Skip to main content

Memprihatinkan, Anjing di Mumbai berubah menjadi biru

Dokter-hewan.net - Anjing jalanan merupakan hal yang biasa di Mumbai, India. Namun, beberapa hari belakangan ini masyarakat di hebohkan oleh anjing yang berwarna biru. Anjing jalanan yang berubah warna menjadi biru terjadi di daerah Taloja, sebuah area industri di Mumbai. 

Menurut The Hindustan Times, industri lokal menggunakan pewarna buatan biru untuk memproduksi deterjen. Pewarna buatan ini membuat polusi di sumber air seperti sungai.Sehingga polusi ini menyebabkan kerugian, salah satu efeknya dapat dilihat di anjing jalanan yang berubah warna menjadi biru. Anjing jalanan biasanya akan berenang di sungai untuk mencari makanan dan merubah rambut (bulu) mereka menjadi biru. 

The Navi Mumbai Animal Protection Cell, yang dibantu oleh Thane Society for Prevention of Cruelty to Animal (TSPCA) telah melakukan bagian mereka untuk membantu anjing-anjing tersebut. "Kami telah melakukan penyuluhan di area tersebut, sehingga masyarakat menyadari bagaimana anjing dan hewan lainnya akan berpengaruh pada polusi bahan kimia". 

Shakuntala Majumdar, Presiden dari TSPCA melaporkan bahwa anjing yang berubah menjadi biru dalam kondisi yang sehat. "Bulu yang berwarna biru itu dapat larut dalam air, sehingga ketika ada hujan bulu hewan akan kembali bersih seperti semula, namun kita tidak tahu apakah ada kerusakan di dalam tubuh anjing akibat pengaruh bahan kimia tersebut". 

Menyedihkannya, satu dari anjing yang berubah warna biru memiliki gangguan penglihatan karena bahan kimia terlalu banyak terpapar di mata. Shelter hewan setempat akan terus mengobati dan melakukan test kesehatan kepada hewan yang berubah menjadi biru. 

Sumber: http://www.petmd.com/news/health-science/shocking-reason-why-these-stray-dogs- mumbai-have-turned-blue-36243?icn

Comments

Popular posts from this blog

Alur Pemotongan Hewan di RPH

Pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan antara lain melewati beberapa tahap antara lain Kandang Penampungan (Kandang Istirahat), daerah kotor dan daerah bersih. Adapun yang termasuk daerah kotor yaitu tempat pemingsanan, tempat pemotongan, tempat pengeluaran darah, tempat penyelesaian penyemblihan, ruang jeroan, ruang kepala dan kaki, ruang kulit dan tempat pemeriksaan post mortem. Sedangkan daerah bersih yaitu ruang pendinginan atau pelayuan, ruang pembekuan, ruang pembagian karkas, ruang penimbangan karkas dan ruang pengemasan daging. Adapun alur yang dilewati antara lain :

Kadang Penampungan (Kandang Istirahat)
Kadang penampungan merupakan kandang yang digunakan untuk menampung hewan sebelum dilakukan pemotongan. Kandang penampungan juga biasa disebut kandang istirahat karena menjadi tempat istirahat hewan setelah melakukan perjalanan dari kandang ke rumah potong hewan. Selain itu fungsi kandang penampungan adalah tempat pemeriksaan ante mortem (pemeriksaan sebelum disembelih). Peme…

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna.

Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata.

Pengobatan dan …

FORM MENDAFTAR KTA PDHI SEUMUR HIDUP UNTUK SEMUA DOKTER HEWAN

Dokter-hewan.net -Kepada Seluruh Dokter Hewan di Indonesia bahwa pada Kepengurusan Baru PB PDHI masa bhakti 2018 - 2022 akan melakukan pengkinian biodata anggota, sebagai dasar pembuatan kartu tanda anggota (KTA) yang akan berlaku seumur hidup. Kartu yang telah dicetak akan dikirimkan ke cabang PDHI masing-masing untuk diberikan kepada anggota. Biaya Pembuatan Kartu tidak dipungut biaya. Bagi Anggota yang memerlukan STRV silahkan WA ke 081298476732 akan dikirimkan persyaratan dokumen untuk permohonan STRV.
Viva Veteriner Jaya Lah Dokter Hewan IndonesiaYuk! Klik link di bawah ini.https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeqBv0rRtAbFGPU9As9dwF1rOnuy7OsVKh01J6gE6y8RUE2Ag/viewform