Skip to main content

5 Alasan Anjing Makan Rumput

Dokter-hewan.net – Pemilik hewan kesayangan khususnya anjing pasti pernah mengeluhkan anjingnya memakan rumput. Kadangkala rumput yang digigit hanya di gigit dan dibuang kembali dan pada beberapa anjing menggigitinya bahkan sampai menelannya. Tidak ada yang mengetahui dengan jelas alasan kenapa anjing memakan rumput, namun berikut 5 teori yang dipercaya oleh beberapa ahli, diantaranya :
  1.  Teori pertama mengatakan anjing akan memakan rumput jika mereka merasakan gejala mual. Namun sebuah studi mengatakan hanya 8% dari anjing yang mengalami gejala mual yang benar-benar sakit dan 22% yang muntah setelah memakan rumput. Namun studi itu mengatakan tidak cukup bukti untuk menjelaskan anjing memakan rumput akibat gejala mual.
  2. Teori lain mengatakan, anjing akan memakan rumput ketika mereka dalam kondisi malnutrisi atau defisiensi nutrisi (faktor asupan nutrisi). Anjing yang memakan rumput adalah anjing yang nutrisinya kurang sehingga dia akan memakan rumput untuk memenuhi nutrisinya. Ketika anjing anda mulai memakan rumput diharapkan melihat asupan nutrisinya, dan berikan makanan dengan kandungan nutrisi yang pas dan seimbang.
  3. Teori ketiga mengatakan bahwa anjing memakan rumput merupakan insting bawaan ketika mereka masih di alam liar, yaitu ketika mereka tidak mendapatkan mangsa, sehingga mereka harus memakan rumput untuk bertahan hidup. Sejak saat itu, anjing berevolusi menjadi carnivora-omnivora (bukan carnivora sejati).
  4. Beberapa studi juga mengemukakan bahwa anjing yang memakan rumput akan meningkatkan motilitas (pergerakan) usus sehingga akan sangat membantu untuk mengontrol parasite yang ada di usus mereka. Walaupun anjing sudah diberikan obat cacing, namun insting mereka masih tajam sehingga tetap melakukan kegiatan tersebut.
  5. Teori kelima mengatakan bahwa saat memakan rumput hewan (anjing) akan mendapatkan sensasi yang menyenangkan saat memakannya. Seperti halnya panda, mereka memilih memakan hanya bamboo Karena mendapatkan rasa yang menyenangkan setelah memakan bamboo. Karena bamboo akan menimbulkan reaksi kimia sehingga dopamine keluar. Dopamine merupakan salah satu hormone yang merangsang otak untuk memberikan sensasi menyenangkan. Hal ini di analogikan dengan anjing yang memakan rumput, kemungkinan mereka juga mendapatkan sensasi yang menyenangkan setelah memakan rumput sehingga mereka ketagihan memakannya.

Walaupun demikian, kelima teori ini hanyalah sebuah teori artinya belum bisa dipastikan kebenarannya namun pada beberapa hewan menunjukkan gejala seperti itu. Akan lebih bijaksananya jika anjing memakan rumput kemudian anjing muntah berlebihan atau tidak nafsu makan agar segera dibawa ke dokter hewan, kemudian selalu memperhatikan nutrisi makanan hewan kesayangan serta rutin meminumkan obat cacing pada anjing untuk pencegahan terhadap parasite cacing.


drh. Habyb Palyoga
@habybpalyoga

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Seminar How to be a Good Small Animal Practitioner

Dokter-hewan.net
Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas
PDHB drh Cucu bekerjasama dengan PDHI dan ADHPHKI akan menyelenggarakan seminar How to be a Good Small Animal Practitioner 
🗓 12 - 14 April 2019 Tempat : Seminar 12 - 13 april (Hotel Danau Sunter - Sunlake) Workshop 14 April (klinik PDHB drh Cucu Sunter)
Pembicara :  1. Drh Lie Cucu Kartini 2. Drh Herlina 3. Drh Maulana ArRaniri Putra 4. Drh Agus Efendi 5. Drh Nova Anggraini 6. Drh Yehuda Laksana Aji 7. Drh Tiara Putri Sajuthi, MM
Topik  1. Basic Opthalmology 2. Basic Neurology 3. Basic Gastroenterology 4. Basic Cardiorespiratory 5. Basic Dermatology 6. Problem Oriented Approach 7. Basic Communication Skill 8. Workshop basic Physical Examination
Registration Fee - Dokter Hewan:  Rp. 2.500.000 - Koas : Rp 2.000.000
Limited hanya untuk 30 peserta
Contact Person : drh Aji (082140760787)