Skip to main content

Kenapa Anjing Harus Makan Dog Food?

Ilustrasi
Sumber : anjingdijual.com
Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan karnivora semi atau bukan pemakan daging sejati. Namun, status anjing yang bukan karnivora sejati bukan berarti anjing dapat diberikan makanan seadanya, atau makanan yang biasa kita makan. Kenapa? Berikut adalah alasan yang mendasari kenapa Anjing harus memakan dog food (makanan khusus anjing). 

  • Nilai Gizi dan Nutrisi Cukup dan Seimbang
Nilai gizi dan nutrisi anjing setiap ras akan sangat berbeda. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan gizi anjing anda, dan jika bingung diskusikan kepada dokter hewan langganan anda. Pemberian makanan selain dog food akan sangat membingungkan nutrisi yang anda berikan, bisa saja makanan yang anda berikan itu kurang gizi, ataupun kelebihan gizi. Jika kekurangan gizi kita akan mengetahui hewan akan terlihat kurus dan sebagainya. Namun untuk kelebihan gizi dapat berdampak ganda, bisa saja gendut sehingga obesitas namun juga bisa kurus akibat gizi yang berlebihan tersbeut menyebabkan penyakit tertentu. Karena alasan ini, dog food yang sesuai nutrisi adalah jawaban terbaik untuk nutrisi anjing anda.  "Kenyang bukan berarti bernutrisi"

  • Terhindar dari Keracunan dan Infeksi Bakteri
Makanan yang boleh dimakan oleh manusia tidak bisa dimakan seluruhnya oleh anjing, karena dapat bersifat racun. Salah satu makanan yang paling tidak boleh diberikan adalah coklat, karena anjing tidak bisa mencerna coklat bahkan menyebabkan keracunan. 

Selain itu, pakan anjing yang dikemas lebih baik dan tingkat kekeringin lebih tinggi akan menyebabkan pertumbuhan bakteri tidak sebaik dibandingkan makanan sisa, atau makanan homemade yang kita buat dirumah. Sehingga kebersihan dan jumlah bakteri yang ada dimakanan lebih sedikit dan lebih aman buat anjing anda. Namun harus diingat, penyimpanan makanannya harus benar.  

  • Karakter Anjing lebih Baik 
Pernahkah anda memberikan makanan pada anjing saat anda makan ? Jika iya, pastinya saat melihat anda makan anjing akan mengejar anda saat makan? bahkan berusaha merebut makanannya? Karena kebiasaan kita memberikan makanan ke anjing pada saat kita makan, anjing akan menanamkan mindset bahwa saat pemilik saya makan, saya memiliki jatah disana. Oleh sebab itu mereka akan berusaha mendekat bahkan merebutnya. Sedangkan jika anjing dibiasakan hanya makan dog food, dia akan lebih respect dan menyedari bahwa makanan dia hanya dog food dan jika pemiliknya makan dia harus sopan dan tidak boleh merebut. 

Anjing nakal atau tidak merupakan cerminan dari pemilik hewan. Jika anjing nakal, berarti anda pemilik yang kurang disiplin. Perbaiki diri anda, bukan anjingnya.
Salam, 
drh. Habyb Palyoga 

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)