Skip to main content

Bahaya! Menarik Ekor Hewan dapat Menyebabkan Gangguan Syaraf

Dokter-hewan.net - Ekor hewan merupakan bagian akhir dari tulang punggung (veterbrae). Ekor pada umumnya terdiri dari 23 bagian dari veterbrae yang di selubungi oleh otot-otot untuk membantunya bekerja. Pada hewan, ekor berfungsi sebagai titik keseimbangan pada saat mereka berjalan maupun berlarian. 

Hewan memiliki variasi pada ekornya, ada yang lurus, ada yang bengkok dan ada juga yang pendek, baik akibat tail docking (dipotong) ataupun karena bawaan genetik. Namun, penarikan ekor pada hewan kesayangan, baik itu sengaja (bersenang-senang) maupun tidak sengaja sebaiknya dihindarkan karena dapat berakibat kepada gangguan syaraf. 

Ekor merupakan bagian dari syaraf pusat, sebagaimana kita ketahui syaraf pusat terdiri dari otak dan tulang punggung (veterbrae). Ketika sistem syaraf pusat terganggu kerjanya, maka organ-organ yang bekerja di bawahnya akan terganggu juga. 

Penarikan ekor hewan secara keras akan mengakibatkan perubahan posisi pertulangan punggung, sehingga dapat memicu terjepitnya syaraf yang ada di dalamnya. Hal ini akan berakibat terganggunya keseimbangan maupun dapat menyebabkan terganggunya sistem syaraf di dekatnya. Hal yang umum terjadi saat penarikan ekor adalah ekor menjadi paralisis (tidak dapat bergerak), tidak bisa urinasi (kencing) dan tidak bisa defekasi (pup). Tentunya penanganan penyakit syaraf akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. 

Apakah anda pernah menarik ekor hewannya? Apakah akan segera berhenti? 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…