Skip to main content

Apa yang harus dilakukan saat kucing baru lahir?

Dokter-hewan.net - Kitten yang baru lahir sangat rumit merawatnya, apalagi jika indukan baru melahirkan pertama kali, dan tidak memiliki naluri untuk menjaga anak-anaknya. Sehingga pemilik akan pusing dan harus memutar otak untuk mengakalinya. Misalnya dengan mendekatkan bibir anak ke puting susu induk, memotong rambut disekitar puting dan lain sebagainya. Namun, bagaimana tindakan ideal jika anak kucing baru lahir ? 

Anak kucing, atau kitten yang baru lahir di kategorikan usia neonatal atau usia nol sampai dan usia 2 minggu (14 hari). Pada usia ini, normalnya anak kucing hanya meminum susu untuk mencukupi kebutuhannya, sehingga tidak perlu diberikan makanan lain sampai usia 14 hari. Kemudian interaksi dengan manusia harus dihindari (tidak ada interaksi jika tidak sangat dibutuhkan), dan semua tindakan hanya dilakukan oleh induknya. Kemudian mata akan membuka, serta belajar berjalan usia 14 hari. Namun pada kondisi ini anak kucing akan sangat rentan, karena mereka tidak bisa menjaga kehangatan tubuhnya, sehingga anak kucing harus selalu berada di dekat tubuh induknya. Dan terakhir anak kucing belum bisa membersihkan tubuhnya sendiri (grooming), sehingga harus dikerjakan oleh induknya. 

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemilik jika kucingnya baru melahirkan atau memiliki anak berusia 0 - 14 hari. Antara lain : berikan makanan bernutrisi tinggi untuk induknya, atau susu formula khusus kucing agar kebutuhan nutrisi terutama kalsium tercukupi, kemudian, kucing dan anakan kucing hanya boleh disentuh saat dibutuhkan, atau diminimalkan interaksi dengan kucing, terutama kitten. Jika terpaksa menyentuhnya, pastikan menyentuhnya dengan lembut. Kemudian tempatkan kucing di tempat yang nyaman, aman dan hangat. 

Bagaimana jika indukan tidak mau menyusui? atau induk tidak ada? 
Semua tindakan induk harus digantikan oleh pemilik kucing, antara lain dengan menyusui kucing (kitten) dengan susu pengganti khusus kucing setiap 2 jam sekali, dan  wajib hukumnya menyeka (mengelap) bagian perianal kitten yaitu bagian anus dan penis/vagina, agar kucing terstimulasi buang air besar atau pipis sepertihalnya jilatan dari induk. Dan alat yang digunakan untuk menyeka adalah tisu hangat atau handuk hangat. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Penempatan Tangerang Selatan

Dokter-hewan.net - Drh. Vizta mencari dokter hewan praktisi hewan kecil dengan persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan :

Pria/WanitaFresh graduate/berpengalamanBerfokus di bidang praktisi hewan kecilMempunyai semangat belajar yang tinggiMampu bekerja sendiri maupun timMampu bekerja di bawah tekanan Lokasi : Tangerang Selatan (Ciputat dan Bintaro)
Silahkan kirimkan :  Surat LamaranCVFotoKTPIjazah SKH dan DrhTranskrip SKH dan Drh ke email : novizta.au@yahoo.com
Informasi lebih lanjut : 085702518587 (drh. vizta)


6 Produk Pembersih Rumah Tangga yang Tidak Aman Bagi Anjing

Dokter-hewan.net - Rumah yang bersih dan wangi adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pecinta hewan khususnya pemilik anjing. Dog lover umumnya akan membersihkan rumahnya lebih rutin dibandingkan yang bukan dog lover, alasannya karena anjing lebih memiliki kegiatan outdoor yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya, termasuk kucing. Sehingga, rumah akan sedikit kotor jika anjing habis bermain diluar rumah.

Perlatan yang digunakan oleh dog lover lumayan beragam, mulai dari pembersih komersial yang dijual di pasaran bahkan sampai ke pembersih natural demi kesehatan anak bulu berkaki empatnya. Namun, seringkali dog lover mempertanyakan apakah bahan pembersih yang digunakannya berbahaya bagi anak-anaknya? Berikut kami ulas satu persatu.

Menurut dogster.com ada 4 bahan yang umumnya terdapat di zat pembersih rumah namun sangat berbahaya bagi anjing, bahan-bahan itu adalah Ammonia, Chlorine, Glycol Ethers, dan Formalin atau Formaldehyde.


Ammonia - Umumnya digunakan sebagai …

Lowongan Kerja : Alphavet Bekasi

Dokter-hewan.net - ALPHAVET akan menambah team drh, untuh itu Alphavet membuka Lowongan kerja untuk Dokter Hewan ;

1. Dokter hewan wanita / pria
2. Passion nya sebagai praktisi, bukan hanya sekedar mencari kerja daripada menganggur.
3. Jujur dan Bertanggung jawab
4. Mempunyai kemauan keras untuk belajar berkelanjutan.
5. Harus bisa bekerja dalam team.
6. Bersedia bekerja di hari libur.


Lamaran nya dikirim ke email ;
ennymaya@yahoo.co.id
Hp : 081293406830

Daerah Kota Bekasi