Skip to main content

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 

Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut mereka, dan akan menyimpannya di bawah litter atau alas tidur mereka. Hal ini tentunya tidak baik karena alas atau litter diganti setiap hari artinya akan membuang-buang makanan. Jadi cukup 1 sendok makan sehari. 

Apakah boleh memberikan wortel kepada hamster? 

Iya, anda dapat memberikan wortel sebagai sumber makanan lainnya, atau snacknya. Namun wortel harus diberikan dalam jumlah yang sedikit atau cukup (moderate portion). Wortel mengandung banyak gula sehingga tidak akan ideal bagi hamster jika diberikan terlalu banyak, karena akan meningkatkan resiko overweight atau obesitas bahkan menyebabkan diabetes. 

Masalah pemberian wortel kepada hamster bukan pada wortelnya, namun kepada pemiliknya atau yang memeliharanya. Hamster akan sangat suka memakan wortel, sehingga pemilik akan memberikan porsi yang banyak kepada hamsternya. Perilaku inilah yang harus dihindari jika anda benar-benar sayang kepada hamster anda. 

Apakah hamster dapat memakan anggur? 

Seperti halnya wortel, hamster dapat memakan anggur juga. Berbeda dengan anjing dan kucing yang akan menyebabkan kerusakan ginjal (jika makan anggur), hamster belum ada laporan hal yang serupa. Namun dengan catatan, pemberian atau porsi anggur yang boleh di makan oleh hamster anda harus didiskusikan dulu dengan dokter hewan langganan anda. Semakin kecil ukuran hamster, berarti semakin sedikit jumlah anggur yang dapat diberikan dalam sehari. Over feed anggur akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare, atau perubahan bentuk dan konsistensi kotoran (feses). 

Apakah hamster dapat memakan tomat? 

Tomat mengandung tomatine, solanium alkaloid yang dapat mempengaruhi kinerja saraf dan pencernaan hamster. Tomat tidak direkomendasikan untuk hamster karena potensi keracunannya lebih tinggi daripada keuntungannya. Lagipula, banyak buah-buahan dan sayuran lain yang lebih bermanfaat. Adapun sebagai berikut : 

Makanan yang bermanfaat bagi hamster : 
  1. Brokolli
  2. Kubis
  3. Ketimun
  4. Seledri
  5. Ubi
  6. Apel
  7. Ceri
  8. Strawberi
  9. Raspberrie
  10. Pir
  11. Mangga
  12. Melon
  13. Telur rebus
Makanan yang tidak baik untuk hamster : 
  1. Biji dan kulit apel
  2. Biji anggur
  3. Almond
  4. Peanut
  5. Bawang putih
  6. Bawang merah
  7. Terong
  8. Coklat
Makanan baik itu buah-buahan maupun sayuran yang mengandung air dan serat lebih baik diberikan daripada kacang-kacangan. Makanan beragi seperti roti dan alkohol sebaiknya tidak diberikan kepada hamster karena akan menyebabkan keracunan. Jadi, sudah mengerti makanan apa saja yang boleh diberikan kepada hamster anda? 


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )