Skip to main content

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya. 
  • Dokter hewan bukanlah dukun
Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik maka akan ditawarkan pemeriksaan penunjang atau pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, rontgen dan lain lain. Setelah dokter hewan yakin akan diagnosa penyakit, baru obat dapat diberikan. 
  • Persepsi gejala penyakit, setiap individu dapat berbeda
Alasan kedua adalah persepsi setiap orang dapat berbeda. Misalnya saja, tentang pup atau defekasi. Dokter hewan biasanya menanyakan kondisi pup hewan, dan jawabannya dapat bervariasi. Ada yang tetap mengatakan normal saat pup hewannya sangat kering, atau ada lendir dan sebagainya. Sehingga dokter hewan tidak akan langsung percaya dengan gejala yang anda sampaikan. Bahkan, ada beberapa oknum yang juga berbohong dengan riwayat penyakit hewan. 
  • Gejala yang sama belum tentu memiliki penyakit dan penyebab yang sama
Dokter hewan sudah menembuh pendidikan 4 Tahun untuk S-1 dan lebih kurang 2 Tahun untuk pendidikan profesi. Apakah yang dipelajari dokter hewan? Dokter hewan mempelajari semuanya, mulai dari jenis hewan, penyakit hewan, obat hewan dan semua hal tetang hewan. Salah satu yang kami pelajari adalah cara membedakan penyakit berdasarkan gejala. Sehingga dokter hewan harus teliti setiap melakukan pemeriksaan hewan. Gejala-gejala yang dikumpulkan akan ditarik garis merahnya dan baru dilakukan pengobatan. 
  • Tidak semua obat dapat didapat secara bebas
Obat hewan sangat unik dan tidak mudah di dapat. Kebanyakan obat untuk hewan harus di bawah resep dokter hewan agar obat yang diberikan tepat sasaran. Perbedaan obat dan racun hanya pada dosisnya, sehingga jika salah dalam memberikan obat dapat berakibat fatal bagi hewan kesayangan anda. 
  • Dokter hewan terikat dengan kode etik
Alasan utamanya, adalah alasan kode etik. Dokter hewan tidak dibenarkan memberikan pengobatan secara tidak pasti, maksud tidak pasti yaitu tanpa melakukan pemeriksaan, pengecekkan, dan lain sebagainya. Jika hewan sembuh, itu tidak apa - apa. Namun jika hewan tidak sembuh, atau malah tambah parah, hal ini dapat disebut malpraktik, dan tentunya diskusi online tidak dapat dijadikan buktik rekam medik yang jelas. 

Intinya, konsultasi online dapat dilakukan untuk manajemen hewan peliharaan saja, namun jika untuk pemberian obat dan resep obat tentunya harus langsung membawa hewan anda ke dokter hewan terdekat. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Paramedik Smart Pets

Dokter-hewan.net - Kami sedang mencari asisten dokter hewan/paramedik dengan syarat sebagai berikut : Penyayang hewan dan tidak takut dengan hewan (terutama kucing dan anjing)Diutamakan pria berusia 20 - 35 TahunBisa bekerja dalam teamJujur dan disiplinMau bekerja keras dan ikhlas, kerja kasare dan kotor, tidak gengsian, berani capek, mau disuruh-suruh, tidak jijik dengan kotoran hewan, darah dan benda-benda menjijikkan lainnya. Rela menerima gaji besar dan manfaat lainnya.  Kalau anda memenuhi persyaratan di atas silahkan kirimkan lamaran dan pengalaman kerja melalui email : smartpets2009@gmail.com
atau kirim langsung ke 
Smart Pets Jl. Raya Jatiwaringin 143 Pondok Gede Bekasi 17411 Up. Arif
Terima kasih

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi membuka lowongan kerja untuk posisi Dokter Hewan LABORATORIUM.

Ketentuannya adalah sebagai berikut:
-Lulusan baru/ koas yang sedang menunggu ujian akhir
-Dapat bekerja sama dalam tim
-Memiliki passion untuk menjadi dokter hewan laboratorium

Apabila Anda berminat, silahkan mengirimkan lamaran kerja ke email: info@pdhbvet.com. Lamaran kerja ditunggu paling lambat 28 Oktober 2018.

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id