Skip to main content

Waspada Hipertiroidisme pada Kucing

Dokter-hewan.net – Adakah hubungan antara ras (breed) dan umur dengan kondisi hipertiroidisme dalam tubuh? Hipertiroidisme dapat muncul pada semua jenis kucing, baik itu jantan maupun betina namun lebih sering terjadi pada kucing yang lebih tua. Hasil studi menunjukkan bahwa 6% dari kasus hipertiroidisme terjadi pada kucing yang lebih muda dari 10 tahun. Dan umur rata – rata yang paling banyak menderita hipertiroidisme adalah antara umur 12 hingga 13 tahun.

Gejala klinis hipertiroidisme menyerupai berbagai jenis penyakit lainnya, seperti diabetes pada kucing, inflamatory bowel disease, kanker usus dan gagal ginjal kronis sehingga memerlukan tes penunjang berkelanjutan untuk mendiagnosanya. Teknik yang umum digunakan oleh dokter hewan adalah dengan melakukan simple blood test atau test darah sederhana, dengan mengevaluasi level T4 di dalam darah. Walaupun pada beberapa kasus hipertiroidisme, 2% - 10% dari kucing yang menderita hipertiroidisme akan menunjukkan level T4 normal. Sehingga kerjasama dokter hewan dan pemilik hewan sangat dibutuhkan untuk evaluasi penyakit ini.

Pada kondisi hipertiroid, salah satu hal yang sangat disarankan adalah untuk melakukan diet pakan. Diet hewan baru – baru ini tersedia dengan makanan yang rendah tingkat yodium dan dapat membantu untuk menormalkan kadar tiroid pada kucing hipertiroid. Namun, tetap harus diberi makan sebagai satu – satunya sumber makanan tanpa akses ke makanan lain, termasuk mangsa. Saat ini, efek jangka panjang dari makan diet rendah yodium untuk kucing ini adalah belum pasti. Setiap kucing dan pemilik berbeda, sehingga sangat penting untuk membahas pilihan pengobatan yang berbeda dengan dokter hewan Anda untuk memutuskan apa yang terbaik untuk kucing tertentu. Setelah kucing dirawat, ia akan kembali normal cukup cepat pada kebanyakan kasus. Jika penyakit telah terdeteksi dan diobati dini, kucing dapat kembali normal melanjutkan hidup.

Lalu, bagaimana cara mengobatinya?
Pengobatan hipertiroidisme harus dilakukan dengan membawa hewan ke dokter hewan langganan Anda. Pada umumnya, dokter hewan akan mendiskusikan kepada Anda, keuntungan dan kerugian menggunakan pilihan terapi yang ditawarkan. Adapun terapi yang dilakukan antara lain: pemberian obat antitiroid per – oral, operasi untuk membuang glandula tiroid dan terapi radiasi iodine. [HP]

Source: http://pets.webmd.com/cats/guide/cat-hyperthyroidism?page=2

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : MADE Pets Care

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan dokter hewan praktisi di daerah Depok Cinere dan Pamulang.  Kriteria :  Drh. atau PPDH yang akan mengambil sumpah Drh. JujurMemiliki keinginan tinggi untuk belajar dan menambah skill praktisiDapat berkomunikasi dengan baikMemiliki passion/minat menjadi dokter hewan praktisiPenawaran gaji menarik Segera kirimkan CV dan lamaran MADE Pets Care. Informasi dapat menghubungi Drh. Made Widiadnya 085778760076.  Terima kasih.