Skip to main content

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya. 
Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 

Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 

Seperti halnya pada manusia, ketika hewan terekspos dengan alkohol, maka tubuh akan menjadi depresi (depresi sistem syaraf), efek yang sama dirasakan manusia saat minum alkohol. Kemudian hewan akan bergerak lambat, lunglai, bahkan kehilangan keseimbangannya. Ketika mereka terminum alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi, nervous sistemnya akan melambat yang akan berefek kepada melemahnya sistem pernafasan serta menurunkan detak jantung serta hal ini akan berdampak pada turunnya temperatur tumbuh hewan. Darah hewan kemudian akan menjadi asam atau biasa disebut metabolic acidosis. Pada kondisi seperti ini, jika hewan tidak ditolong dengan pertolongan medis, hewan akan mati karena terjadinya kegagalan fungsi jantung. Jika hewan masih bertahan hidup, alkohol akan merusak organ lainnya seperti ginjal dan hati. Artinya, penyakit yang sejalur akan berdatangan dan kualitas hidup hewan akan menurun setiap waktu. 

Apa yang harus dilakukan jika hewan anda tertelan alkohol tidak sengaja? 
Pertama lihat gejalanya, misalnya hewan berbau alkohol, tidak seimbang, tidak dapat berjalan seperti normal dan sebagainya. Biasanya gejala akan muncul 2 jam setelah minum alkohol. Jika hewan anda sudah dalam kondisi ini, segera di bawa ke dokter hewan terdekat, agar diberikan bantuan atau pertolongan sesuai gejala hewan yang anda bawa. 

PLEASE THINK BEFORE ACT! 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)