Skip to main content

Penggunaan termometer digital

dokter-hewan.net Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh mengalami peningkatan. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang mengalami infeksi akibat virus, bakteri dan parasit. Namun, ketika pemilik melihat anjing atau kucingnya melihat aktifitas berkurang, nafsu makan turun akan khawatir.

Sediakan termometer khusus buat anjing atau kucing anda, termometer ini dapa membantu mengetahui apakah anjing dan kucing dalam keadaan demam atau tidak. Suhu normal anjing dan kucing 37,5°C - 39,5°C. Ketika suhu lebih dari 40°C dapat mendadak pingsan (heat stroke).

Langkah sederhana penggunaan termometer digital :
  • Bersihkan termometer, dapat menggunakan kapas alkohol
  • Pegang kucing/anjing anda agar dalam posisi yang nyaman
  • Masukkan termometer ke dalam anus kucing/anjing
  • Tahan hingga termometer berbunyi
  • Ambil termometer, kemudian baca angka pada layar
  • Bersihkan termometer kembali.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

dokter-hewan.net Fever is a conditon when the body termperature has increased. fever is part of immune process that is experiencing infection due to viruses, bacteria and parasites. However, when the owner sees his dog or cat seeing reduced activity will feel worry.

Provide a special thermometer for your cat or dog, this thermometer can hep determine if the dog or cat are fever or not. The normal termperature of dogs and cats is 37.5°C - 39.5°C. when the temperature is over 40°C suddenly pass out (heat stroke)

Simple Steps of using a digital thermometer :

  • Clean the thermometer, can use cotton alcohol
  • Handling your cat / dog to be in a comfort position.
  • Insert the thermometer into the cat / dog's rectal
  • Hold until the thermometer beep, then read on screen
  • Clean the thermometer again

Comments

  1. Saya mau tanya dok kalo kucing lg mencret karna cacingan boleh d kah makanan basah ga? Soalnya saya binggung ngsh obatnya tkt d muntahin.. Tdnya mau d campur ke makanan basah, apa boleh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja boleh, silahkan berikan obatnya dengan wet food. :)

      Delete
  2. Hallo dok mau tanya kalo kucing mencret karna cacingan boleh d ksh makanan basah? Krna mau ngsh obatnya binggung takut d muntahin jd mau d campur kemakanan basah apa boleh?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna. Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata. Pengobatan

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan