Skip to main content

Pertolongan Pertama saat Anjing atau Kucing Diare

Dokter-hewan.net - Diare pada hewan kesayangan memang sering terjadi. Banyak pemilik hewan kesayangan yang mengeluhkan hal tersebut. Baik datang ke klinik dokter hewan, ataupun berdiskusi secara online di akun chat dokter-hewan.net. Lantas? Bagaimana pertolongan pertama jika hewan diare namun terjadi di malam hari? Tidak ada dokter hewan yang buka? Berikut adalah cara pertolongan pertama jika hewan anda mengalami diare : 
  • Puasakan hewan anda selama 24 jam, artinya tidak diberi makanan sampai diarenya berhenti. 
  • Sebagai ganti energi, berikan elektrolite, atau oralite kepada hewan kesayangan anda. Cara membuat oralite adalah 1/2 Liter air hangat ditambah 3 sendok teh gula dan sedikit saja garam. Diaduk dan diberikan kepada kucing dan anjing anda yang sedang diare. 
  • Setelah 24 jam, boleh memberikan makanan namun makanan yang tawar atau tidak berasa secara perlahan-lahan namun dalam jumlah yang sedikit namun dalam tempo yang teratur. Contohnya : ayam rebus (dibuang lemak). 
  • Segera bawa ke dokter hewan terdekat jika gejala diare tidak kunjung berhenti. 
Bagaimana cara pencegahan diare? 
  • Pastikan hewan kesayangan anda sudah diberikan obat cacing dan divaksin secara teratur (cacingan dan penyakit yang disebabkan oleh virus merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab diare). 
  • Jangan mengganti makanan hewan secara mendadak. Jika ingin menukar makanan hewan, lakukan secara perlahan-lahan. Misalnya 75 persen makanan lama + 25 persen makanan baru (hari pertama-ketiga). Hari keempat mulai mencampurkan 50 persen makanan lama + 50 persen makanan baru). Hari ketujuh dapat dikurangi dan begitu seterusnya. 
  • Jangan memberikan makanan manusia untuk hewan kesayangan anda. Makanan yang kita makan, belum tentu dapat dimakan oleh hewan kesayangan anda. 
Jadi begitulah cara pertolongan pertama diare dan cara pencegahannya. Cara ini hanya untuk keadaan emergency atau tidak ada dokter hewan yang buka disaat hewan anda diare. Alangkah baiknya jika hewan anda menunjukkan gejala diare, segera dibawa ke dokter hewan as soon as possible. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Pendidikan IPB

Dokter-hewan.net - Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Institute Pertanian Bogor (IPB) membuka lowongan kerja untuk dokter hewan. Adapun kriteria yang diminta sebagai berikut : Profesi Dokter HewanPria/WanitaUsia Maksimal 27 Tahun Domisili JABODETABEKDapat bekerja dalam team. Jika berminat, CV, Transkrip dan surat lamaran dapat dikirim ke rshpfkh@gmail.com dengan subject : Lamaran Drh RSHP.  Maksimal pendaftaran 26 Desember 2017 Informasi : (+62)251 8425503

Lowongan Kerja : Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat

Dokter-hewan.net - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB) membuka lowongan dosen dengan persyaratan sebagai berikut : Pria/WanitaFotocopy KTPPas Photo 4x6 Latar Belakang Merah sebanyak 2 lembarFotokopi legalisir ijazah dan transkrip S1 FKHFotokopi legalisir ijazah dan transkrip profesi drh. Fotokopi legalisir ijazah dan transkrip S2 berasak dari FKH/S2 Science VETFotokopi SKDHICVBatas Usia maks 30 TahunSurat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Nusa Tenggara BaratBerkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop coklat dan dikirim ke Fakultas KEdokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat Jl. Tawak-tawak Kr. Sukun Mataram- NTB Info lebih lanjut : drh. Febrina (0878 5470 2136) atau drh. Candra (0857 3593 0665) Paling lambar berkas cap pos tanggal 2 Januari 2018.  Jangan lupa masukan sumber : dokter-hewan.net di surat lamaran ya :) 

Lowongan kerja : Kebun Binatang Ragunan

Dokter-hewan.net - Kebun binatang ragunan membuka lowongan kerja sebagai berikut : Petugas kebersihan (150 orang)Perawat taman dan pohon (80 orang)Petugas Mekanikal Elektrik (30 orang)Petugas penerima tamu (loket dan front office (30 orang)Tenaga keamanan TMR (100 orang)Pengemudi (3 orang)Perawat satwa (60 orang)Petugas pakan satwa (3 orang)Dokter hewan (4 orang)Paramedis (2 orang)Pengolah data pengukuran (1 orang)Petugas penunjang juru ukur (1 orang)Web developer (1 orang)Multimedia (1 orang)Translator (1 orang)Customer relation (4 orang)Petugas perpustakaan (2 orang)  Keterangan lebih lanjut, silahkan klik :  http://ragunanzoo.jakarta.go.id/rekrutmen/
Jangan lupa masukkan dokter-hewan.net sebagai sumber info ya :)