Skip to main content

Q&A seputar Toksoplasmosis

Apa itu toxoplasmosis ?
Toxoplasmosis merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang bernama Toxoplasma gondii. Keberadaan Toxoplasma gondii cukup umum di seluruh dunia. Orang dewasa dengan tingkat kesehatan baik mungkin tidak akan memerlukan perawatan medis apapun untuk sembuh dari serangan toksoplasmosis. Sistem kekebalan tubuh orang dewasa yang sehat akan mampu mengatasi infeksinya, dan tidak akan menunjukkan gejala gejala tertentu, dan penyakit ini umumnya tidak menular dari satu orang ke orang lainnya. Sekalinya terinfeksi maka penderita akan memiliki kekebalan terhadap toksoplasmosis seumur hidupnya.

Bagaimana toksoplasmosis menyebar?
Adapun cara penyebaran toksoplasmosis antara lain :
  • ·    Memakan daging yang dimasak tidak sempurna/mentah (khususnya daging babi, kambing, dan lembu)
  •    Secara tidak sengaja menelan Toxoplasma gondii setelah memegang daging/makanan yang terkontaminasi, dan tidak mencuci tangan setelah menyentuhnya. (Toxoplasma tidak bisa diserap melalui kulit).
  •     Memakan makanan yang diolah dengan alat-alat yang terkontaminasi, misalnya pisau, tatakan pisau, atau makanan lain yang terkontaminasi oleh daging yang terkontaminasi. 
  •      Minum minuman yang terkontaminasi oleh Toxoplasma gondii.
  •    Tidak sengaja menelan parasit dari makanan yang terkontaminasi oleh feses kucing yang mengandung Toxoplasma gondii. Bisa terjadi Karena :

o   Membersihkan litter box kucing yang terkontaminasi Toxoplasma gondii.
o   Menyentuh atau menelan tanah yang terkontaminasi (misalnya tidak mencuci tangan setelah berkebun atau memakan buah atau sayur yang belum dicuci dari kebun).
  • ·     Transmisi dari ibu ke anak (kongenital)
  •      Menerima transplan organ atau transfusi darah dari pendonor yang positif Toxoplasma.

Jika saya beresiko kena toxoplasma, bisakah saya memelihara kucing?
Bisa! Siapapun bisa memelihara kucing dengan bebas, walaupun kamu ibu hamil sekalipun. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi kemungkinan terpapar parasite ini, antara lain :
1.       Pastikan litter box dibersihkan setiap hari. Parasit Toxoplasma gondii tidak akan bisa menyerang manusia saat feses masih fresh, namun akan keluar 1 – 5 hari setelah feses dikeluarkan oleh kucing yang terkontaminasi.
2.       Pastikan kucing tetap di dalam rumah (indoor).
3.       Sebaiknya kucing yang baru di adopsi (liar) di karantina dulu sebelum bergabung bersama keluarga.
4.       Pastikan kucing hanya memakan makanan kaleng atau kering (yang teruji kebersihannya) atau makanan yang sudah matang sempurna. Bukan makanan mentah atau setengah matang.
”Pola hidup bersih dan sehat adalah kunci terhindar dari Toxoplasmosis”


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)