Skip to main content

Kenapa Anjing Harus Makan Dog Food?

Ilustrasi
Sumber : anjingdijual.com
Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan karnivora semi atau bukan pemakan daging sejati. Namun, status anjing yang bukan karnivora sejati bukan berarti anjing dapat diberikan makanan seadanya, atau makanan yang biasa kita makan. Kenapa? Berikut adalah alasan yang mendasari kenapa Anjing harus memakan dog food (makanan khusus anjing). 

  • Nilai Gizi dan Nutrisi Cukup dan Seimbang
Nilai gizi dan nutrisi anjing setiap ras akan sangat berbeda. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan gizi anjing anda, dan jika bingung diskusikan kepada dokter hewan langganan anda. Pemberian makanan selain dog food akan sangat membingungkan nutrisi yang anda berikan, bisa saja makanan yang anda berikan itu kurang gizi, ataupun kelebihan gizi. Jika kekurangan gizi kita akan mengetahui hewan akan terlihat kurus dan sebagainya. Namun untuk kelebihan gizi dapat berdampak ganda, bisa saja gendut sehingga obesitas namun juga bisa kurus akibat gizi yang berlebihan tersbeut menyebabkan penyakit tertentu. Karena alasan ini, dog food yang sesuai nutrisi adalah jawaban terbaik untuk nutrisi anjing anda.  "Kenyang bukan berarti bernutrisi"

  • Terhindar dari Keracunan dan Infeksi Bakteri
Makanan yang boleh dimakan oleh manusia tidak bisa dimakan seluruhnya oleh anjing, karena dapat bersifat racun. Salah satu makanan yang paling tidak boleh diberikan adalah coklat, karena anjing tidak bisa mencerna coklat bahkan menyebabkan keracunan. 

Selain itu, pakan anjing yang dikemas lebih baik dan tingkat kekeringin lebih tinggi akan menyebabkan pertumbuhan bakteri tidak sebaik dibandingkan makanan sisa, atau makanan homemade yang kita buat dirumah. Sehingga kebersihan dan jumlah bakteri yang ada dimakanan lebih sedikit dan lebih aman buat anjing anda. Namun harus diingat, penyimpanan makanannya harus benar.  

  • Karakter Anjing lebih Baik 
Pernahkah anda memberikan makanan pada anjing saat anda makan ? Jika iya, pastinya saat melihat anda makan anjing akan mengejar anda saat makan? bahkan berusaha merebut makanannya? Karena kebiasaan kita memberikan makanan ke anjing pada saat kita makan, anjing akan menanamkan mindset bahwa saat pemilik saya makan, saya memiliki jatah disana. Oleh sebab itu mereka akan berusaha mendekat bahkan merebutnya. Sedangkan jika anjing dibiasakan hanya makan dog food, dia akan lebih respect dan menyedari bahwa makanan dia hanya dog food dan jika pemiliknya makan dia harus sopan dan tidak boleh merebut. 

Anjing nakal atau tidak merupakan cerminan dari pemilik hewan. Jika anjing nakal, berarti anda pemilik yang kurang disiplin. Perbaiki diri anda, bukan anjingnya.
Salam, 
drh. Habyb Palyoga 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Seminar How to be a Good Small Animal Practitioner

Dokter-hewan.net
Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas
PDHB drh Cucu bekerjasama dengan PDHI dan ADHPHKI akan menyelenggarakan seminar How to be a Good Small Animal Practitioner 
🗓 12 - 14 April 2019 Tempat : Seminar 12 - 13 april (Hotel Danau Sunter - Sunlake) Workshop 14 April (klinik PDHB drh Cucu Sunter)
Pembicara :  1. Drh Lie Cucu Kartini 2. Drh Herlina 3. Drh Maulana ArRaniri Putra 4. Drh Agus Efendi 5. Drh Nova Anggraini 6. Drh Yehuda Laksana Aji 7. Drh Tiara Putri Sajuthi, MM
Topik  1. Basic Opthalmology 2. Basic Neurology 3. Basic Gastroenterology 4. Basic Cardiorespiratory 5. Basic Dermatology 6. Problem Oriented Approach 7. Basic Communication Skill 8. Workshop basic Physical Examination
Registration Fee - Dokter Hewan:  Rp. 2.500.000 - Koas : Rp 2.000.000
Limited hanya untuk 30 peserta
Contact Person : drh Aji (082140760787)