Skip to main content

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 

Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut mereka, dan akan menyimpannya di bawah litter atau alas tidur mereka. Hal ini tentunya tidak baik karena alas atau litter diganti setiap hari artinya akan membuang-buang makanan. Jadi cukup 1 sendok makan sehari. 

Apakah boleh memberikan wortel kepada hamster? 

Iya, anda dapat memberikan wortel sebagai sumber makanan lainnya, atau snacknya. Namun wortel harus diberikan dalam jumlah yang sedikit atau cukup (moderate portion). Wortel mengandung banyak gula sehingga tidak akan ideal bagi hamster jika diberikan terlalu banyak, karena akan meningkatkan resiko overweight atau obesitas bahkan menyebabkan diabetes. 

Masalah pemberian wortel kepada hamster bukan pada wortelnya, namun kepada pemiliknya atau yang memeliharanya. Hamster akan sangat suka memakan wortel, sehingga pemilik akan memberikan porsi yang banyak kepada hamsternya. Perilaku inilah yang harus dihindari jika anda benar-benar sayang kepada hamster anda. 

Apakah hamster dapat memakan anggur? 

Seperti halnya wortel, hamster dapat memakan anggur juga. Berbeda dengan anjing dan kucing yang akan menyebabkan kerusakan ginjal (jika makan anggur), hamster belum ada laporan hal yang serupa. Namun dengan catatan, pemberian atau porsi anggur yang boleh di makan oleh hamster anda harus didiskusikan dulu dengan dokter hewan langganan anda. Semakin kecil ukuran hamster, berarti semakin sedikit jumlah anggur yang dapat diberikan dalam sehari. Over feed anggur akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare, atau perubahan bentuk dan konsistensi kotoran (feses). 

Apakah hamster dapat memakan tomat? 

Tomat mengandung tomatine, solanium alkaloid yang dapat mempengaruhi kinerja saraf dan pencernaan hamster. Tomat tidak direkomendasikan untuk hamster karena potensi keracunannya lebih tinggi daripada keuntungannya. Lagipula, banyak buah-buahan dan sayuran lain yang lebih bermanfaat. Adapun sebagai berikut : 

Makanan yang bermanfaat bagi hamster : 
  1. Brokolli
  2. Kubis
  3. Ketimun
  4. Seledri
  5. Ubi
  6. Apel
  7. Ceri
  8. Strawberi
  9. Raspberrie
  10. Pir
  11. Mangga
  12. Melon
  13. Telur rebus
Makanan yang tidak baik untuk hamster : 
  1. Biji dan kulit apel
  2. Biji anggur
  3. Almond
  4. Peanut
  5. Bawang putih
  6. Bawang merah
  7. Terong
  8. Coklat
Makanan baik itu buah-buahan maupun sayuran yang mengandung air dan serat lebih baik diberikan daripada kacang-kacangan. Makanan beragi seperti roti dan alkohol sebaiknya tidak diberikan kepada hamster karena akan menyebabkan keracunan. Jadi, sudah mengerti makanan apa saja yang boleh diberikan kepada hamster anda? 


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com