Skip to main content

5 Alasan Anjing Makan Rumput

Dokter-hewan.net – Pemilik hewan kesayangan khususnya anjing pasti pernah mengeluhkan anjingnya memakan rumput. Kadangkala rumput yang digigit hanya di gigit dan dibuang kembali dan pada beberapa anjing menggigitinya bahkan sampai menelannya. Tidak ada yang mengetahui dengan jelas alasan kenapa anjing memakan rumput, namun berikut 5 teori yang dipercaya oleh beberapa ahli, diantaranya :
  1.  Teori pertama mengatakan anjing akan memakan rumput jika mereka merasakan gejala mual. Namun sebuah studi mengatakan hanya 8% dari anjing yang mengalami gejala mual yang benar-benar sakit dan 22% yang muntah setelah memakan rumput. Namun studi itu mengatakan tidak cukup bukti untuk menjelaskan anjing memakan rumput akibat gejala mual.
  2. Teori lain mengatakan, anjing akan memakan rumput ketika mereka dalam kondisi malnutrisi atau defisiensi nutrisi (faktor asupan nutrisi). Anjing yang memakan rumput adalah anjing yang nutrisinya kurang sehingga dia akan memakan rumput untuk memenuhi nutrisinya. Ketika anjing anda mulai memakan rumput diharapkan melihat asupan nutrisinya, dan berikan makanan dengan kandungan nutrisi yang pas dan seimbang.
  3. Teori ketiga mengatakan bahwa anjing memakan rumput merupakan insting bawaan ketika mereka masih di alam liar, yaitu ketika mereka tidak mendapatkan mangsa, sehingga mereka harus memakan rumput untuk bertahan hidup. Sejak saat itu, anjing berevolusi menjadi carnivora-omnivora (bukan carnivora sejati).
  4. Beberapa studi juga mengemukakan bahwa anjing yang memakan rumput akan meningkatkan motilitas (pergerakan) usus sehingga akan sangat membantu untuk mengontrol parasite yang ada di usus mereka. Walaupun anjing sudah diberikan obat cacing, namun insting mereka masih tajam sehingga tetap melakukan kegiatan tersebut.
  5. Teori kelima mengatakan bahwa saat memakan rumput hewan (anjing) akan mendapatkan sensasi yang menyenangkan saat memakannya. Seperti halnya panda, mereka memilih memakan hanya bamboo Karena mendapatkan rasa yang menyenangkan setelah memakan bamboo. Karena bamboo akan menimbulkan reaksi kimia sehingga dopamine keluar. Dopamine merupakan salah satu hormone yang merangsang otak untuk memberikan sensasi menyenangkan. Hal ini di analogikan dengan anjing yang memakan rumput, kemungkinan mereka juga mendapatkan sensasi yang menyenangkan setelah memakan rumput sehingga mereka ketagihan memakannya.

Walaupun demikian, kelima teori ini hanyalah sebuah teori artinya belum bisa dipastikan kebenarannya namun pada beberapa hewan menunjukkan gejala seperti itu. Akan lebih bijaksananya jika anjing memakan rumput kemudian anjing muntah berlebihan atau tidak nafsu makan agar segera dibawa ke dokter hewan, kemudian selalu memperhatikan nutrisi makanan hewan kesayangan serta rutin meminumkan obat cacing pada anjing untuk pencegahan terhadap parasite cacing.


drh. Habyb Palyoga
@habybpalyoga

Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Koksidiosis

dokter-hewan.net Koksidiosis sering juga disebut sebagai penyakit berak darah merupakan suatu penyakit parasiter yang disebabkan oleh koksidia famili Eimeriidae, dan genus Eimeria sebagai penyebab koksidiosis pada unggas. Penyakit ini merupakan dapat menyebabkan kematian dan hambatan pertumbuhan. Pada ayam dapat disebabkan oleh Eimeria tanella, E.necatrix, E.maxima, E.acervulina, E.brunetti, E.hagani, E.mitis, E.praecox, E.mivati, E.tyssarni, E.myonella dan E.gallinae. 
Ayam dapat menderita koksidiosis karena ayam menelan oocyst infektif yaitu oocyst yang mengalami sporulasi. Oocyst  dapat bersporulasi tergantung pada pH, temperatur dan kelembapan. Sporulasi terjadi 1-2 hari pada kondisi optimum 21° - 32° dan butuh kelembapan dan oksigen. Spesies yang ganas/patogen dapat menginvasi mukosa usus, tunika propria bahkansampai ke sub mukosa. sedangkan pada yang kurang patogen/ganas hanya menyebabkan kelainan-kelainan atau gangguan yang sifatnya superfisial atau permukaan saja. Apabila anak…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)