Skip to main content

Kenapa kucing saya galak?

Dokter-hewan.net - Kucing galak merupakan salah satu problem pemilik hewan kesayangan saat hendak memeriksakan hewannya ke dokter hewan. Kucing biasanya akan menyakar, menggigit bahkan sampai kabur. Kenapa kucing saya galak? Berikut beberapa penyebab kucing anda menjadi galak menurut drh. Habyb Palyoga. 
  • Kucing jarang disentuh
Penyebab pertama adalah kucing yang jarang disentuh. Hal ini menjadikan kucing asing dengan sentuhan termasuk sentuhan manusia. Kenapa kucing menjadi galak? Karena dalam sentuhan tersebut kucing menganggap sentuhan adalah ancaman yang harus diwaspadai. Sehingga hal inilah menjadi dasar kenapa kucing anda menjadi galak. 
  • Kucing kurang bersosialisasi
Penyebab kedua disebabkan kucing jarang bersosialisasi dengan lingkungannya. Misalnya jarang dielus, jarang diajak bermain dengan orang baru, keluarga atau hewan peliharaan lainnya di rumah. Hal ini menjadikan kucing tidak bersosialisasi dengan baik dengan lingkungannya. Kucing hanya mau disentuh oleh pemiliknya namun tidak mau disentuh oleh orang lain, termasuk dokter hewan. 
  • Trauma kepada manusia
Trauma, adalah alasan ketiga yang paling umum. Misalnya saat kecil pernah di grooming dan kukunya luka atau menimbulkan rasa sakitnya. Hingga kucing menjadi trauma dan tidak mau lagi di potong kukunya dan lain sebagainya. Sehingga kucing yang sudah pernah trauma harus direhabilitasi sehingga mindset kucing dapat dirubah sedikit-demi sedikit. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, namun paling tidak mengurangi trauma kucing anda. 
  • Kucing lebih dominan daripada pemilik hewan
Kesalahan manajemen adalah paling umum no 4. Kenapa kucing dapat menjadi dominan? jawabannya karena pemilik hewan selalu mengikuti apa kemauan kucingnya. Ketika kucing berbuat salah, pemilik tidak memberikan punishment atau hukuman sehingga kucing merasa menjadi kepala kawanan atau pemimpin kawanan sehingga dia tidak mau diperintah. Hal ini banyak terjadi kepada pemilik hewan yang terlalu sayang kepada kucingnya. Walaupun kadangkala bagus, namun tentunya hal ini tidak baik jika pemilik hewan yang di kontrol oleh kucingnya. Sayang kepada kucing bukan berarti kita tunduk pada kucing namun tetap memberikan hukuman jika kucing kita melakukan kesalahan agar menunjukkan bahwa kita (pemilik hewan) adalah pemimpin dari kucing. 
  • Sakit
Sakit adalah alasan umum lainnya. Ketika kucing merasakan sakit, mereka akan lebih agresif dan menjadi tidak bersahabat. Hal ini adalah insting alami semua makluk hidup. Ketika sakit dia akan berusaha untuk melawan saat ada orang asing mendekat. Jika hal ini terjadi kepada kucing anda, segera hubungi dokter hewan terdekat. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat

Dokter-hewan.net - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB) membuka lowongan dosen dengan persyaratan sebagai berikut : Pria/WanitaFotocopy KTPPas Photo 4x6 Latar Belakang Merah sebanyak 2 lembarFotokopi legalisir ijazah dan transkrip S1 FKHFotokopi legalisir ijazah dan transkrip profesi drh. Fotokopi legalisir ijazah dan transkrip S2 berasak dari FKH/S2 Science VETFotokopi SKDHICVBatas Usia maks 30 TahunSurat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Nusa Tenggara BaratBerkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop coklat dan dikirim ke Fakultas KEdokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat Jl. Tawak-tawak Kr. Sukun Mataram- NTB Info lebih lanjut : drh. Febrina (0878 5470 2136) atau drh. Candra (0857 3593 0665) Paling lambar berkas cap pos tanggal 2 Januari 2018.  Jangan lupa masukan sumber : dokter-hewan.net di surat lamaran ya :) 

Lowongan kerja : Kebun Binatang Ragunan

Dokter-hewan.net - Kebun binatang ragunan membuka lowongan kerja sebagai berikut : Petugas kebersihan (150 orang)Perawat taman dan pohon (80 orang)Petugas Mekanikal Elektrik (30 orang)Petugas penerima tamu (loket dan front office (30 orang)Tenaga keamanan TMR (100 orang)Pengemudi (3 orang)Perawat satwa (60 orang)Petugas pakan satwa (3 orang)Dokter hewan (4 orang)Paramedis (2 orang)Pengolah data pengukuran (1 orang)Petugas penunjang juru ukur (1 orang)Web developer (1 orang)Multimedia (1 orang)Translator (1 orang)Customer relation (4 orang)Petugas perpustakaan (2 orang)  Keterangan lebih lanjut, silahkan klik :  http://ragunanzoo.jakarta.go.id/rekrutmen/
Jangan lupa masukkan dokter-hewan.net sebagai sumber info ya :) 

Lowongan Kerja : Jeje Pet Shop dan Klinik Hewan (Shop Keeper & Paramedis)

Dokter-hewan.net - Jeje Petshop dan Klinik Hewan membuka lowongan untuk karyawan dengan tugas : Menjaga Pet ShopKebersihan KlinikGrooming Hewan (Anjing dan Kucing) Kriteria :  Pria umur maksimal 40 TahunLulusan SMA, domisili Surabaya (diutamakan sekitar wiyungan-kebraon)Jujur, dan bertanggung jawabTidak takut hewanBerkemauan tinggi untuk belajarMau bekerja keras Adapun keutungan antara lain  Gaji pokokuang makandan insentif Jika berminat silahkan kirimkan CV, copy ijazah dan surat lamaran ke :  JEJE PETSHOP dan KLINIK HEWAN Pondok Maritim Indah Blok R-2 Wiyung, Surabaya CP : 0821 4001 7656 (drh. Yanti) 
Jangan lupa dokter-hewan.net di masukkan ke surat lamaran ya :)