Skip to main content

Berapa jumlah ideal litter box di rumah?

Dokter-hewan.net - Litter box merupakan hal yang sangat krusial bagi kucing. Litter box merupakan tempat untuk membuang hajat, baik itu urinasi atau kencing maupun defekasi atau buang air besar. Namun, dibalik litter box, kucing juga akan menunjukkan jati dirinya. Cat lover atau cat owner pasti tahu betul bagaimana kucing urinasi dan defekasi kan? Yaitu dengan cara di kubur dan ditutup kembali setelah mereka selesai melakukannya. 

Kucing merupakan hewan yang cinta kebersihan, namun alasan utama kucing mengubur urin dan fesesnya adalah tentang mendominasi. Kucing yang berkuasa akan cenderung tidak mengubur kotorannya, dan menyebarkan urinnya secara vertikal, misalnya dinding, sofa dan sebagainya. Namun bagi kucing yang takut atau kurang mendominasi mereka akan menguburnya, sampai bau urin dan feses mereka hilang. 

Hal ini sejalur dengan litter box yang ada di rumah. Ketika anda memelihara hanya 1 kucing saja. Cukup pasang 1 litter box saja. Namun jika kucing dirumah sudah melebihi satu, hal ini akan sangat berbeda. Jika salah satu kucing adalah kucing dominan, maka mereka akan menandai wilayahnya termasuk litter box. Sehingga kucing yang kurang dominan akan cenderung menahan hajatnya sampai menimbulkan penyakit. Penyakit yang umum muncul biasanya penyakit saluran kencing dan susah defekasi. 

Bagaimana cara mencegahnya? 
Satu-satunya cara adalah menggunakan banyak litter box dan diletakkan berjauhan. Jika anda memiliki 2 kucing, berarti litter box di rumah ada 3. Dengan maksud, jika yang dominan menguasai 2 litter box, yang kurang dominan masih bisa melakukan hajatnya di litter box yang ketiga. Dan kenapa harus diletakkan berjauhan? Jika mereka diletakkan berdekatan tentunya yang dominan akan menandai ketiganya sekaligus. 

Perhitungan ini juga berlaku untuk jumlah kucing yang yang lebih banyak. Jika anda memiliki 3 kucing, berarti litter box yang disiapkan adalah 3 + 2 (ekstra). Jadi 5 litter box. Kenapa jadi bertambah banyak? Karena di antara 3 kucing, ada kemungkinan 2 yang dominan dan 1 yang kurang dominan, sehingga 2 kucing dominan harus disiapkan 2 litter box dan 1 litter box untuk kucing yang kurang dominan. 

Bagaimana di rumah anda? Sudah cukupkah litter boxnya? 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Pendidikan IPB

Dokter-hewan.net - Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Institute Pertanian Bogor (IPB) membuka lowongan kerja untuk dokter hewan. Adapun kriteria yang diminta sebagai berikut : Profesi Dokter HewanPria/WanitaUsia Maksimal 27 Tahun Domisili JABODETABEKDapat bekerja dalam team. Jika berminat, CV, Transkrip dan surat lamaran dapat dikirim ke rshpfkh@gmail.com dengan subject : Lamaran Drh RSHP.  Maksimal pendaftaran 26 Desember 2017 Informasi : (+62)251 8425503

Lowongan Kerja : Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat

Dokter-hewan.net - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB) membuka lowongan dosen dengan persyaratan sebagai berikut : Pria/WanitaFotocopy KTPPas Photo 4x6 Latar Belakang Merah sebanyak 2 lembarFotokopi legalisir ijazah dan transkrip S1 FKHFotokopi legalisir ijazah dan transkrip profesi drh. Fotokopi legalisir ijazah dan transkrip S2 berasak dari FKH/S2 Science VETFotokopi SKDHICVBatas Usia maks 30 TahunSurat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Nusa Tenggara BaratBerkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop coklat dan dikirim ke Fakultas KEdokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat Jl. Tawak-tawak Kr. Sukun Mataram- NTB Info lebih lanjut : drh. Febrina (0878 5470 2136) atau drh. Candra (0857 3593 0665) Paling lambar berkas cap pos tanggal 2 Januari 2018.  Jangan lupa masukan sumber : dokter-hewan.net di surat lamaran ya :) 

Lowongan kerja : Kebun Binatang Ragunan

Dokter-hewan.net - Kebun binatang ragunan membuka lowongan kerja sebagai berikut : Petugas kebersihan (150 orang)Perawat taman dan pohon (80 orang)Petugas Mekanikal Elektrik (30 orang)Petugas penerima tamu (loket dan front office (30 orang)Tenaga keamanan TMR (100 orang)Pengemudi (3 orang)Perawat satwa (60 orang)Petugas pakan satwa (3 orang)Dokter hewan (4 orang)Paramedis (2 orang)Pengolah data pengukuran (1 orang)Petugas penunjang juru ukur (1 orang)Web developer (1 orang)Multimedia (1 orang)Translator (1 orang)Customer relation (4 orang)Petugas perpustakaan (2 orang)  Keterangan lebih lanjut, silahkan klik :  http://ragunanzoo.jakarta.go.id/rekrutmen/
Jangan lupa masukkan dokter-hewan.net sebagai sumber info ya :)