Skip to main content

Kenapa kucing saya galak?

Dokter-hewan.net - Kucing galak merupakan salah satu problem pemilik hewan kesayangan saat hendak memeriksakan hewannya ke dokter hewan. Kucing biasanya akan menyakar, menggigit bahkan sampai kabur. Kenapa kucing saya galak? Berikut beberapa penyebab kucing anda menjadi galak menurut drh. Habyb Palyoga. 
  • Kucing jarang disentuh
Penyebab pertama adalah kucing yang jarang disentuh. Hal ini menjadikan kucing asing dengan sentuhan termasuk sentuhan manusia. Kenapa kucing menjadi galak? Karena dalam sentuhan tersebut kucing menganggap sentuhan adalah ancaman yang harus diwaspadai. Sehingga hal inilah menjadi dasar kenapa kucing anda menjadi galak. 
  • Kucing kurang bersosialisasi
Penyebab kedua disebabkan kucing jarang bersosialisasi dengan lingkungannya. Misalnya jarang dielus, jarang diajak bermain dengan orang baru, keluarga atau hewan peliharaan lainnya di rumah. Hal ini menjadikan kucing tidak bersosialisasi dengan baik dengan lingkungannya. Kucing hanya mau disentuh oleh pemiliknya namun tidak mau disentuh oleh orang lain, termasuk dokter hewan. 
  • Trauma kepada manusia
Trauma, adalah alasan ketiga yang paling umum. Misalnya saat kecil pernah di grooming dan kukunya luka atau menimbulkan rasa sakitnya. Hingga kucing menjadi trauma dan tidak mau lagi di potong kukunya dan lain sebagainya. Sehingga kucing yang sudah pernah trauma harus direhabilitasi sehingga mindset kucing dapat dirubah sedikit-demi sedikit. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, namun paling tidak mengurangi trauma kucing anda. 
  • Kucing lebih dominan daripada pemilik hewan
Kesalahan manajemen adalah paling umum no 4. Kenapa kucing dapat menjadi dominan? jawabannya karena pemilik hewan selalu mengikuti apa kemauan kucingnya. Ketika kucing berbuat salah, pemilik tidak memberikan punishment atau hukuman sehingga kucing merasa menjadi kepala kawanan atau pemimpin kawanan sehingga dia tidak mau diperintah. Hal ini banyak terjadi kepada pemilik hewan yang terlalu sayang kepada kucingnya. Walaupun kadangkala bagus, namun tentunya hal ini tidak baik jika pemilik hewan yang di kontrol oleh kucingnya. Sayang kepada kucing bukan berarti kita tunduk pada kucing namun tetap memberikan hukuman jika kucing kita melakukan kesalahan agar menunjukkan bahwa kita (pemilik hewan) adalah pemimpin dari kucing. 
  • Sakit
Sakit adalah alasan umum lainnya. Ketika kucing merasakan sakit, mereka akan lebih agresif dan menjadi tidak bersahabat. Hal ini adalah insting alami semua makluk hidup. Ketika sakit dia akan berusaha untuk melawan saat ada orang asing mendekat. Jika hal ini terjadi kepada kucing anda, segera hubungi dokter hewan terdekat. 

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne Pengertian Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo ( blackhead ). Penyebab dari Jerawat Kucing Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik. Gejala jerawat kucing    Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing Dagu kucing terlihat kotor Komedo menyebabkan terjadinya abses Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu. Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.   Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.   Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.   Jerawat kucing dapat muncul pada se

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan