Skip to main content

Penyebab Bau yang Tidak Sedap Pada Kucing

Dokter-hewan.net - Kucing adalah hewan yang sangat mencintai kebersihan. Mereka akan melakukan selfgrooming jika merasa dirinya tidak dalam keadaan bersih. Namun, kadangkala pemilik hewan mengeluhkan bau yang tidak sedap dari hewan peliharaan mereka. Apa dan kenapa hewan mereka berbau tidak sedap? Berikut adalah sumber bau yang tidak sedap pada kucing kesayangan anda. 

  • Bau Mulut
Kucing sehat tidak memiliki bau mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah dental disease (gangguan pada pergigian). Plag dan karang gigi adalah kasus paling sering yang menyebabkan dental disease. Plag dan karang gigi yang menempel di gigi dan gusi akan menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) sehingga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sehat.

Kebersihkan gigi juga sangat menentukan ada atau tidaknya bau mulut. Misalnya bahan makanan yang tersangkut dalam waktu lama di gigi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap juga. Selain itu, trauma di jaringan mulut dan tumor pada mulut juga menimbulkan bau yang tidak sedap. 

Penyebab lain dari bau mulut adalah gangguan sistemik pada hewan. Misalnya saja, kucing yang mengalami gangguan ginjal akan memiliki nafas yang berbau menyerupai bau amoniak, kucing yang memiliki penyakit diabetes memiliki bau nafas yang manis dan akan berbau seperti pewarna kuku ketika diabetesnya semakin parah. Kucing dengan gangguan hati atau masalah di ususnya akan memiliki nafas seperti bau feses. 
  • Bau Kulit
Bau tidak sedap selanjutnya umumnya berasal dari kulit. Kucing dengan kulit yang sehat tidak memiliki bau yang tidak sedap. Namun kulit yang memiliki infeksi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Adapun contoh kulit yang tidak sehat adalah kulit dengan adanya luka, alergi, adanya infestasi parasit, kanker, dan gangguan sistem imun yang berdampak pada perubahan kondisi kulit. Umumnya semua yang mengganggu kulit akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  • Bau Telinga
Infeksi telinga adalah penyebab utama bau pada telinga. Keberadaan jamur di telinga akan menimbulkan bau apek. Sedangkan infeksi bakteri akan mengeluarkan bau pengap. Namun, selain infeksi bakteri, bau pengap pada telinga juga disebabkan oleh alergi, polyp, tumor dan keberadaan benda asing di telinga, misalnya air yang tidak sengaja masuk ke dalam telinga. Ketika telinga ada infeksi akibat ear mites (kutu), maka di telinga akan ada kotoran telinga berwarna hitam menyerupai ampas kopi yang berbau sangat busuk.
  • Bau Anus dan Saluran Kencing (Rear end)
Kucing adalah hewan yang sangat mencintai kebersihan. Ketika mereka selesai melakukan rutinitas urinasi (kencing) dan defekasi (pup), mereka akan membersihkan bagian yang mereka rasa kotor tersebut. Sehingga pada kucing sehat akan jarang kita jumpai adanya kotoran yang menempel pada bagian belakang (rear end) tersebut. Anus dan saluran kencing akan bersih dan tidak akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, ketika kucing memiliki penyakit artritis (radang sendi), obesitas atau penyakit sistemik lainnya, mereka akan kesulitan melakukan grooming, terutama pada bagian belakang tersebut sehingga adanya kotoran yang tertinggal di bagian tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain itu, kasus diare, dan kasus penyakit yang menimbulkan gangguan pada saluran kencing akan menyebabkan kotoran menempel di bulu atau bagian tubuh lainnya sehingga akan meninggalkan bau yang tidak sedap. Infeksi, tumor dan kondisi lain yang menyerang anal gland akan menimbulkan bau yang tidak sedap. 
  • Bau Lain
Kucing adalah hewan yang memiliki keingintahuan yang tinggi, sehingga apa yang dia makan, dimana mereka bermain akan memiliki pengaruh kepada bau badan mereka. Misalnya ketika mereka habis memakan makanan yang berbau misalnya ikan (amis) akan menyebabkan mulut mereka berbau amis, atau saat mereka bermain di tempat sampah, maka bulu merekapun akan berbau seperti tempat sampah. Hal ini wajar karena keingintahuan mereka yang tinggi. Selalu perhatikan dimana mereka bermain, apa yang mereka makan.

Jika kucing anda menunjukkan perubahan pada bau, tingkah laku, atau gerak geriknya, segera temui dokter hewan anda, agar diberikan solusi agar kucing anda dapat diberi pertolongan pertama yang lebih baik. Jadi, kucingmu baunya bagaimana? 

Comments

  1. kucing saya blmny diare, skrg sdh lbh baik fases ny sdh lbh berbentuk tidak encer lagi (maaf), tetapi mslhny skrg ini jadi bau mulut, ada pengaruh dari diare sblm nya gak yah?? trus cara mengatasi bau mulutny bagaimana, pakai air kelapa ijo bisa kah menghilangkan bau mulutnya??

    ReplyDelete
  2. Kucing saya kupingnya bau trus ada kotoran telinga yg berwarna hitam, sebelum kucing saya kupingnya infeksi seperti itu gejalanya kucing saya suka garuk2 bagian dalam kupingnya sampe akhirnya keluar cairan seperti nanah dan bau amis dan semakin kesni cairan itu terhenti dan berubah menjadi kotoran hitam dikupingnya... kira2 obat apa ya yang bisa saya kasih ke kucing saya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman pribadi kucing kena infeksi dan kutu telinga, sya di rasakan oleh dr hewan obat tetes telinga Erlamycetine bisa dibeli di apotek harganya kisaran 10rb.an
      Bisa diteteskan 1-2 tts perhari rutin sampai sambuh..
      Sebelum di teteskan bersihkan dlu bagian telinga yg bisa kejangkau dengan kapas atau cotton bud setelah itu baru diteteskan. Semoga jawabannya membantu

      Delete
  3. Kucing saya habis melahirkan, selepas 2minggu melahirkan ia gamau menyusui anak2nya. Lalu dia pergi dri rumah, saat saya menemukannya dia sudah dalam kondisi berliur. Lalu saya bersihkan air liurnya yg sudah menumpuk di bagian mulut. Lalu tak lama kemudian bau tidak enak seperti bau amis darah kucing saat melahirkan tercium dari tubuh kucing saya. Boleh tau kucing saya kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika seperti ini harus langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bisa saja ada infeksi setelah melahirkan. Ini sangat mengancam nyawa.

      Delete
    2. dok, anak kucing saya mata nya belekan gitu dan bau amis ikan. umur nya baru 2 minggu, itu kenapa ya dok

      Delete
  4. Kucing sy sdh di mandiksn berkali tetap bau pesing. Aplg pada saat baru mandi msh basah lbh bau... Pdhl tiap mandi berkali2 di bersihkan. Diulang bs 3x shampo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tahu menggunakan shampoo jenis apa?

      Delete
    2. Sma kyak kucingku jg gt knp ya sperti ada bau khasnya gmw wangi.sampo pke sampo biasa

      Delete
    3. Sama dok, Karna msh kitten, jd blm berani Mandiin, bru di Bilas air Aja bagian pantatnya. Tp msh bauu sampe ke kepala. Padahal temannya yg usianya Sama tidak bau.

      Delete
    4. Kucing saya juga, Dok. Semua kucing saya mandikan pakai shampo Lifebuoy, sudah 3x dikasih shampo tapi masih bau. Kucing saya yang lain padahal ngga kayak gitu, wanginya bisa tahan lama sampai 2 hari. Tapi yang 1 ngga, malah setelah dimandikan persis masih bau

      Delete
    5. Padahal dia badannya paling bersih daripada yang lain

      Delete
  5. Kucing saya kucing lokal dok,saya kasi makan ikan campur nasi aja, dia gak cocok dikasi makan nan kering
    Tapi kadang2 loop nya mencret dok kenapa ya
    Terus suka bau lagi anus nya
    Tapi badan nya gak menunjukkan kalau dia sakit
    Sehat,dan tetap makan nya lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gonta ganti makan merupakan salah satu penyebab mencret pada hewan, alangkah baiknya berikan makanan khusus kucing kepada mereka ya! Carikan makanan yang cocok dengan mereka. Mengenai pup yang bau umumnya disebabkan oleh makanan yang biasa dimakan, mungkin saja gara2 diberikan ikan membuat produksi gas di dalam perut meningkat dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

      Delete
  6. kucing saya habis opname 10 hari. krn muntah2 n fesesnya cair n berdarah. setelah 2 hr di rumah feses nya tdak ada darahnya dan agak lembek. selain itu air kencing n fesesnya bau banget, apakah itu pengaruh obat atau apa ya. ini hari ke 3 udah ga terlalu bau. terus mau tak mandiin takut jg ( krn ada bekas infus). solusinya bagaimana ya dok. terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alangkah baiknya diskusikan dulu dengan dokter hewan yang menangani, apakah kucing sudah boleh dimandikan atau belum. Dan mengenai bau yang terjadi, alangkah baiknya didiskusikan juga, karena beliau yang lebih tahu kondisi kucing anda.

      Delete
  7. Kucing saya kucing kampung campuran kitten, biasanya dia lincah tapi akhir2 ini dia kaya lesuh terus kurusan dan udah 2 hari ini badannya mengeluarkan bau padahal udah dimandiin. Kalo makan dia napsu. Dan kucing saya tuh suka main air sama main grimis2an. Itu kenapa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika demikian banyak faktor yang mempengaruhi, alangkah baiknya periksakan ke dokter hewan terdekat agar diperiksa bagian mulutnya, apakah bau busuk itu berasal dari mulut. Dan selain itu, bulu lepek gara-gara lembab juga bisa mengeluarkan bau tidak enak loh. Jadi bisa saja itu penyebabnya.

      Delete
  8. Saya mau tnya dikaki kucing saya berbau bawang putih tapi itu bagi saya sangat mengganggu bagaimana cara mengatasi nya dan kaki kucing saya kalau dibilang luka tidak tapi seperti ada yg tumbuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika seperti ini alangkah baiknya langsung diperiksakan dulu ke klinik dokter hewan terdekat ya, ditakutkan sumber bau itu dapat menyebabkan bahaya malah infeksi. Terima kasih.

      Delete
  9. Kucing saya mencret dan tidak mau makan. Obatnya apa ya dok?

    ReplyDelete
  10. Kucing saya mencret dan tidak mau makan. Obatnya apa ya dok?

    ReplyDelete
  11. mau tanya, kucing saya diare selama bbrp hari lalu saya lihat d anusnya seperti kemerahan dan berbau busuk
    apa kucing saya ambeien? tp tidak ada daging yang menonjol.
    Bagaimana cara mengatasinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing yang diare dan kemudian diikuti anus yang berwarna merah dikarenakan iritasi oleh diare itu tadi. Jika sudah demikian alangkah baiknya diperiksakan ke dokter hewan terdekat karena harus diberikan obat-obatan yang menyebabkan diare. Umumnya diare disebabkan infeksi bakteri, virus dan bahkan parasit. Alangkah baiknya kunjungi dokter hewan terdekat ya

      Delete
  12. Kucing saya sedang hamil mencret mencret terus setiap hari padahal sudah diberi obat dan skrng anus nya jadi seperti bau ikan asin apa yg harus saya lakukan terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah demikian alangkah baiknya langsung dibawa ke dokter hewan terdekat, harus dicarikan jenis obat yang sesuai dengan kucing hamil. Semakin cepat semakin baik.

      Delete
  13. Dok kucing saya biasanya gak pup sembarangan, tiba tiba akhir ini sering banget pup sembarang. Terus 2 hr ini pupnya masih berbentuk makanannya dok (bentuk ikan). Pupnya warna kuning terang dan tidak berbau, mohon pencerahannya dom makasih

    ReplyDelete
  14. Kucing sy lemes, kurg nafsu makan, gak mau gerak diem aj, dan klo pup bau bgt. Pupnya itu wrna kuning encer ad minyaknya jg, sprtinya ad masalah sma perut ato anusnya. Dr anusnya jg bau bgt. Itu knp ya? Dan dikasih obt ap ya?? Pdhl udh dimandiin jg, tp ttep bau. Baunya itu dr anusnya

    ReplyDelete
  15. Semua disarankan bawa ke dokter...jawabannya gak memuaskan kalo gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang seharusnya dibawa langsung ke dokter.. kn ga bisa di diagnosis dgn betul kalau ga di liat langsung...

      Delete
    2. Alangkah baiknya emang dibawa ke dokter hewan supaya ditangani dengan tepat sebelum terlambat. Sama dokter nanti disuntikkan Antibiotik & Anti Radang serta disarankan obat & vitamin yang sesuai.

      Delete
  16. Dok kucing saya tiba tiba muntah muntah, sehabis dari luar rumah, sebelum itu kucing saya tidur dari siang sampe sore, lalu sore hari ke malam kucingku itu muntah muntah terus dan lemas badannya, dikasih makan pun tidak mau, mulutnya juga berbusa gitu, trus diemnya pingin di wc trus setiap dipindahin juga tetep ke wc lagi
    Dan bsok paginya mengeluarkan aroma amis dari badannya, itu kenapa ya dok,, saya pengennya dibawa ke dokter hewan tapi biayanya saya kurang sanggup, minta sarannya dok untuk mengobati kucing saya
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Saya punya kucing berumur 1 bulan, dari bayi kucing saya memiliki bau yang tidak sedap, sampai umur 1 bulan, bau tidak sedap itu masih ada, bau nya seperti bau kecoa, dan, saya padahal selalu grooming(mandiin) kucing saya, tetapi masih saja bau kecoa, kira kira itu kenapa bisa terjadi ya? Padahal bulu nya kulit nya baik baik aja, cuman kendalanya kucing saya sangat bau kecoa :")

    ReplyDelete
  18. Dok, kucing saya bau busuk. Di tubuhnya banyak luka bekas garukan dia. Lukanya berair. Solusinya gimana ya dok? Kucing saya kucing anggora.

    ReplyDelete
  19. Dok, kucing saya bau busuk. Ditubuhnya terutama leher banyak luka basah bekas garukan dia. Bagaimana solusinya dok? Saya bingung. Makin hari makin busuk baunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya diminumin antibiotik mas/mba, insyaallah sembuh. Karna aku sering praktek ke kucing² ku kalo lg luka², cepet kering jg di luka kucingnya

      Delete
  20. Dokter, saya mau tanya. Kemarin adik saya nemuin kucing yang nyamperin ke rumah, setelah dikasih pakan kucing dan susu khusus kucing, kucingnya tetap ndak mau. Sulit makan dan minum. Usianya sekitar 1 bulan. Badannya bau padahal sdh saya mandikan dengan air hangat supaya bisa dibawa masuk ke rumah. Mau ke dokter tapi sulit saat keadaan sedang pandemi ... Tiap malem juga rewel, kira kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  21. Aku nemu kucing di deket rumah ku trus aku kasih makan tiap hari dia suka main dirumah ku.di bagian kaki belakang nya itu ada luka gitu,trus gk tau knp si kucing tuh bau banget....tiap hari bau nya itu makin parah. bau nya itu bisa di ibarat kan kaya bau jengkol gitu.itu kenapa ya kira-kira?aku mau ngobatin tapi binggung mau kasih obat apa... bantu jawab ya kasian soalnya.

    ReplyDelete
  22. Kucing saya awalnya matanya selalu belekkan sampai sekrang matanya suka tertutup dan jadi merah ditambah keadaan nya yang flu berat dan tercium bau tidak sedap dari badannya. Kenapa ya dok kira-kira?

    ReplyDelete
  23. Dok,, saya mau tanya kucing saya mencret2 udah 2 Minggu gak sembuh sembuh sampai anusnya menonjol,, padahal sudah saya belikan obat tpi ttp seperti itu, sampai badannya kurus,,itu solusinya gimana ya??
    Dokter hewan jauh

    ReplyDelete
  24. Dok mau tanya, kucing sy keliatannya sakit disemper, tp sy gapunya biaya untuk bawa ke dokteĊ• hewan, biasanya cara pertama yg harus dilakukan apa spy virus ga nyebar kebagian tubuh lain?

    ReplyDelete
  25. Dok kucing saya sering bau amis dibagian bulunya dan sering juga itu bulunya tiba2 basah kalau dicium itu bau nya amis dok itu cara hilangin baunya gmn dok

    ReplyDelete
  26. Kucing saya sudah berumur tua
    Dia sering berantem dan badannya menjadi bau
    Padahal sudah saya mandiin
    Kira² kenapa kucing saya ya ?
    Dan cara menghilangkan bau badannya harus gimana?

    ReplyDelete
  27. Dok kucing saya sudah berumur tua , dan sangat suka berantem
    Sering ada luka di badannya
    Dan bau badannya tidak enak ,padahal saya sudah sering membersihkan dengan cara memandikan ,tpi kenapa bau badannya tetap tidak enak?
    Cara menghilangkan bau badan nya harus gmna dok?

    ReplyDelete
  28. Kucing saya kaya bau"gitu kaya bau abis buang air kecil cara ngilangin bau itu gimana dan apa bisa mandinya pakai sedikit sanlait
    Tolong jawab

    ReplyDelete
  29. Selamat pagi. Saya mau nanya dong kucing saya keliatannya sehat sehat saja dan nafsu makan pun seperti biasa cuma kucing saya bisa buang air (pup) selang beberapa waktu. Selain iti kotorannya juga bau sekali. Apakah ada masalah sama kucing saya dok? Terima kasihhh

    ReplyDelete
  30. Mengapa kucing saya muntah kuning

    ReplyDelete
  31. Kucing saya lagi sakit, dia lemas kali makan tidak mau minum jugaa. Tapi badannya bau. Apa ada pengaruhnya dengan obat ?

    ReplyDelete
  32. Bisa minta sarannya dok ? Kucing saya sudah 2 hari ini tidak makan, hanya minum air putih itupun hanya sedikit..... Disekitar mulut dan hidung nya basah gitu.... Di telinga bagian bawahnya seperti ada luka dan seperti mengeluarkan bau busuk.... Saya haruh bagaimana ?? Apakah masih sempat jika dibawa ke Dokter Hewan ???

    ReplyDelete
  33. Gimana cara mengobati kucing yg diare dok dan juga bau amis di kucingnya

    ReplyDelete
  34. Cara mengobati kucing yg lagi diare gimana dok dan juga bau pada badan kucingnya

    ReplyDelete
  35. Dokter kucing saya persia, sekarang kurus bgt padahal makannya lahap, keluar bau tidak sedap (basin) dari air liur nya sampe ke badan soalnya dia suka bgt jilatin badannya sampe basah banget. Kira kira kenapa dan solusinya apa ya dok ?

    ReplyDelete
  36. Dok kucing saya kan warna putih terus banyak bintik bintik kecoklatan Gitu di bulu nya kira-kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  37. Kucing saya anggora.. lagi hamil besar... 2 hari ini keluar air terus bagian kemaluan nya... tpi bau amis... apa itu pertanda lahiran atau apa ya dok

    ReplyDelete
  38. Kucing saya sakit lemas dan tidak mau makan terus selalu keluar cairan seperti nanah dari hidungnya. Lalu menimbulkan bau yang sangat tidak enak. Itu kenapa ya dok???

    ReplyDelete
  39. Kucing saya sakit, lemas dan tidak mau makan. Terus selalu keluar cairan seperti nanah dari hidungnya. Lalu menimbulkan bau yang sangat tidak enak. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  40. Kucing saya ditinggal mati ibunya, Satu per Satu anaknya mati, dan sekarang sisa 2 dari 5 anaknya, saya taruh dikandang dan dikasih penghangat juga, serta air dan makanan, tapi tetep saja.. Bukannya sehat, malah pupnya mencret dan warnanya putih, serta baunya seperti muntah.. Kandang selalu saya bersihkan, tapi kucingku pupnya bocor terus warnanya putih.. Lama kelamaan kandang nya jadi kotor.. Ketika dibersihin kotoran pupnya nempel dibulunya akhirnya bulunya kering.. Dan lama kelamaan rontok.. Bulu nya.. Apa solusi untuk menyembuhkan kucing saya dok?

    ReplyDelete
  41. Permisi, dok, mau bertanya, kucing saya mencret + muntah, mencretnya pasti ada cacing nya, habis itu dia ga mau makan/minum, kalau pun dipaksa makan nanti beberapa menit/jam dia pasti muntah, terus juga udah dikasih obat cacing kok ya masih gamau makan, gimana ya dok cara pertolongan pertamanya, mau bawa ke puskesmas tapi minggu besok tidak buka :(

    ReplyDelete
  42. Kalau kucing sy lebih aneh lagi dok sudah dimandiin tiap hari tp kok bau busuknya gk ilang ilang ya dok
    Sy coba lihat lihat gk ada yg luka sama sekali dok
    Kucing sy jenis persia himalaya dok
    Gimana cara menhilangkan bau busuk tersebut ya dok

    ReplyDelete
  43. Selamat malam dok..mau tanya..saya nemu kucing sejenis persia.saya mandikan tetapi pas anusnya bau dan merah gitu..itu kenapa ya dok..dan obatnya apa ya?terimakasih

    ReplyDelete
  44. Dok kucing saya di bagian leher belakang sangat bau, itu kenapa ya? Padahal udah di cek ga ada luka atau jamur telinga nya pun bersih selalu di bersihkan tapi bagian leher nya bau bgt

    ReplyDelete
  45. Dok kucing saya anusnya pink kadang agak kemerahan,dan bau tapi ketika selesai poop dia spt biasa membersihkanya,tp masih bau,kenapa ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Lowongan kerja : PT. Sistem Manajemen Dewarangga

Dokter-hewan.net - Saya Zukhrufa - HR Recruitment dari PT Sistem Manajemen Dewarangga. Klinik Hewan PetPro (PT Penolong Hewan Indonesia dari Dewarangga Group) saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi: Dokter Hewan Senior Dokter Hewan Junior Berikut saya lampirkan poster lowongan kerja untuk kedua posisi di atas.  Terima kasih sudah berkenan untuk membagikan informasi lowongan kerja di Klinik Hewan PetPro. Bantuan Anda sangat berarti bagi kami. Zukhrufa Nurillah - HR Recruitment PT. Sistem Manajemen Dewarangga Website: dewarangga.com Email: rekrutmen@dewarangga.com Alamat Kantor: Jl. Raya Cimatis No. 17 RT 003 RW 011, Jatikarya, Jatisampurna, Bekasi

Kucingmu masih makan dari mangkok? 3 Kerugian Memberikan Kucing Makan dari Mangkok.

Dokter-hewan.net - Kucing merupakan hewan yang unik dan sangat menggemaskan. Pemilik kucing akan melakukan segala cara untuk membuat kucingnya bahagia. Mulai dari menyiapkan nutrisi terbaik buat mereka, memberikan mereka mainan hingga memberikan makanan yang lebih dari cukup. Namun, seorang dokter hewan bernama Dr. Liz Bales mengatakan bahwa "Pemberian makanan kucing menggunakan mangkok akan memberikan efek negatif kepada kucing", ungkap beliau di salah satu seminar dokter hewan mengenai kucing.  Menurut Dr. Liz Bales, alasan ini diungkapkan karena tidak sesuai dengan sifat natural dari kucing sebagai hewan pemburu. Sebuah studi mengenai perilaku kucing memperlihatkan bahwa kadar dopamin (hormon bahagia) pada kucing yang makan dari mangkok lebih sedikit dibandingkan dengan kucing yang masih berburu untuk makan. Hal inilah yang menjadi alasan utama dari teori Dr. Bales tersebut. Menurut beliau, berikut 3 alasan kenapa memberikan makanan menggunakan mangkok tidak terlalu disa