Skip to main content

Kenapa kucing saya galak?

Dokter-hewan.net - Kucing galak merupakan salah satu problem pemilik hewan kesayangan saat hendak memeriksakan hewannya ke dokter hewan. Kucing biasanya akan menyakar, menggigit bahkan sampai kabur. Kenapa kucing saya galak? Berikut beberapa penyebab kucing anda menjadi galak menurut drh. Habyb Palyoga. 
  • Kucing jarang disentuh
Penyebab pertama adalah kucing yang jarang disentuh. Hal ini menjadikan kucing asing dengan sentuhan termasuk sentuhan manusia. Kenapa kucing menjadi galak? Karena dalam sentuhan tersebut kucing menganggap sentuhan adalah ancaman yang harus diwaspadai. Sehingga hal inilah menjadi dasar kenapa kucing anda menjadi galak. 
  • Kucing kurang bersosialisasi
Penyebab kedua disebabkan kucing jarang bersosialisasi dengan lingkungannya. Misalnya jarang dielus, jarang diajak bermain dengan orang baru, keluarga atau hewan peliharaan lainnya di rumah. Hal ini menjadikan kucing tidak bersosialisasi dengan baik dengan lingkungannya. Kucing hanya mau disentuh oleh pemiliknya namun tidak mau disentuh oleh orang lain, termasuk dokter hewan. 
  • Trauma kepada manusia
Trauma, adalah alasan ketiga yang paling umum. Misalnya saat kecil pernah di grooming dan kukunya luka atau menimbulkan rasa sakitnya. Hingga kucing menjadi trauma dan tidak mau lagi di potong kukunya dan lain sebagainya. Sehingga kucing yang sudah pernah trauma harus direhabilitasi sehingga mindset kucing dapat dirubah sedikit-demi sedikit. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, namun paling tidak mengurangi trauma kucing anda. 
  • Kucing lebih dominan daripada pemilik hewan
Kesalahan manajemen adalah paling umum no 4. Kenapa kucing dapat menjadi dominan? jawabannya karena pemilik hewan selalu mengikuti apa kemauan kucingnya. Ketika kucing berbuat salah, pemilik tidak memberikan punishment atau hukuman sehingga kucing merasa menjadi kepala kawanan atau pemimpin kawanan sehingga dia tidak mau diperintah. Hal ini banyak terjadi kepada pemilik hewan yang terlalu sayang kepada kucingnya. Walaupun kadangkala bagus, namun tentunya hal ini tidak baik jika pemilik hewan yang di kontrol oleh kucingnya. Sayang kepada kucing bukan berarti kita tunduk pada kucing namun tetap memberikan hukuman jika kucing kita melakukan kesalahan agar menunjukkan bahwa kita (pemilik hewan) adalah pemimpin dari kucing. 
  • Sakit
Sakit adalah alasan umum lainnya. Ketika kucing merasakan sakit, mereka akan lebih agresif dan menjadi tidak bersahabat. Hal ini adalah insting alami semua makluk hidup. Ketika sakit dia akan berusaha untuk melawan saat ada orang asing mendekat. Jika hal ini terjadi kepada kucing anda, segera hubungi dokter hewan terdekat. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals

Dokter-hewan.net
DIBUTUHKAN SEGERA
PT. IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals bergerak dibidang produksi obat hewan membutuhkan karyawan untuk posisi sebagai berikut :
1. Staf QC (1 Orang) D3 Kualisifikasi :
Usia maksimal 24 tahunPria/wanitaSehat jasmani dan Rohani (Surat Keterangan)Transkrip nilai IPK min 3.00 D3 FKH, Analis Kesehatan, Kesehatan Hewan, Mikrobiologi dan BiologiDisiplin dan berprestasiPenempatan Malang (lebih diutamakan domisili Malang)Bersedia pelatihan di Surabaya dan Bogor Lamaran ditujukan ke PT IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals dikirimkan atau melalui email : prod-ipbshigeta@centrin.net.id dan bogorshigeta@centrin.net.id selambat-lambatnya 21 Mei 2018.

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)