Skip to main content

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya. 
Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 

Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 

Seperti halnya pada manusia, ketika hewan terekspos dengan alkohol, maka tubuh akan menjadi depresi (depresi sistem syaraf), efek yang sama dirasakan manusia saat minum alkohol. Kemudian hewan akan bergerak lambat, lunglai, bahkan kehilangan keseimbangannya. Ketika mereka terminum alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi, nervous sistemnya akan melambat yang akan berefek kepada melemahnya sistem pernafasan serta menurunkan detak jantung serta hal ini akan berdampak pada turunnya temperatur tumbuh hewan. Darah hewan kemudian akan menjadi asam atau biasa disebut metabolic acidosis. Pada kondisi seperti ini, jika hewan tidak ditolong dengan pertolongan medis, hewan akan mati karena terjadinya kegagalan fungsi jantung. Jika hewan masih bertahan hidup, alkohol akan merusak organ lainnya seperti ginjal dan hati. Artinya, penyakit yang sejalur akan berdatangan dan kualitas hidup hewan akan menurun setiap waktu. 

Apa yang harus dilakukan jika hewan anda tertelan alkohol tidak sengaja? 
Pertama lihat gejalanya, misalnya hewan berbau alkohol, tidak seimbang, tidak dapat berjalan seperti normal dan sebagainya. Biasanya gejala akan muncul 2 jam setelah minum alkohol. Jika hewan anda sudah dalam kondisi ini, segera di bawa ke dokter hewan terdekat, agar diberikan bantuan atau pertolongan sesuai gejala hewan yang anda bawa. 

PLEASE THINK BEFORE ACT! 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Paramedik Smart Pets

Dokter-hewan.net - Kami sedang mencari asisten dokter hewan/paramedik dengan syarat sebagai berikut : Penyayang hewan dan tidak takut dengan hewan (terutama kucing dan anjing)Diutamakan pria berusia 20 - 35 TahunBisa bekerja dalam teamJujur dan disiplinMau bekerja keras dan ikhlas, kerja kasare dan kotor, tidak gengsian, berani capek, mau disuruh-suruh, tidak jijik dengan kotoran hewan, darah dan benda-benda menjijikkan lainnya. Rela menerima gaji besar dan manfaat lainnya.  Kalau anda memenuhi persyaratan di atas silahkan kirimkan lamaran dan pengalaman kerja melalui email : smartpets2009@gmail.com
atau kirim langsung ke 
Smart Pets Jl. Raya Jatiwaringin 143 Pondok Gede Bekasi 17411 Up. Arif
Terima kasih

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi membuka lowongan kerja untuk posisi Dokter Hewan LABORATORIUM.

Ketentuannya adalah sebagai berikut:
-Lulusan baru/ koas yang sedang menunggu ujian akhir
-Dapat bekerja sama dalam tim
-Memiliki passion untuk menjadi dokter hewan laboratorium

Apabila Anda berminat, silahkan mengirimkan lamaran kerja ke email: info@pdhbvet.com. Lamaran kerja ditunggu paling lambat 28 Oktober 2018.

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id