Skip to main content

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya. 
Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 

Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 

Seperti halnya pada manusia, ketika hewan terekspos dengan alkohol, maka tubuh akan menjadi depresi (depresi sistem syaraf), efek yang sama dirasakan manusia saat minum alkohol. Kemudian hewan akan bergerak lambat, lunglai, bahkan kehilangan keseimbangannya. Ketika mereka terminum alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi, nervous sistemnya akan melambat yang akan berefek kepada melemahnya sistem pernafasan serta menurunkan detak jantung serta hal ini akan berdampak pada turunnya temperatur tumbuh hewan. Darah hewan kemudian akan menjadi asam atau biasa disebut metabolic acidosis. Pada kondisi seperti ini, jika hewan tidak ditolong dengan pertolongan medis, hewan akan mati karena terjadinya kegagalan fungsi jantung. Jika hewan masih bertahan hidup, alkohol akan merusak organ lainnya seperti ginjal dan hati. Artinya, penyakit yang sejalur akan berdatangan dan kualitas hidup hewan akan menurun setiap waktu. 

Apa yang harus dilakukan jika hewan anda tertelan alkohol tidak sengaja? 
Pertama lihat gejalanya, misalnya hewan berbau alkohol, tidak seimbang, tidak dapat berjalan seperti normal dan sebagainya. Biasanya gejala akan muncul 2 jam setelah minum alkohol. Jika hewan anda sudah dalam kondisi ini, segera di bawa ke dokter hewan terdekat, agar diberikan bantuan atau pertolongan sesuai gejala hewan yang anda bawa. 

PLEASE THINK BEFORE ACT! 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat

Dokter-hewan.net - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB) membuka lowongan dosen dengan persyaratan sebagai berikut : Pria/WanitaFotocopy KTPPas Photo 4x6 Latar Belakang Merah sebanyak 2 lembarFotokopi legalisir ijazah dan transkrip S1 FKHFotokopi legalisir ijazah dan transkrip profesi drh. Fotokopi legalisir ijazah dan transkrip S2 berasak dari FKH/S2 Science VETFotokopi SKDHICVBatas Usia maks 30 TahunSurat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Nusa Tenggara BaratBerkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop coklat dan dikirim ke Fakultas KEdokteran Hewan Universitas Nusa Tenggara Barat Jl. Tawak-tawak Kr. Sukun Mataram- NTB Info lebih lanjut : drh. Febrina (0878 5470 2136) atau drh. Candra (0857 3593 0665) Paling lambar berkas cap pos tanggal 2 Januari 2018.  Jangan lupa masukan sumber : dokter-hewan.net di surat lamaran ya :) 

Lowongan kerja : Kebun Binatang Ragunan

Dokter-hewan.net - Kebun binatang ragunan membuka lowongan kerja sebagai berikut : Petugas kebersihan (150 orang)Perawat taman dan pohon (80 orang)Petugas Mekanikal Elektrik (30 orang)Petugas penerima tamu (loket dan front office (30 orang)Tenaga keamanan TMR (100 orang)Pengemudi (3 orang)Perawat satwa (60 orang)Petugas pakan satwa (3 orang)Dokter hewan (4 orang)Paramedis (2 orang)Pengolah data pengukuran (1 orang)Petugas penunjang juru ukur (1 orang)Web developer (1 orang)Multimedia (1 orang)Translator (1 orang)Customer relation (4 orang)Petugas perpustakaan (2 orang)  Keterangan lebih lanjut, silahkan klik :  http://ragunanzoo.jakarta.go.id/rekrutmen/
Jangan lupa masukkan dokter-hewan.net sebagai sumber info ya :) 

Lowongan Kerja : Jeje Pet Shop dan Klinik Hewan (Shop Keeper & Paramedis)

Dokter-hewan.net - Jeje Petshop dan Klinik Hewan membuka lowongan untuk karyawan dengan tugas : Menjaga Pet ShopKebersihan KlinikGrooming Hewan (Anjing dan Kucing) Kriteria :  Pria umur maksimal 40 TahunLulusan SMA, domisili Surabaya (diutamakan sekitar wiyungan-kebraon)Jujur, dan bertanggung jawabTidak takut hewanBerkemauan tinggi untuk belajarMau bekerja keras Adapun keutungan antara lain  Gaji pokokuang makandan insentif Jika berminat silahkan kirimkan CV, copy ijazah dan surat lamaran ke :  JEJE PETSHOP dan KLINIK HEWAN Pondok Maritim Indah Blok R-2 Wiyung, Surabaya CP : 0821 4001 7656 (drh. Yanti) 
Jangan lupa dokter-hewan.net di masukkan ke surat lamaran ya :)