Skip to main content

Kenapa kucing mengubur kotorannya?

Dokter-hewan.net - Kucing merupakan hewan kesayangan yang sangat lucu dan menggemaskan, selain itu cat lover sangat mengidolakan kucing karena kucing sangat mencintai kebersihan, mereka dapat mencuci muka sendiri, mandi sendiri (self grooming) bahkan sampai mengubur kotorannya sendiri. Namun, apakah benar mereka mengubur kotorannya untuk kebersihan? 

Bagi manusia, kotoran kucing memiliki bau yang sama dan sangat menyengat, sehingga kebanyakan orang tidak menyukai baunya. Namun bagi kucing, kotoran mereka memiliki bau yang spesifik dan sangat mudah dibedakan dengan kotoran kucing lainnya. Kotoran yang dimaksud adalah feses dan urinasi (kencing). 

Kotoran hewan termasuk kucing, akan dijadikan sebagai tanda wilayah atau daerah yang didominasi oleh hewannya. Ketika kucing ingin menunjukkan daerah kekuasaannya mereka akan meninggalkan kotorannya tanpa dikubur sedangkan jika mereka tidak ingin mengganggu hewan yang dominan, maka mereka akan menguburnya. Tujuan utama mengubur kotorannya adalah kucing tidak mau kucing yang dominan merasa ditantang dan merasa di dominasi sehingga dengan dikubur akan menghilangkan bau tersebut. 

Bagaimana dengan kucing yang di rumah? 

Kucing merupakan hewan dengan naluri alami atau insting yang kuat, sehingga kebiasaan ini akan terus berlanjut. Namun, bedanya di rumah mereka akan melihat kebiasaan dari pemilik hewan kesayangan ini, disaat pemilik hewan hewan lebih dominan mereka akan melakukan hal yang sama, yaitu mengubur kotorannya. Dan sebaliknya, jika kucing lebih dominan mereka akan spraying (kencing untuk menandai wilayah) dan buang kotoran tanpa dikubur, walaupun bisa juga disebabkan hewan belum mengerti tata cara membuang kotoran sehingga harus diajarkan terlebih dahulu.

drh. Habyb Palyoga

Comments

  1. Maaf mau tanya Dok, sebaik kita buang kotoran kucing dimana y? sy sudah diprotes oleh satpam ... sebaiknya di kubur atau dibuang ke kali ? bagaimana kalo di jamban apa bisa? atau di kali yg mengalir? Maaf bgt ... selama ini buangnya di kali yg mengalir. Tapi sekarang diprotes warga. Makanya tolong bantu jawab y Dok.

    kucingnya biasa pupnya di litter box, pake pasir kucing biasa no 1 yg halus.

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tanya Dok, sebaik kita buang kotoran kucing dimana y? sy sudah diprotes oleh satpam ... sebaiknya di kubur atau dibuang ke kali ? bagaimana kalo di jamban apa bisa? atau di kali yg mengalir? Maaf bgt ..Makanya tolong bantu jawab y Dok.

    kucingnya biasa pupnya di litter box, pake pasir kucing biasa no 1 yg halus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)