Skip to main content

Ternyata, transplantasi kepala pertama dilakukan pada hewan anjing

Dokter-hewan.net - Dunia kedokteran dihebohkan dengan operasi transplantasi kepala yang dilakukan oleh ahli bedah saraf Italia, Dr. Sergio Canavero. Beliau melakukan transplantasi kepala pertama pada manusia, yaitu memindahkan kepala dari satu tubuh ke tubuh pendonor. Namun, tahukah anda, ternyata transplantasi kepala pertama kali dilakukan pada hewan anjing dan hewan tersebut hidup dan mampu menggunakan inderanya, baik untuk melihat, mendengar, mencium bahkan mengecap. 

Vladimir Demikhov, seorang ilmuan Rusia yang lahir pada tanggal 18 Juli 1916. Selain menjadi ilmuan, beliau juga sebagai pioner dari transplantasi organ di dunia. Selain melakukan transplantasi kepala, beliau juga melakukan beberapa transplantasi pada tahun 1930 - 1950, antara lain transplantasi jantung, transplantasi jantung-paru pada hewan, transplantasi kepala anjing bahkan beliau juga pernah melakukan transplantasi gila, yaitu menyambungkan 2 kepala anjing dalam satu tubuh anjing. 
Sederhananya, transplantasi organ ini adalah memindahkan organ dari satu individu dengan individu yang lainnya. Pemindahan itu diikuti dengan penyambungan pembuluh darah arteri, vena, syaraf, dan lain sebagainya. Walaupun menurut teorinya mudah, namun saat dilakukan pada kenyataannya membutuhkan peralatan yang sangat maju dan jam terbang pembedahan yang harus tinggi. 

Berikut adalah video reaksi anjing setelah dilakukan transplantasi kepala : 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : MADE Pets Care

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan dokter hewan praktisi di daerah Depok Cinere dan Pamulang.  Kriteria :  Drh. atau PPDH yang akan mengambil sumpah Drh. JujurMemiliki keinginan tinggi untuk belajar dan menambah skill praktisiDapat berkomunikasi dengan baikMemiliki passion/minat menjadi dokter hewan praktisiPenawaran gaji menarik Segera kirimkan CV dan lamaran MADE Pets Care. Informasi dapat menghubungi Drh. Made Widiadnya 085778760076.  Terima kasih.