Skip to main content

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 

Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut mereka, dan akan menyimpannya di bawah litter atau alas tidur mereka. Hal ini tentunya tidak baik karena alas atau litter diganti setiap hari artinya akan membuang-buang makanan. Jadi cukup 1 sendok makan sehari. 

Apakah boleh memberikan wortel kepada hamster? 

Iya, anda dapat memberikan wortel sebagai sumber makanan lainnya, atau snacknya. Namun wortel harus diberikan dalam jumlah yang sedikit atau cukup (moderate portion). Wortel mengandung banyak gula sehingga tidak akan ideal bagi hamster jika diberikan terlalu banyak, karena akan meningkatkan resiko overweight atau obesitas bahkan menyebabkan diabetes. 

Masalah pemberian wortel kepada hamster bukan pada wortelnya, namun kepada pemiliknya atau yang memeliharanya. Hamster akan sangat suka memakan wortel, sehingga pemilik akan memberikan porsi yang banyak kepada hamsternya. Perilaku inilah yang harus dihindari jika anda benar-benar sayang kepada hamster anda. 

Apakah hamster dapat memakan anggur? 

Seperti halnya wortel, hamster dapat memakan anggur juga. Berbeda dengan anjing dan kucing yang akan menyebabkan kerusakan ginjal (jika makan anggur), hamster belum ada laporan hal yang serupa. Namun dengan catatan, pemberian atau porsi anggur yang boleh di makan oleh hamster anda harus didiskusikan dulu dengan dokter hewan langganan anda. Semakin kecil ukuran hamster, berarti semakin sedikit jumlah anggur yang dapat diberikan dalam sehari. Over feed anggur akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare, atau perubahan bentuk dan konsistensi kotoran (feses). 

Apakah hamster dapat memakan tomat? 

Tomat mengandung tomatine, solanium alkaloid yang dapat mempengaruhi kinerja saraf dan pencernaan hamster. Tomat tidak direkomendasikan untuk hamster karena potensi keracunannya lebih tinggi daripada keuntungannya. Lagipula, banyak buah-buahan dan sayuran lain yang lebih bermanfaat. Adapun sebagai berikut : 

Makanan yang bermanfaat bagi hamster : 
  1. Brokolli
  2. Kubis
  3. Ketimun
  4. Seledri
  5. Ubi
  6. Apel
  7. Ceri
  8. Strawberi
  9. Raspberrie
  10. Pir
  11. Mangga
  12. Melon
  13. Telur rebus
Makanan yang tidak baik untuk hamster : 
  1. Biji dan kulit apel
  2. Biji anggur
  3. Almond
  4. Peanut
  5. Bawang putih
  6. Bawang merah
  7. Terong
  8. Coklat
Makanan baik itu buah-buahan maupun sayuran yang mengandung air dan serat lebih baik diberikan daripada kacang-kacangan. Makanan beragi seperti roti dan alkohol sebaiknya tidak diberikan kepada hamster karena akan menyebabkan keracunan. Jadi, sudah mengerti makanan apa saja yang boleh diberikan kepada hamster anda? 


Comments

  1. Assalaamu'alaykum Dok,

    Ada bbrp yg mw sy tanyakan

    apakah kacang2 an kurang di sukai hamster ya? Smntra hamster hewan pengerat.

    Lalu untuk mentimun, apakh pmberian nya dgn biji nya?

    Klo yg sy perhatikan, hamster dirumh sy krng suka dgn mknan yg dibeli di petshop dgn merek yg lmyn ckup terkenal, sy beri, ke esokannya sy liht tdk ada perbhan mknan yg sy sediakn.

    Mohon solusinya dok

    Trma kasih jk berkenan mmbalasnya



    ReplyDelete
  2. Dok, mau tanya boleh tidak kalau hamster dikasih makanan bayi seperti nestle beras merah atau nestle kacang hijau?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Dok saya mo tanya boleh gak kalau si hamster di kasih kayak telur rebus,tahu mentah, daging ayam kalau di sayuranya saya kasih me hamsternya seminggu sekalj aja

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penyebab Bau yang Tidak Sedap Pada Kucing

Dokter-hewan.net - Kucing adalah hewan yang sangat mencintai kebersihan. Mereka akan melakukan selfgrooming jika merasa dirinya tidak dalam keadaan bersih. Namun, kadangkala pemilik hewan mengeluhkan bau yang tidak sedap dari hewan peliharaan mereka. Apa dan kenapa hewan mereka berbau tidak sedap? Berikut adalah sumber bau yang tidak sedap pada kucing kesayangan anda.  Bau Mulut Kucing sehat tidak memiliki bau mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah dental disease (gangguan pada pergigian). Plag dan karang gigi adalah kasus paling sering yang menyebabkan dental disease. Plag dan karang gigi yang menempel di gigi dan gusi akan menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) sehingga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sehat. Kebersihkan gigi juga sangat menentukan ada atau tidaknya bau mulut. Misalnya bahan makanan yang tersangkut dalam waktu lama di gigi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap juga. Selain itu, trauma di jaringan mulut dan tumor pada mulut juga men

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah. Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ? Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan. Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ?