Skip to main content

7 Tindakan baik Petlover, Namun menyiksa hewan!

Dokter-hewan.net – Petlover atau pecinta hewan merupakan malaikat tak bersayap yang sangat mencintai hewan-hewan. Namun, saking sayangnya, petlover sering lupa bahwa tindakannya sudah terlalu berlebihan, bukannya menolong hewan malahan tindakan tersebut menyebabkan hewan tersiksa. Apa saja 7 tindakan tersebut? Berikut menurut dokter-hewan.net :
  • Makan terlalu banyak

Pecinta hewan biasanya tidak bisa menolak permintaan hewannya, terutama saat mereka lapar. Hewan biasanya memberikan kode kepada pemiliknya untuk diberikan makanan lebih banyak, dan banyak lagi. Akhirnya kucing akan gendut dan akhirnya kelebihan berat badan malahan obesitas. Tahukah kamu, obesitas akan mengundang banyak penyakit seperti sakit jantung, diabetes dan kawan kawannya. Jika kamu saying kucingmu, sebaiknya atur porsi makannya dan berikan jadwal makan yang teratur.
  • Tidak vaksin dan deworming

Vaksin dan deworming (obat cacing) yang teratur merupakan salah satu cara untuk mencegah hewan agar terhindar dari penyakit. Namun banyak juga pecinta hewan yang tidak tega melakukan hal ini dengan berbagai alasan, antara lain : takut hewannya demam, takut memberikan obat, takut hewannya stress dan sebagainya. Jika anda termasuk orang yang belum melakukan vaksinasi kepada hewannya, sebaiknya disegerakan! Sebelum terlambat.
  • Memberikan multivitamin terlalu banyak

Multivitamin memang baik untuk hewan, namun dalam kondisi berlebihan akan menyebabkan hewan sakit. Biasanya gejala yang muncul adalah hewan tidak mau makan, muntah, diare dan lain-lain. Jika anda membeli multivitamin, sebaiknya bawa multivitamin tersebut ke dokter hewan langganan anda, dan konsultasikan berapa banyak multivitamin yang bisa anda berikan untuk hewan kesayangan anda. 
  •  Saat masa birahi & libido, hewan tidak dikawinkan

Kesejahteraan hewan mengatakan “hewan bebas mengekspresikan perilaku alaminya”, salah satu contoh perilaku alami adalah kawin. Jika anda termasuk orang yang mengurung hewannya saat masa kawin, anda adalah salah satu orang yang menyiksa hewannya sendiri. Jika anda tidak mau kucing anda beranak dan beranak lagi, sebaiknya kebiri hewan tersebut. Selain untuk mensejahterakan hewan juga membantu relawan kucing untuk mengontrol populasi kucing yang ada di jalanan.
  •  Memelihara terlalu banyak hewan dalam satu rumah

Pecinta hewan memiliki mimpi yang besar, salah satunya adalah memiliki hewan yang banyak di dalam rumahnya. Jika anda salah satu orang yang bermimpi seperti itu, sebaiknya segera urungkan niat anda. Terlalu banyak hewan di rumah membuat mereka merasa tidak nyaman, tertekan dan tersiksa. Jumlah ini tentunya harus dibandingkan dengan luas ruangan untuk mereka tinggal. Untuk mengetahui berapa jumlah ruangan ideal untuk hewan anda, segera temui dokter hewan langganan anda.
  •  Memberi makanan manusia ke hewan

Cinta itu buta, itulah kata pujangga. Begitu juga dengan petlover, karena saking cintanya, sering sekali petlover memberikan makanan yang dimakanannya kepada hewan kesayangannya. Perilaku buruk ini sebenarnya dapat membahayakan hewan kesayangan anda, pertama, hewan kemungkinan besar dapat keracunan atau mengalami diare dan muntah, dan kedua adalah hewan menjadi tidak sopan. Artinya saat ada tamu di rumah, dan makan di rumah anda, karena sudah terbiasa makan bersama tuannya, hewan tersebut biasanya naik ke meja makan dan merebut makanan tamu tsb. Perilaku ini membuat tamu dan pemilik hewan tidak nyaman bukan? Dan itu bukanlah kesalahan hewan, namun kesalahan pemiliknya yang mengajarkannya.
  • Menjadi pengikut hewan

Hewan adalah makluk yang kuat instingnya. Saat mereka tidak ada yang memimpin, mereka akan menjadi pemimpin untuk kaumnya. Petlover kebanyakan akan menjadi pengikut hewannya, yaitu saat hewannya lapar, kemudian hewan tersebut meminta pemiliknya untuk menyediakan makanan, maka pemiliknyapun menyediakan makanan dengan alasan kasian dsb. Padahal menurut hewan, pemilik hewan melakukannya karena dia adalah pengikutnya. Jadi, kalianlah yang harus mengontrol mereka, berikan mereka tanda bahwa anda adalah pemimpin dari kaum anda sendiri.

Itulah 7 tindakan baik namun salah dimata hewan. Apakah anda salah satu di antara mereka? Atau ada teman anda yang seperti itu? Share artikel ini kepada mereka agar mereka sadar akan kesalahan tersebut. Dadah! 

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Mata Kucingmu mengeluarkan membran putih? Berikut 5 Alasannya.

Dokter-hewan.net - Mata kucing yang cerah dan bersih merupakan ciri kucing yang sehat, namun jika ada yang aneh terlihat disana bisa saja menjadi gejala penyakit tertentu, termasuk munculnya selaput putih pada bagian mata. Namun, tahukah kamu banyak sekali penyebab selaput putih mata kucing keluar? Selaput mata kucing yang berwarna putih itu disebut membran niktitan, yaitu salah satu selaput pada mata kucing yang bertugas untuk melindungi mata kucing. Pada kondisi sehat, membran niktitan ini tidak akan terlihat kecuali dilakukan penekanan pada sisi mata, namun jikalau muncul berarti ada sesuatu hal yang tidak normal terjadi pada hewan. Jadi, kenapa sih membran niktitan itu keluar? Berikut 5 alasannya : 1. Infeksi Mata Membran niktitan terdapat pada bagian mata, sehingga jika membran itu keluar secara tidak normal hal yang paling mungkin terjadi yaitu adanya infeksi pada mata sehingga memaksa membran niktitan ini keluar bahkan pada suatu kondisi akan berwarna merah serta dii