Skip to main content

Pertolongan Pertama saat Anjing atau Kucing Diare

Dokter-hewan.net - Diare pada hewan kesayangan memang sering terjadi. Banyak pemilik hewan kesayangan yang mengeluhkan hal tersebut. Baik datang ke klinik dokter hewan, ataupun berdiskusi secara online di akun chat dokter-hewan.net. Lantas? Bagaimana pertolongan pertama jika hewan diare namun terjadi di malam hari? Tidak ada dokter hewan yang buka? Berikut adalah cara pertolongan pertama jika hewan anda mengalami diare : 
  • Puasakan hewan anda selama 24 jam, artinya tidak diberi makanan sampai diarenya berhenti. 
  • Sebagai ganti energi, berikan elektrolite, atau oralite kepada hewan kesayangan anda. Cara membuat oralite adalah 1/2 Liter air hangat ditambah 3 sendok teh gula dan sedikit saja garam. Diaduk dan diberikan kepada kucing dan anjing anda yang sedang diare. 
  • Setelah 24 jam, boleh memberikan makanan namun makanan yang tawar atau tidak berasa secara perlahan-lahan namun dalam jumlah yang sedikit namun dalam tempo yang teratur. Contohnya : ayam rebus (dibuang lemak). 
  • Segera bawa ke dokter hewan terdekat jika gejala diare tidak kunjung berhenti. 
Bagaimana cara pencegahan diare? 
  • Pastikan hewan kesayangan anda sudah diberikan obat cacing dan divaksin secara teratur (cacingan dan penyakit yang disebabkan oleh virus merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab diare). 
  • Jangan mengganti makanan hewan secara mendadak. Jika ingin menukar makanan hewan, lakukan secara perlahan-lahan. Misalnya 75 persen makanan lama + 25 persen makanan baru (hari pertama-ketiga). Hari keempat mulai mencampurkan 50 persen makanan lama + 50 persen makanan baru). Hari ketujuh dapat dikurangi dan begitu seterusnya. 
  • Jangan memberikan makanan manusia untuk hewan kesayangan anda. Makanan yang kita makan, belum tentu dapat dimakan oleh hewan kesayangan anda. 
Jadi begitulah cara pertolongan pertama diare dan cara pencegahannya. Cara ini hanya untuk keadaan emergency atau tidak ada dokter hewan yang buka disaat hewan anda diare. Alangkah baiknya jika hewan anda menunjukkan gejala diare, segera dibawa ke dokter hewan as soon as possible. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)