Skip to main content

Newcastle Disease

Dokter-hewan.net - Newcastle disease (ND) merupakan salah satu penyakit infeksius yang penting di dalam industri perunggasan. Kerugian ekonomi yang dialami oleh penyakit ini sangat besar. Penyakit ini dikategorikan sebagai infeksi saluran pernafasan atas yang dapat menyebabkan trakeitis dan enteritis hemoragika. kematian yang disebabkan oleh strain highly pathogenic (velogenic) dapat mencapai 90% yang disertai dengan menurunnya produktifitas dari ternak yang terinfeksi.

Penyebab
Virus Newcastle disease merupakan Avian Paramyxovirus-1. Pada dasaranya seluruh isolate ND berasal dari satu serotipe, namun dapat dibedakan berdasarkan tingkat virulensinya.klasivikasi virulensi antara lain lentogenic, mesogenik, dan velogenik.

Berdasarkan gejala klinis ND dibedakan menjadi :
1.       Bentuk Doyle
2.       Bentuk Beach
3.       Bentuk Beaudette
4.       Bentuk Hitchner
5.       Bentuk Enteric-Asimptomatis

Pencegahan dan pengendalian
Tidak ada terapi spesifik terhadap infeksi Newcastle Disease, tetapi tinddakan pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan dengan vaksinasi dan biosekuriti.

Vaksin
Idealnya vaksin ND akan menghasilkan kekebalan melawan infeksi dan replikasi virus. Vaksinansi biasanya melindungi unggas dari konsekuensi serius akibat infeksi penyakit, tetapi replikasi virus ND dan Sheeding masih dapat terjadi walaupun dalam level minimal. (RA)

Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)