Skip to main content

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 

Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut mereka, dan akan menyimpannya di bawah litter atau alas tidur mereka. Hal ini tentunya tidak baik karena alas atau litter diganti setiap hari artinya akan membuang-buang makanan. Jadi cukup 1 sendok makan sehari. 

Apakah boleh memberikan wortel kepada hamster? 

Iya, anda dapat memberikan wortel sebagai sumber makanan lainnya, atau snacknya. Namun wortel harus diberikan dalam jumlah yang sedikit atau cukup (moderate portion). Wortel mengandung banyak gula sehingga tidak akan ideal bagi hamster jika diberikan terlalu banyak, karena akan meningkatkan resiko overweight atau obesitas bahkan menyebabkan diabetes. 

Masalah pemberian wortel kepada hamster bukan pada wortelnya, namun kepada pemiliknya atau yang memeliharanya. Hamster akan sangat suka memakan wortel, sehingga pemilik akan memberikan porsi yang banyak kepada hamsternya. Perilaku inilah yang harus dihindari jika anda benar-benar sayang kepada hamster anda. 

Apakah hamster dapat memakan anggur? 

Seperti halnya wortel, hamster dapat memakan anggur juga. Berbeda dengan anjing dan kucing yang akan menyebabkan kerusakan ginjal (jika makan anggur), hamster belum ada laporan hal yang serupa. Namun dengan catatan, pemberian atau porsi anggur yang boleh di makan oleh hamster anda harus didiskusikan dulu dengan dokter hewan langganan anda. Semakin kecil ukuran hamster, berarti semakin sedikit jumlah anggur yang dapat diberikan dalam sehari. Over feed anggur akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare, atau perubahan bentuk dan konsistensi kotoran (feses). 

Apakah hamster dapat memakan tomat? 

Tomat mengandung tomatine, solanium alkaloid yang dapat mempengaruhi kinerja saraf dan pencernaan hamster. Tomat tidak direkomendasikan untuk hamster karena potensi keracunannya lebih tinggi daripada keuntungannya. Lagipula, banyak buah-buahan dan sayuran lain yang lebih bermanfaat. Adapun sebagai berikut : 

Makanan yang bermanfaat bagi hamster : 
  1. Brokolli
  2. Kubis
  3. Ketimun
  4. Seledri
  5. Ubi
  6. Apel
  7. Ceri
  8. Strawberi
  9. Raspberrie
  10. Pir
  11. Mangga
  12. Melon
  13. Telur rebus
Makanan yang tidak baik untuk hamster : 
  1. Biji dan kulit apel
  2. Biji anggur
  3. Almond
  4. Peanut
  5. Bawang putih
  6. Bawang merah
  7. Terong
  8. Coklat
Makanan baik itu buah-buahan maupun sayuran yang mengandung air dan serat lebih baik diberikan daripada kacang-kacangan. Makanan beragi seperti roti dan alkohol sebaiknya tidak diberikan kepada hamster karena akan menyebabkan keracunan. Jadi, sudah mengerti makanan apa saja yang boleh diberikan kepada hamster anda? 


Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).