Skip to main content

Ternyata, transplantasi kepala pertama dilakukan pada hewan anjing

Dokter-hewan.net - Dunia kedokteran dihebohkan dengan operasi transplantasi kepala yang dilakukan oleh ahli bedah saraf Italia, Dr. Sergio Canavero. Beliau melakukan transplantasi kepala pertama pada manusia, yaitu memindahkan kepala dari satu tubuh ke tubuh pendonor. Namun, tahukah anda, ternyata transplantasi kepala pertama kali dilakukan pada hewan anjing dan hewan tersebut hidup dan mampu menggunakan inderanya, baik untuk melihat, mendengar, mencium bahkan mengecap. 

Vladimir Demikhov, seorang ilmuan Rusia yang lahir pada tanggal 18 Juli 1916. Selain menjadi ilmuan, beliau juga sebagai pioner dari transplantasi organ di dunia. Selain melakukan transplantasi kepala, beliau juga melakukan beberapa transplantasi pada tahun 1930 - 1950, antara lain transplantasi jantung, transplantasi jantung-paru pada hewan, transplantasi kepala anjing bahkan beliau juga pernah melakukan transplantasi gila, yaitu menyambungkan 2 kepala anjing dalam satu tubuh anjing. 
Sederhananya, transplantasi organ ini adalah memindahkan organ dari satu individu dengan individu yang lainnya. Pemindahan itu diikuti dengan penyambungan pembuluh darah arteri, vena, syaraf, dan lain sebagainya. Walaupun menurut teorinya mudah, namun saat dilakukan pada kenyataannya membutuhkan peralatan yang sangat maju dan jam terbang pembedahan yang harus tinggi. 

Berikut adalah video reaksi anjing setelah dilakukan transplantasi kepala : 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Paramedik Smart Pets

Dokter-hewan.net - Kami sedang mencari asisten dokter hewan/paramedik dengan syarat sebagai berikut : Penyayang hewan dan tidak takut dengan hewan (terutama kucing dan anjing)Diutamakan pria berusia 20 - 35 TahunBisa bekerja dalam teamJujur dan disiplinMau bekerja keras dan ikhlas, kerja kasare dan kotor, tidak gengsian, berani capek, mau disuruh-suruh, tidak jijik dengan kotoran hewan, darah dan benda-benda menjijikkan lainnya. Rela menerima gaji besar dan manfaat lainnya.  Kalau anda memenuhi persyaratan di atas silahkan kirimkan lamaran dan pengalaman kerja melalui email : smartpets2009@gmail.com
atau kirim langsung ke 
Smart Pets Jl. Raya Jatiwaringin 143 Pondok Gede Bekasi 17411 Up. Arif
Terima kasih

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi membuka lowongan kerja untuk posisi Dokter Hewan LABORATORIUM.

Ketentuannya adalah sebagai berikut:
-Lulusan baru/ koas yang sedang menunggu ujian akhir
-Dapat bekerja sama dalam tim
-Memiliki passion untuk menjadi dokter hewan laboratorium

Apabila Anda berminat, silahkan mengirimkan lamaran kerja ke email: info@pdhbvet.com. Lamaran kerja ditunggu paling lambat 28 Oktober 2018.

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id