Skip to main content

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 

Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut mereka, dan akan menyimpannya di bawah litter atau alas tidur mereka. Hal ini tentunya tidak baik karena alas atau litter diganti setiap hari artinya akan membuang-buang makanan. Jadi cukup 1 sendok makan sehari. 

Apakah boleh memberikan wortel kepada hamster? 

Iya, anda dapat memberikan wortel sebagai sumber makanan lainnya, atau snacknya. Namun wortel harus diberikan dalam jumlah yang sedikit atau cukup (moderate portion). Wortel mengandung banyak gula sehingga tidak akan ideal bagi hamster jika diberikan terlalu banyak, karena akan meningkatkan resiko overweight atau obesitas bahkan menyebabkan diabetes. 

Masalah pemberian wortel kepada hamster bukan pada wortelnya, namun kepada pemiliknya atau yang memeliharanya. Hamster akan sangat suka memakan wortel, sehingga pemilik akan memberikan porsi yang banyak kepada hamsternya. Perilaku inilah yang harus dihindari jika anda benar-benar sayang kepada hamster anda. 

Apakah hamster dapat memakan anggur? 

Seperti halnya wortel, hamster dapat memakan anggur juga. Berbeda dengan anjing dan kucing yang akan menyebabkan kerusakan ginjal (jika makan anggur), hamster belum ada laporan hal yang serupa. Namun dengan catatan, pemberian atau porsi anggur yang boleh di makan oleh hamster anda harus didiskusikan dulu dengan dokter hewan langganan anda. Semakin kecil ukuran hamster, berarti semakin sedikit jumlah anggur yang dapat diberikan dalam sehari. Over feed anggur akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare, atau perubahan bentuk dan konsistensi kotoran (feses). 

Apakah hamster dapat memakan tomat? 

Tomat mengandung tomatine, solanium alkaloid yang dapat mempengaruhi kinerja saraf dan pencernaan hamster. Tomat tidak direkomendasikan untuk hamster karena potensi keracunannya lebih tinggi daripada keuntungannya. Lagipula, banyak buah-buahan dan sayuran lain yang lebih bermanfaat. Adapun sebagai berikut : 

Makanan yang bermanfaat bagi hamster : 
  1. Brokolli
  2. Kubis
  3. Ketimun
  4. Seledri
  5. Ubi
  6. Apel
  7. Ceri
  8. Strawberi
  9. Raspberrie
  10. Pir
  11. Mangga
  12. Melon
  13. Telur rebus
Makanan yang tidak baik untuk hamster : 
  1. Biji dan kulit apel
  2. Biji anggur
  3. Almond
  4. Peanut
  5. Bawang putih
  6. Bawang merah
  7. Terong
  8. Coklat
Makanan baik itu buah-buahan maupun sayuran yang mengandung air dan serat lebih baik diberikan daripada kacang-kacangan. Makanan beragi seperti roti dan alkohol sebaiknya tidak diberikan kepada hamster karena akan menyebabkan keracunan. Jadi, sudah mengerti makanan apa saja yang boleh diberikan kepada hamster anda? 


Comments

  1. Assalaamu'alaykum Dok,

    Ada bbrp yg mw sy tanyakan

    apakah kacang2 an kurang di sukai hamster ya? Smntra hamster hewan pengerat.

    Lalu untuk mentimun, apakh pmberian nya dgn biji nya?

    Klo yg sy perhatikan, hamster dirumh sy krng suka dgn mknan yg dibeli di petshop dgn merek yg lmyn ckup terkenal, sy beri, ke esokannya sy liht tdk ada perbhan mknan yg sy sediakn.

    Mohon solusinya dok

    Trma kasih jk berkenan mmbalasnya



    ReplyDelete
  2. Dok, mau tanya boleh tidak kalau hamster dikasih makanan bayi seperti nestle beras merah atau nestle kacang hijau?
    Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Seminar How to be a Good Small Animal Practitioner

Dokter-hewan.net
Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas
PDHB drh Cucu bekerjasama dengan PDHI dan ADHPHKI akan menyelenggarakan seminar How to be a Good Small Animal Practitioner 
🗓 12 - 14 April 2019 Tempat : Seminar 12 - 13 april (Hotel Danau Sunter - Sunlake) Workshop 14 April (klinik PDHB drh Cucu Sunter)
Pembicara :  1. Drh Lie Cucu Kartini 2. Drh Herlina 3. Drh Maulana ArRaniri Putra 4. Drh Agus Efendi 5. Drh Nova Anggraini 6. Drh Yehuda Laksana Aji 7. Drh Tiara Putri Sajuthi, MM
Topik  1. Basic Opthalmology 2. Basic Neurology 3. Basic Gastroenterology 4. Basic Cardiorespiratory 5. Basic Dermatology 6. Problem Oriented Approach 7. Basic Communication Skill 8. Workshop basic Physical Examination
Registration Fee - Dokter Hewan:  Rp. 2.500.000 - Koas : Rp 2.000.000
Limited hanya untuk 30 peserta
Contact Person : drh Aji (082140760787)