Skip to main content

5 Alasan Anjing Makan Rumput

Dokter-hewan.net – Pemilik hewan kesayangan khususnya anjing pasti pernah mengeluhkan anjingnya memakan rumput. Kadangkala rumput yang digigit hanya di gigit dan dibuang kembali dan pada beberapa anjing menggigitinya bahkan sampai menelannya. Tidak ada yang mengetahui dengan jelas alasan kenapa anjing memakan rumput, namun berikut 5 teori yang dipercaya oleh beberapa ahli, diantaranya :
  1.  Teori pertama mengatakan anjing akan memakan rumput jika mereka merasakan gejala mual. Namun sebuah studi mengatakan hanya 8% dari anjing yang mengalami gejala mual yang benar-benar sakit dan 22% yang muntah setelah memakan rumput. Namun studi itu mengatakan tidak cukup bukti untuk menjelaskan anjing memakan rumput akibat gejala mual.
  2. Teori lain mengatakan, anjing akan memakan rumput ketika mereka dalam kondisi malnutrisi atau defisiensi nutrisi (faktor asupan nutrisi). Anjing yang memakan rumput adalah anjing yang nutrisinya kurang sehingga dia akan memakan rumput untuk memenuhi nutrisinya. Ketika anjing anda mulai memakan rumput diharapkan melihat asupan nutrisinya, dan berikan makanan dengan kandungan nutrisi yang pas dan seimbang.
  3. Teori ketiga mengatakan bahwa anjing memakan rumput merupakan insting bawaan ketika mereka masih di alam liar, yaitu ketika mereka tidak mendapatkan mangsa, sehingga mereka harus memakan rumput untuk bertahan hidup. Sejak saat itu, anjing berevolusi menjadi carnivora-omnivora (bukan carnivora sejati).
  4. Beberapa studi juga mengemukakan bahwa anjing yang memakan rumput akan meningkatkan motilitas (pergerakan) usus sehingga akan sangat membantu untuk mengontrol parasite yang ada di usus mereka. Walaupun anjing sudah diberikan obat cacing, namun insting mereka masih tajam sehingga tetap melakukan kegiatan tersebut.
  5. Teori kelima mengatakan bahwa saat memakan rumput hewan (anjing) akan mendapatkan sensasi yang menyenangkan saat memakannya. Seperti halnya panda, mereka memilih memakan hanya bamboo Karena mendapatkan rasa yang menyenangkan setelah memakan bamboo. Karena bamboo akan menimbulkan reaksi kimia sehingga dopamine keluar. Dopamine merupakan salah satu hormone yang merangsang otak untuk memberikan sensasi menyenangkan. Hal ini di analogikan dengan anjing yang memakan rumput, kemungkinan mereka juga mendapatkan sensasi yang menyenangkan setelah memakan rumput sehingga mereka ketagihan memakannya.

Walaupun demikian, kelima teori ini hanyalah sebuah teori artinya belum bisa dipastikan kebenarannya namun pada beberapa hewan menunjukkan gejala seperti itu. Akan lebih bijaksananya jika anjing memakan rumput kemudian anjing muntah berlebihan atau tidak nafsu makan agar segera dibawa ke dokter hewan, kemudian selalu memperhatikan nutrisi makanan hewan kesayangan serta rutin meminumkan obat cacing pada anjing untuk pencegahan terhadap parasite cacing.


drh. Habyb Palyoga
@habybpalyoga

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Medion

Dokter-hewan.net - PT. Medion membuka lowongan kerja bagi dokter hewan. Adapun persyaratan dan kriteria tertera di poster di bawah ini. 

Lowongan Kerja : BKSDA Jawa Barat

Dokter-hewan.net - LOWONGAN PEKERJAAN
Dibutuhkan 1 orang Dokter Hewan untuk mengisi posisi sebagai tenaga kontrak pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat di Bandung Persyaratan:
- Laki-laki atau perempuan
- Freshgraduate / berpengalaman
- Tertarik pada dunia birokasi konservasi
- Memiliki minat pada dunia satwa liar
- Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu
- Mampu bekerja baik secara individu maupun tim
- Menyukai alam dan kegiatan outdoorKirimkan Surat Lamaran yang ditujukan pada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Curriculum Vitae, FC ijasah dan transkrip nilai ke alamat email bbksdajb@gmail.com
Ditunggu sampai akhir Desember 2018