Skip to main content

Kenapa kucing mengubur kotorannya?

Dokter-hewan.net - Kucing merupakan hewan kesayangan yang sangat lucu dan menggemaskan, selain itu cat lover sangat mengidolakan kucing karena kucing sangat mencintai kebersihan, mereka dapat mencuci muka sendiri, mandi sendiri (self grooming) bahkan sampai mengubur kotorannya sendiri. Namun, apakah benar mereka mengubur kotorannya untuk kebersihan? 

Bagi manusia, kotoran kucing memiliki bau yang sama dan sangat menyengat, sehingga kebanyakan orang tidak menyukai baunya. Namun bagi kucing, kotoran mereka memiliki bau yang spesifik dan sangat mudah dibedakan dengan kotoran kucing lainnya. Kotoran yang dimaksud adalah feses dan urinasi (kencing). 

Kotoran hewan termasuk kucing, akan dijadikan sebagai tanda wilayah atau daerah yang didominasi oleh hewannya. Ketika kucing ingin menunjukkan daerah kekuasaannya mereka akan meninggalkan kotorannya tanpa dikubur sedangkan jika mereka tidak ingin mengganggu hewan yang dominan, maka mereka akan menguburnya. Tujuan utama mengubur kotorannya adalah kucing tidak mau kucing yang dominan merasa ditantang dan merasa di dominasi sehingga dengan dikubur akan menghilangkan bau tersebut. 

Bagaimana dengan kucing yang di rumah? 

Kucing merupakan hewan dengan naluri alami atau insting yang kuat, sehingga kebiasaan ini akan terus berlanjut. Namun, bedanya di rumah mereka akan melihat kebiasaan dari pemilik hewan kesayangan ini, disaat pemilik hewan hewan lebih dominan mereka akan melakukan hal yang sama, yaitu mengubur kotorannya. Dan sebaliknya, jika kucing lebih dominan mereka akan spraying (kencing untuk menandai wilayah) dan buang kotoran tanpa dikubur, walaupun bisa juga disebabkan hewan belum mengerti tata cara membuang kotoran sehingga harus diajarkan terlebih dahulu.

drh. Habyb Palyoga

Comments

  1. Maaf mau tanya Dok, sebaik kita buang kotoran kucing dimana y? sy sudah diprotes oleh satpam ... sebaiknya di kubur atau dibuang ke kali ? bagaimana kalo di jamban apa bisa? atau di kali yg mengalir? Maaf bgt ... selama ini buangnya di kali yg mengalir. Tapi sekarang diprotes warga. Makanya tolong bantu jawab y Dok.

    kucingnya biasa pupnya di litter box, pake pasir kucing biasa no 1 yg halus.

    ReplyDelete
  2. Maaf mau tanya Dok, sebaik kita buang kotoran kucing dimana y? sy sudah diprotes oleh satpam ... sebaiknya di kubur atau dibuang ke kali ? bagaimana kalo di jamban apa bisa? atau di kali yg mengalir? Maaf bgt ..Makanya tolong bantu jawab y Dok.

    kucingnya biasa pupnya di litter box, pake pasir kucing biasa no 1 yg halus.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)