagian tubuh hamster, seperti di bagian samping tubuh dan perut (abdomen). [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Penempatan Tangerang Selatan

Dokter-hewan.net - Drh. Vizta mencari dokter hewan praktisi hewan kecil dengan persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan :

Pria/WanitaFresh graduate/berpengalamanBerfokus di bidang praktisi hewan kecilMempunyai semangat belajar yang tinggiMampu bekerja sendiri maupun timMampu bekerja di bawah tekanan Lokasi : Tangerang Selatan (Ciputat dan Bintaro)
Silahkan kirimkan :  Surat LamaranCVFotoKTPIjazah SKH dan DrhTranskrip SKH dan Drh ke email : novizta.au@yahoo.com
Informasi lebih lanjut : 085702518587 (drh. vizta)


6 Produk Pembersih Rumah Tangga yang Tidak Aman Bagi Anjing

Dokter-hewan.net - Rumah yang bersih dan wangi adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pecinta hewan khususnya pemilik anjing. Dog lover umumnya akan membersihkan rumahnya lebih rutin dibandingkan yang bukan dog lover, alasannya karena anjing lebih memiliki kegiatan outdoor yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya, termasuk kucing. Sehingga, rumah akan sedikit kotor jika anjing habis bermain diluar rumah.

Perlatan yang digunakan oleh dog lover lumayan beragam, mulai dari pembersih komersial yang dijual di pasaran bahkan sampai ke pembersih natural demi kesehatan anak bulu berkaki empatnya. Namun, seringkali dog lover mempertanyakan apakah bahan pembersih yang digunakannya berbahaya bagi anak-anaknya? Berikut kami ulas satu persatu.

Menurut dogster.com ada 4 bahan yang umumnya terdapat di zat pembersih rumah namun sangat berbahaya bagi anjing, bahan-bahan itu adalah Ammonia, Chlorine, Glycol Ethers, dan Formalin atau Formaldehyde.


Ammonia - Umumnya digunakan sebagai …

Lowongan Kerja : Alphavet Bekasi

Dokter-hewan.net - ALPHAVET akan menambah team drh, untuh itu Alphavet membuka Lowongan kerja untuk Dokter Hewan ;

1. Dokter hewan wanita / pria
2. Passion nya sebagai praktisi, bukan hanya sekedar mencari kerja daripada menganggur.
3. Jujur dan Bertanggung jawab
4. Mempunyai kemauan keras untuk belajar berkelanjutan.
5. Harus bisa bekerja dalam team.
6. Bersedia bekerja di hari libur.


Lamaran nya dikirim ke email ;
ennymaya@yahoo.co.id
Hp : 081293406830

Daerah Kota Bekasi