Skip to main content

Lima Mahasiswa Kedokteran Hewan UB Berhasil Mengubah Limbah Susu Jadi Listrik

Dr. Sri Murwani,drh MP & Team MARFEL
Dokter-hewan.net - Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH-UB) memanfaatkan limbah susu sortasi untuk menghasilkan sumber listrik yang diberi nama Milk Sortation for Fuel Cell (MARFEL).

Hal ini didasarkan pada kebutuhan energi dari tahun ke tahun yang terus meningkat hingga mencapai 6% per tahunnya. Selain itu, manusia dipaksa untuk mencari sumber energi alternatif yang bersifat terbarukan dan tidak memberikan dampak pencemaran terhadap lingkungan.

Kelima mahasiswa tersebut yaitu Galuh Purnawati, Fitri Indah Permatasari, Siti Maria Khiftiyah, Suhardi Winaryo (FMIPA 2014), dan dibawah bimbingan Dr. Sri Murwani,drh MP. dan Bayu Hendra Laksmana (FKH 2015). Seperti dilansir dari laman UB, Galuh menyampaikan, limbah susu sortasi digunakan sebagai substrat yang akan dikonversikan menjadi energi listrik melalui aktivitas eletron dan proton oleh bakteri pada teknologi Microbial Fuel Cells (MFCs). 

Cara kerja MARFEL sangat mudah, yaitu dengan memasukan limbah susu sortasi pada chamber dan akan diatur suhu pada control panel.

Selanjutnya akan dikonversikan menjadi arus listrik dan dialirkan pada boost converter untuk menaikkan tegangan DC ke level yang lebih tinggi.

Serta dialirkan ke DC to AC inverting untuk menghasilkan listrik yang dapat dihubungkan ke stopkontak.

"Energi listrik yang dihasilkan dapat langsung digunakan oleh masyarakat sebagai sumber energi listrik. Selain memanfaatkan produk buangan, alat ini juga sebagai sumber bioenergi terbarukan yang ramah lingkungan, efisiensinya tinggi, murah, dan mudah digunakan.
Alat MARFEL


Berdasarkan kelebihan tersebut alat ini sangat berpotensi untuk mengatasi ketenagalitrikan dan ketahanan energi di Indonesia sehingga mampu mewujudkan Sustainable Development goals," pungkasnya (GP).


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Pendidikan IPB

Dokter-hewan.net - Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Institute Pertanian Bogor (IPB) membuka lowongan kerja untuk dokter hewan. Adapun kriteria yang diminta sebagai berikut : Profesi Dokter HewanPria/WanitaUsia Maksimal 27 Tahun Domisili JABODETABEKDapat bekerja dalam team. Jika berminat, CV, Transkrip dan surat lamaran dapat dikirim ke rshpfkh@gmail.com dengan subject : Lamaran Drh RSHP.  Maksimal pendaftaran 26 Desember 2017 Informasi : (+62)251 8425503

Lowongan Kerja : Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat

Dokter-hewan.net - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB) membuka lowongan dosen dengan persyaratan sebagai berikut : Pria/WanitaFotocopy KTPPas Photo 4x6 Latar Belakang Merah sebanyak 2 lembarFotokopi legalisir ijazah dan transkrip S1 FKHFotokopi legalisir ijazah dan transkrip profesi drh. Fotokopi legalisir ijazah dan transkrip S2 berasak dari FKH/S2 Science VETFotokopi SKDHICVBatas Usia maks 30 TahunSurat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Nusa Tenggara BaratBerkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop coklat dan dikirim ke Fakultas KEdokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat Jl. Tawak-tawak Kr. Sukun Mataram- NTB Info lebih lanjut : drh. Febrina (0878 5470 2136) atau drh. Candra (0857 3593 0665) Paling lambar berkas cap pos tanggal 2 Januari 2018.  Jangan lupa masukan sumber : dokter-hewan.net di surat lamaran ya :) 

Lowongan kerja : Kebun Binatang Ragunan

Dokter-hewan.net - Kebun binatang ragunan membuka lowongan kerja sebagai berikut : Petugas kebersihan (150 orang)Perawat taman dan pohon (80 orang)Petugas Mekanikal Elektrik (30 orang)Petugas penerima tamu (loket dan front office (30 orang)Tenaga keamanan TMR (100 orang)Pengemudi (3 orang)Perawat satwa (60 orang)Petugas pakan satwa (3 orang)Dokter hewan (4 orang)Paramedis (2 orang)Pengolah data pengukuran (1 orang)Petugas penunjang juru ukur (1 orang)Web developer (1 orang)Multimedia (1 orang)Translator (1 orang)Customer relation (4 orang)Petugas perpustakaan (2 orang)  Keterangan lebih lanjut, silahkan klik :  http://ragunanzoo.jakarta.go.id/rekrutmen/
Jangan lupa masukkan dokter-hewan.net sebagai sumber info ya :)