Skip to main content

Kenapa kucing mengubur kotorannya?

Dokter-hewan.net - Kucing merupakan hewan kesayangan yang sangat lucu dan menggemaskan, selain itu cat lover sangat mengidolakan kucing karena kucing sangat mencintai kebersihan, mereka dapat mencuci muka sendiri, mandi sendiri (self grooming) bahkan sampai mengubur kotorannya sendiri. Namun, apakah benar mereka mengubur kotorannya untuk kebersihan? 

Bagi manusia, kotoran kucing memiliki bau yang sama dan sangat menyengat, sehingga kebanyakan orang tidak menyukai baunya. Namun bagi kucing, kotoran mereka memiliki bau yang spesifik dan sangat mudah dibedakan dengan kotoran kucing lainnya. Kotoran yang dimaksud adalah feses dan urinasi (kencing). 

Kotoran hewan termasuk kucing, akan dijadikan sebagai tanda wilayah atau daerah yang didominasi oleh hewannya. Ketika kucing ingin menunjukkan daerah kekuasaannya mereka akan meninggalkan kotorannya tanpa dikubur sedangkan jika mereka tidak ingin mengganggu hewan yang dominan, maka mereka akan menguburnya. Tujuan utama mengubur kotorannya adalah kucing tidak mau kucing yang dominan merasa ditantang dan merasa di dominasi sehingga dengan dikubur akan menghilangkan bau tersebut. 

Bagaimana dengan kucing yang di rumah? 

Kucing merupakan hewan dengan naluri alami atau insting yang kuat, sehingga kebiasaan ini akan terus berlanjut. Namun, bedanya di rumah mereka akan melihat kebiasaan dari pemilik hewan kesayangan ini, disaat pemilik hewan hewan lebih dominan mereka akan melakukan hal yang sama, yaitu mengubur kotorannya. Dan sebaliknya, jika kucing lebih dominan mereka akan spraying (kencing untuk menandai wilayah) dan buang kotoran tanpa dikubur, walaupun bisa juga disebabkan hewan belum mengerti tata cara membuang kotoran sehingga harus diajarkan terlebih dahulu.

drh. Habyb Palyoga

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id