Skip to main content

Merawat dan Melatih Siberian Husky

Dokter-hewan.net – Anjing Siberian Husky adalah anjing yang termasuk dalam jenis anjing ras, namun sekilas terlihat mirip serigala, ini diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam. Anjing ras ini dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia timur laut sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban.

Siberian Husky memiliki sifat yang menyenangkan. Wataknya yang lembut dan bersahabat ini mungkin terjadi karena warisan masa lalu, sejak masyarakat Chukchi memelihara anjing – anjing ini. Walaupun begitu, Siberian Husky juga sangat waspada, tetapi menyenangkan dan mudah menyesuaikan diri. Tingkat kecerdasannya pun telah dibuktikan, tetapi jiwa merdekanya setiap waktu dapat menantang kecerdikan manusia.

Anjing ini akan menunjukkan ketidaktakutan terhadap orang asing dan akan menyambut orang – orang dengan ramah. Jikalau diserang, ia sudah siap dan dapat membela dirinya sendiri dan dapat menghadapi serangan dengan membunuh lawannya. Naluri predator Siberian Husky sangatlah kuat. Ketika anjing ini secara normal ramah dan bersahabat degan manusia dan anjing – anjing lainnya, para pemilik harus berhati – hati terhadap hewan – hewan kecil yang ada di sekitar rumah karena dapat menjadi korban atas naluri predator Husky. Karakter terakhir dari Siberian Husky adalah ia mempunyai hasrat untuk berlari. Warisannya telah memberkahi dia kemampuan untuk berlari tanpa rasa lelah.

Sebagai anjing yang berasal dari kutub, Siberian Husky memiliki kelebihan pada rambutnya yang tebal seperti mantel bulu. Selain itu, Siberian Husky juga memiliki sepasang mata berwarna biru yang sangat cantik, sehingga dibalik postur tubuhnya yang tegap, jangan salah ia akan siap untuk menyerang dan justru ia juga  menyimpan pesona yang membuat semua orang jatuh cinta.

Siberian Husky adalah anjing yang sepertinya mudah dipelihara. Secara alami, anjing ini bersih dan bebas dari bau yang tidak enak serta parasit – parasit. Siberian Husky akan merontokkan rambutnya sedikitnya sekali dalam setahun. Beberapa orang merasa bahwa masa perontokan rambut ini lebih mudah diatasi daripada perontokan rambut yang terus – menerus dan tumbuh baru kembali dari banyak jenis rambut anjing ras lainnya. Akan tetapi, karena anjing ini memiliki rambut yang tebal, maka tidak bisa dipungkiri kalau perawatannya harus lebih ekstra. Sebaiknya Anda membuat jadwal rutin untuk grooming Siberian Husky. Untuk mencegah kerontokan rambut – rambutnya, bawalah anjing Anda ke dokter hewan langganan Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)