Skip to main content

Waspada Hipertiroidisme pada Kucing

Dokter-hewan.net – Adakah hubungan antara ras (breed) dan umur dengan kondisi hipertiroidisme dalam tubuh? Hipertiroidisme dapat muncul pada semua jenis kucing, baik itu jantan maupun betina namun lebih sering terjadi pada kucing yang lebih tua. Hasil studi menunjukkan bahwa 6% dari kasus hipertiroidisme terjadi pada kucing yang lebih muda dari 10 tahun. Dan umur rata – rata yang paling banyak menderita hipertiroidisme adalah antara umur 12 hingga 13 tahun.

Gejala klinis hipertiroidisme menyerupai berbagai jenis penyakit lainnya, seperti diabetes pada kucing, inflamatory bowel disease, kanker usus dan gagal ginjal kronis sehingga memerlukan tes penunjang berkelanjutan untuk mendiagnosanya. Teknik yang umum digunakan oleh dokter hewan adalah dengan melakukan simple blood test atau test darah sederhana, dengan mengevaluasi level T4 di dalam darah. Walaupun pada beberapa kasus hipertiroidisme, 2% - 10% dari kucing yang menderita hipertiroidisme akan menunjukkan level T4 normal. Sehingga kerjasama dokter hewan dan pemilik hewan sangat dibutuhkan untuk evaluasi penyakit ini.

Pada kondisi hipertiroid, salah satu hal yang sangat disarankan adalah untuk melakukan diet pakan. Diet hewan baru – baru ini tersedia dengan makanan yang rendah tingkat yodium dan dapat membantu untuk menormalkan kadar tiroid pada kucing hipertiroid. Namun, tetap harus diberi makan sebagai satu – satunya sumber makanan tanpa akses ke makanan lain, termasuk mangsa. Saat ini, efek jangka panjang dari makan diet rendah yodium untuk kucing ini adalah belum pasti. Setiap kucing dan pemilik berbeda, sehingga sangat penting untuk membahas pilihan pengobatan yang berbeda dengan dokter hewan Anda untuk memutuskan apa yang terbaik untuk kucing tertentu. Setelah kucing dirawat, ia akan kembali normal cukup cepat pada kebanyakan kasus. Jika penyakit telah terdeteksi dan diobati dini, kucing dapat kembali normal melanjutkan hidup.

Lalu, bagaimana cara mengobatinya?
Pengobatan hipertiroidisme harus dilakukan dengan membawa hewan ke dokter hewan langganan Anda. Pada umumnya, dokter hewan akan mendiskusikan kepada Anda, keuntungan dan kerugian menggunakan pilihan terapi yang ditawarkan. Adapun terapi yang dilakukan antara lain: pemberian obat antitiroid per – oral, operasi untuk membuang glandula tiroid dan terapi radiasi iodine. [HP]

Source: http://pets.webmd.com/cats/guide/cat-hyperthyroidism?page=2

Comments

Popular posts from this blog

Alur Pemotongan Hewan di RPH

Pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan antara lain melewati beberapa tahap antara lain Kandang Penampungan (Kandang Istirahat), daerah kotor dan daerah bersih. Adapun yang termasuk daerah kotor yaitu tempat pemingsanan, tempat pemotongan, tempat pengeluaran darah, tempat penyelesaian penyemblihan, ruang jeroan, ruang kepala dan kaki, ruang kulit dan tempat pemeriksaan post mortem. Sedangkan daerah bersih yaitu ruang pendinginan atau pelayuan, ruang pembekuan, ruang pembagian karkas, ruang penimbangan karkas dan ruang pengemasan daging. Adapun alur yang dilewati antara lain :

Kadang Penampungan (Kandang Istirahat)
Kadang penampungan merupakan kandang yang digunakan untuk menampung hewan sebelum dilakukan pemotongan. Kandang penampungan juga biasa disebut kandang istirahat karena menjadi tempat istirahat hewan setelah melakukan perjalanan dari kandang ke rumah potong hewan. Selain itu fungsi kandang penampungan adalah tempat pemeriksaan ante mortem (pemeriksaan sebelum disembelih). Peme…

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna.

Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata.

Pengobatan dan …

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…