Skip to main content

Kenapa Anjing Harus Makan Dog Food?

Ilustrasi
Sumber : anjingdijual.com
Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan karnivora semi atau bukan pemakan daging sejati. Namun, status anjing yang bukan karnivora sejati bukan berarti anjing dapat diberikan makanan seadanya, atau makanan yang biasa kita makan. Kenapa? Berikut adalah alasan yang mendasari kenapa Anjing harus memakan dog food (makanan khusus anjing). 

  • Nilai Gizi dan Nutrisi Cukup dan Seimbang
Nilai gizi dan nutrisi anjing setiap ras akan sangat berbeda. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan gizi anjing anda, dan jika bingung diskusikan kepada dokter hewan langganan anda. Pemberian makanan selain dog food akan sangat membingungkan nutrisi yang anda berikan, bisa saja makanan yang anda berikan itu kurang gizi, ataupun kelebihan gizi. Jika kekurangan gizi kita akan mengetahui hewan akan terlihat kurus dan sebagainya. Namun untuk kelebihan gizi dapat berdampak ganda, bisa saja gendut sehingga obesitas namun juga bisa kurus akibat gizi yang berlebihan tersbeut menyebabkan penyakit tertentu. Karena alasan ini, dog food yang sesuai nutrisi adalah jawaban terbaik untuk nutrisi anjing anda.  "Kenyang bukan berarti bernutrisi"

  • Terhindar dari Keracunan dan Infeksi Bakteri
Makanan yang boleh dimakan oleh manusia tidak bisa dimakan seluruhnya oleh anjing, karena dapat bersifat racun. Salah satu makanan yang paling tidak boleh diberikan adalah coklat, karena anjing tidak bisa mencerna coklat bahkan menyebabkan keracunan. 

Selain itu, pakan anjing yang dikemas lebih baik dan tingkat kekeringin lebih tinggi akan menyebabkan pertumbuhan bakteri tidak sebaik dibandingkan makanan sisa, atau makanan homemade yang kita buat dirumah. Sehingga kebersihan dan jumlah bakteri yang ada dimakanan lebih sedikit dan lebih aman buat anjing anda. Namun harus diingat, penyimpanan makanannya harus benar.  

  • Karakter Anjing lebih Baik 
Pernahkah anda memberikan makanan pada anjing saat anda makan ? Jika iya, pastinya saat melihat anda makan anjing akan mengejar anda saat makan? bahkan berusaha merebut makanannya? Karena kebiasaan kita memberikan makanan ke anjing pada saat kita makan, anjing akan menanamkan mindset bahwa saat pemilik saya makan, saya memiliki jatah disana. Oleh sebab itu mereka akan berusaha mendekat bahkan merebutnya. Sedangkan jika anjing dibiasakan hanya makan dog food, dia akan lebih respect dan menyedari bahwa makanan dia hanya dog food dan jika pemiliknya makan dia harus sopan dan tidak boleh merebut. 

Anjing nakal atau tidak merupakan cerminan dari pemilik hewan. Jika anjing nakal, berarti anda pemilik yang kurang disiplin. Perbaiki diri anda, bukan anjingnya.
Salam, 
drh. Habyb Palyoga 

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id