Skip to main content

Q&A seputar Toksoplasmosis

Apa itu toxoplasmosis ?
Toxoplasmosis merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang bernama Toxoplasma gondii. Keberadaan Toxoplasma gondii cukup umum di seluruh dunia. Orang dewasa dengan tingkat kesehatan baik mungkin tidak akan memerlukan perawatan medis apapun untuk sembuh dari serangan toksoplasmosis. Sistem kekebalan tubuh orang dewasa yang sehat akan mampu mengatasi infeksinya, dan tidak akan menunjukkan gejala gejala tertentu, dan penyakit ini umumnya tidak menular dari satu orang ke orang lainnya. Sekalinya terinfeksi maka penderita akan memiliki kekebalan terhadap toksoplasmosis seumur hidupnya.

Bagaimana toksoplasmosis menyebar?
Adapun cara penyebaran toksoplasmosis antara lain :
  • ·    Memakan daging yang dimasak tidak sempurna/mentah (khususnya daging babi, kambing, dan lembu)
  •    Secara tidak sengaja menelan Toxoplasma gondii setelah memegang daging/makanan yang terkontaminasi, dan tidak mencuci tangan setelah menyentuhnya. (Toxoplasma tidak bisa diserap melalui kulit).
  •     Memakan makanan yang diolah dengan alat-alat yang terkontaminasi, misalnya pisau, tatakan pisau, atau makanan lain yang terkontaminasi oleh daging yang terkontaminasi. 
  •      Minum minuman yang terkontaminasi oleh Toxoplasma gondii.
  •    Tidak sengaja menelan parasit dari makanan yang terkontaminasi oleh feses kucing yang mengandung Toxoplasma gondii. Bisa terjadi Karena :

o   Membersihkan litter box kucing yang terkontaminasi Toxoplasma gondii.
o   Menyentuh atau menelan tanah yang terkontaminasi (misalnya tidak mencuci tangan setelah berkebun atau memakan buah atau sayur yang belum dicuci dari kebun).
  • ·     Transmisi dari ibu ke anak (kongenital)
  •      Menerima transplan organ atau transfusi darah dari pendonor yang positif Toxoplasma.

Jika saya beresiko kena toxoplasma, bisakah saya memelihara kucing?
Bisa! Siapapun bisa memelihara kucing dengan bebas, walaupun kamu ibu hamil sekalipun. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi kemungkinan terpapar parasite ini, antara lain :
1.       Pastikan litter box dibersihkan setiap hari. Parasit Toxoplasma gondii tidak akan bisa menyerang manusia saat feses masih fresh, namun akan keluar 1 – 5 hari setelah feses dikeluarkan oleh kucing yang terkontaminasi.
2.       Pastikan kucing tetap di dalam rumah (indoor).
3.       Sebaiknya kucing yang baru di adopsi (liar) di karantina dulu sebelum bergabung bersama keluarga.
4.       Pastikan kucing hanya memakan makanan kaleng atau kering (yang teruji kebersihannya) atau makanan yang sudah matang sempurna. Bukan makanan mentah atau setengah matang.
”Pola hidup bersih dan sehat adalah kunci terhindar dari Toxoplasmosis”


Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)