Skip to main content

Apa yang harus dilakukan saat kucing baru lahir?

Dokter-hewan.net - Kitten yang baru lahir sangat rumit merawatnya, apalagi jika indukan baru melahirkan pertama kali, dan tidak memiliki naluri untuk menjaga anak-anaknya. Sehingga pemilik akan pusing dan harus memutar otak untuk mengakalinya. Misalnya dengan mendekatkan bibir anak ke puting susu induk, memotong rambut disekitar puting dan lain sebagainya. Namun, bagaimana tindakan ideal jika anak kucing baru lahir ? 

Anak kucing, atau kitten yang baru lahir di kategorikan usia neonatal atau usia nol sampai dan usia 2 minggu (14 hari). Pada usia ini, normalnya anak kucing hanya meminum susu untuk mencukupi kebutuhannya, sehingga tidak perlu diberikan makanan lain sampai usia 14 hari. Kemudian interaksi dengan manusia harus dihindari (tidak ada interaksi jika tidak sangat dibutuhkan), dan semua tindakan hanya dilakukan oleh induknya. Kemudian mata akan membuka, serta belajar berjalan usia 14 hari. Namun pada kondisi ini anak kucing akan sangat rentan, karena mereka tidak bisa menjaga kehangatan tubuhnya, sehingga anak kucing harus selalu berada di dekat tubuh induknya. Dan terakhir anak kucing belum bisa membersihkan tubuhnya sendiri (grooming), sehingga harus dikerjakan oleh induknya. 

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh pemilik jika kucingnya baru melahirkan atau memiliki anak berusia 0 - 14 hari. Antara lain : berikan makanan bernutrisi tinggi untuk induknya, atau susu formula khusus kucing agar kebutuhan nutrisi terutama kalsium tercukupi, kemudian, kucing dan anakan kucing hanya boleh disentuh saat dibutuhkan, atau diminimalkan interaksi dengan kucing, terutama kitten. Jika terpaksa menyentuhnya, pastikan menyentuhnya dengan lembut. Kemudian tempatkan kucing di tempat yang nyaman, aman dan hangat. 

Bagaimana jika indukan tidak mau menyusui? atau induk tidak ada? 
Semua tindakan induk harus digantikan oleh pemilik kucing, antara lain dengan menyusui kucing (kitten) dengan susu pengganti khusus kucing setiap 2 jam sekali, dan  wajib hukumnya menyeka (mengelap) bagian perianal kitten yaitu bagian anus dan penis/vagina, agar kucing terstimulasi buang air besar atau pipis sepertihalnya jilatan dari induk. Dan alat yang digunakan untuk menyeka adalah tisu hangat atau handuk hangat. 

Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)