Skip to main content

7 Tindakan baik Petlover, Namun menyiksa hewan!

Dokter-hewan.net – Petlover atau pecinta hewan merupakan malaikat tak bersayap yang sangat mencintai hewan-hewan. Namun, saking sayangnya, petlover sering lupa bahwa tindakannya sudah terlalu berlebihan, bukannya menolong hewan malahan tindakan tersebut menyebabkan hewan tersiksa. Apa saja 7 tindakan tersebut? Berikut menurut dokter-hewan.net :
  • Makan terlalu banyak

Pecinta hewan biasanya tidak bisa menolak permintaan hewannya, terutama saat mereka lapar. Hewan biasanya memberikan kode kepada pemiliknya untuk diberikan makanan lebih banyak, dan banyak lagi. Akhirnya kucing akan gendut dan akhirnya kelebihan berat badan malahan obesitas. Tahukah kamu, obesitas akan mengundang banyak penyakit seperti sakit jantung, diabetes dan kawan kawannya. Jika kamu saying kucingmu, sebaiknya atur porsi makannya dan berikan jadwal makan yang teratur.
  • Tidak vaksin dan deworming

Vaksin dan deworming (obat cacing) yang teratur merupakan salah satu cara untuk mencegah hewan agar terhindar dari penyakit. Namun banyak juga pecinta hewan yang tidak tega melakukan hal ini dengan berbagai alasan, antara lain : takut hewannya demam, takut memberikan obat, takut hewannya stress dan sebagainya. Jika anda termasuk orang yang belum melakukan vaksinasi kepada hewannya, sebaiknya disegerakan! Sebelum terlambat.
  • Memberikan multivitamin terlalu banyak

Multivitamin memang baik untuk hewan, namun dalam kondisi berlebihan akan menyebabkan hewan sakit. Biasanya gejala yang muncul adalah hewan tidak mau makan, muntah, diare dan lain-lain. Jika anda membeli multivitamin, sebaiknya bawa multivitamin tersebut ke dokter hewan langganan anda, dan konsultasikan berapa banyak multivitamin yang bisa anda berikan untuk hewan kesayangan anda. 
  •  Saat masa birahi & libido, hewan tidak dikawinkan

Kesejahteraan hewan mengatakan “hewan bebas mengekspresikan perilaku alaminya”, salah satu contoh perilaku alami adalah kawin. Jika anda termasuk orang yang mengurung hewannya saat masa kawin, anda adalah salah satu orang yang menyiksa hewannya sendiri. Jika anda tidak mau kucing anda beranak dan beranak lagi, sebaiknya kebiri hewan tersebut. Selain untuk mensejahterakan hewan juga membantu relawan kucing untuk mengontrol populasi kucing yang ada di jalanan.
  •  Memelihara terlalu banyak hewan dalam satu rumah

Pecinta hewan memiliki mimpi yang besar, salah satunya adalah memiliki hewan yang banyak di dalam rumahnya. Jika anda salah satu orang yang bermimpi seperti itu, sebaiknya segera urungkan niat anda. Terlalu banyak hewan di rumah membuat mereka merasa tidak nyaman, tertekan dan tersiksa. Jumlah ini tentunya harus dibandingkan dengan luas ruangan untuk mereka tinggal. Untuk mengetahui berapa jumlah ruangan ideal untuk hewan anda, segera temui dokter hewan langganan anda.
  •  Memberi makanan manusia ke hewan

Cinta itu buta, itulah kata pujangga. Begitu juga dengan petlover, karena saking cintanya, sering sekali petlover memberikan makanan yang dimakanannya kepada hewan kesayangannya. Perilaku buruk ini sebenarnya dapat membahayakan hewan kesayangan anda, pertama, hewan kemungkinan besar dapat keracunan atau mengalami diare dan muntah, dan kedua adalah hewan menjadi tidak sopan. Artinya saat ada tamu di rumah, dan makan di rumah anda, karena sudah terbiasa makan bersama tuannya, hewan tersebut biasanya naik ke meja makan dan merebut makanan tamu tsb. Perilaku ini membuat tamu dan pemilik hewan tidak nyaman bukan? Dan itu bukanlah kesalahan hewan, namun kesalahan pemiliknya yang mengajarkannya.
  • Menjadi pengikut hewan

Hewan adalah makluk yang kuat instingnya. Saat mereka tidak ada yang memimpin, mereka akan menjadi pemimpin untuk kaumnya. Petlover kebanyakan akan menjadi pengikut hewannya, yaitu saat hewannya lapar, kemudian hewan tersebut meminta pemiliknya untuk menyediakan makanan, maka pemiliknyapun menyediakan makanan dengan alasan kasian dsb. Padahal menurut hewan, pemilik hewan melakukannya karena dia adalah pengikutnya. Jadi, kalianlah yang harus mengontrol mereka, berikan mereka tanda bahwa anda adalah pemimpin dari kaum anda sendiri.

Itulah 7 tindakan baik namun salah dimata hewan. Apakah anda salah satu di antara mereka? Atau ada teman anda yang seperti itu? Share artikel ini kepada mereka agar mereka sadar akan kesalahan tersebut. Dadah! 

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna. Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata. Pengobatan

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne Pengertian Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo ( blackhead ). Penyebab dari Jerawat Kucing Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik. Gejala jerawat kucing    Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing Dagu kucing terlihat kotor Komedo menyebabkan terjadinya abses Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu. Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.   Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.   Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.   Jerawat kucing dapat muncul pada se