Skip to main content

Pertolongan Pertama saat Anjing atau Kucing Diare

Dokter-hewan.net - Diare pada hewan kesayangan memang sering terjadi. Banyak pemilik hewan kesayangan yang mengeluhkan hal tersebut. Baik datang ke klinik dokter hewan, ataupun berdiskusi secara online di akun chat dokter-hewan.net. Lantas? Bagaimana pertolongan pertama jika hewan diare namun terjadi di malam hari? Tidak ada dokter hewan yang buka? Berikut adalah cara pertolongan pertama jika hewan anda mengalami diare : 
  • Puasakan hewan anda selama 24 jam, artinya tidak diberi makanan sampai diarenya berhenti. 
  • Sebagai ganti energi, berikan elektrolite, atau oralite kepada hewan kesayangan anda. Cara membuat oralite adalah 1/2 Liter air hangat ditambah 3 sendok teh gula dan sedikit saja garam. Diaduk dan diberikan kepada kucing dan anjing anda yang sedang diare. 
  • Setelah 24 jam, boleh memberikan makanan namun makanan yang tawar atau tidak berasa secara perlahan-lahan namun dalam jumlah yang sedikit namun dalam tempo yang teratur. Contohnya : ayam rebus (dibuang lemak). 
  • Segera bawa ke dokter hewan terdekat jika gejala diare tidak kunjung berhenti. 
Bagaimana cara pencegahan diare? 
  • Pastikan hewan kesayangan anda sudah diberikan obat cacing dan divaksin secara teratur (cacingan dan penyakit yang disebabkan oleh virus merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab diare). 
  • Jangan mengganti makanan hewan secara mendadak. Jika ingin menukar makanan hewan, lakukan secara perlahan-lahan. Misalnya 75 persen makanan lama + 25 persen makanan baru (hari pertama-ketiga). Hari keempat mulai mencampurkan 50 persen makanan lama + 50 persen makanan baru). Hari ketujuh dapat dikurangi dan begitu seterusnya. 
  • Jangan memberikan makanan manusia untuk hewan kesayangan anda. Makanan yang kita makan, belum tentu dapat dimakan oleh hewan kesayangan anda. 
Jadi begitulah cara pertolongan pertama diare dan cara pencegahannya. Cara ini hanya untuk keadaan emergency atau tidak ada dokter hewan yang buka disaat hewan anda diare. Alangkah baiknya jika hewan anda menunjukkan gejala diare, segera dibawa ke dokter hewan as soon as possible. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…