Skip to main content

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Adopsi Anjing

Dokter-hewan.net - Adopsi anjing yang lucu dan menggemaskan memang impian pecinta anjing diseluruh dunia ini. Anak anjing yang lucu dan menggemaskan akan membuat luluh hati semua orang. Namun, hal ini membuat kita semua gelap mata dan ingin segera membawa anak anjing tersebut pulang tanpa mengindahkan beberapa faktor yang penting bagi kesehatannya. Terutama bagi kamu yang adopsi anjing dari breeder, jangan pernah adopsi anjing yang belum lengkap masa menyusuinya dan belum diberikan vaksinasi! Selain membahayakan kesehatan anak anjing juga sangat tidak baik untuk pertumbuhan mereka nantinya. Jadi berikut 5 hal yang harus diperhatikan!

Vaksinasi
Anak anjing yang akan dipisah dari induknya harus mendapatkan vaksinasi pertamanya terlebih dahulu, agar nantinya mereka memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik saat sudah berpisah dari induknya. Sehingga penyakit-penyakit yang membahayakan anak anjing dapat dihindari dan dijauhi nantinya. Dan jangan pernah mau menerima anak anjing jika vaksinnya hanya dengan lisan, atau tidak ada bukti kartu vaksinnya. Vaksin yang sah memiliki bukti kartu vaksin, label vaksin, tanda tangan dokter hewan serta stamp dokter hewan atau klinik di dalamnya. Jika kalian hanya menemukan label vaksin tanpa ada stamp dan tanda tangan dokter hewannya, kalian harus mencurigai kelegalannya.

Namun, jika kalian adopsi anjint dari jalanan atau stray dog, alangkah baiknya anjing di karantinakan dulu dan lakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut sebelum membawanya ke rumahmu.

Parasite control
Pencegahan parasit sama pentingnya dengan vaksinasi. Parasit pada anjing akan menyebabkan malnutrisi, terinfeksi penyakit lain bahkan dapat menimbulkan kematian. Jadi pastikan anjing yang kalian adopsi sudah mendapatkan obat pencegah parasit, misalnya obat cacing dan obat anti kutu dan sejenisnya. Serta kalian harus mengetahui kapan obat obat tersebut harus di diberikan ulang kepada mereka.

Diet recommendation
Anak anjing yang sudah di adopsi pastinya akan mengalami proses adaptasi yang tidak mudah. Namun, alangkah baiknya makanan yang diberikan di tempat breeder tidak ditukar dulu setelah anjing pindah ke rumahmu. Jadi tanyakan jenis makanan yang diberikan di tempat asal kamu adopsi anjing tersebut. Minimal kamu memiliki makanan tersebut selama 2 minggu atau lebih. Jika kamu mau menukarkan makanannya, setelah 2 minggu di rumahmu, kamu dapat perlahan-lahan menukarkannya dengan makanan baru.

Neutering/spaying
Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah tujuan kamu memelihara anjing. Jika kamu tidak ingin mereka berkembang biak alangkah baiknya direncanakan sejak awal adopsi. Tentunya semakin cepat dilakukan neutering atau spaying akan lebih baik sebelum terlambat. Jadi harus segera dipertimbangkan ya!

Tooth brushing
Hal kelima mungkin kamu anggap sepele, namun kamu harus melakukannya setiap hari. Pada masa awal adopsi, kamu harus tahu cara menggosok gigi anjingmu yang baik dan benar. Sehingga anjingmu akan menikmati prosesnya dan tidak menyakitkan bagi mereka. Menggosok gigi bagi anjing harus dilakukan setiap hari ya! Jika kamu belum tahu caranya, tanyakan breedermu ataupun dokter hewan langgananmu ya.

Selain lima hal diatas, ada beberapa hal yang kamu sebaiknya lakukan antara lain ikut ansuransi kesehatan anjing, microchipping (pemasangan mikrochip), dan mengikuti health scheme atau program kesehatan berkala agar hewanmu dikontrol kesehatannya.

Jadi, apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya?

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan kerja : Dohavets Qatar

Dokter-hewan.net - Dohavets yang berlokasi di Doha, Qatar membutuhkan asistant vet/paramedis. Adapun pengumumannya sebagai berikut : Job SummaryThe Veterinary Surgery also called as Dohavets is one of the oldest veterinary hospital in Doha , Qatar . We are seeking asst veterinarians who will help veterinarian in running a small animal hospital .Responsibilities and DutiesPlacing IV cathetersTaking digital radiographsAsst in doing endoscopyAsst is doing laser surgeryGiving injectable and oral medicinesAssist in handling of petsMonitoring anesthesiaAssisting EmergenciesRequired Experience, Skills and QualificationsBachelor of veterinary scienceBenefitsTraining will be providedHousing will be providedAir ticket will be provided for comingEvery year 21 days basic salary graduityEvery year 21 days paid leaveMedical Health card will be providedtransportation to work will be providedJob Type: Full-timeSalary: QAR4,000.00 to QAR5,000.00 /monthExperience:Veterinarian: 1 year (Preferred)Link to…

Lowongan Kerja : Awal Care Vet Clinic

Dokter-hewan.net - Awal Care Vet Clinic membuka lowongan kerja untuk dokter hewan Persyaratan:
- Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia
- Lulus Ujian Kompetensi
- Pria / Wanita
- Umur Maksimal 30 Tahun
- Berpengalaman lebih diutamakan
- Fresh Graduate dipersilahkan melamar
- Sehat jasmani dan rohani
- Dapat bekerjasama dalam tim
- Dapat berkomunikasi dengan baik
- Siap menerima tantangan
- Mempunyai motivasi yang tinggi
- Jujur dan bertanggung jawab
- Bersedia di tempatkan di wilayah Jakarta/ Bekasi
- Memiliki Hobi Traveling
- Memiliki Jiwa PengajarDokumen yang dibutuhkan:
1. Surat Lamaran & CV
2. Ijazah, Transkrip Nilai SKH & DRH
3. Ijazah D3 untuk Paramedis
4. Pasfoto Berwarna
5. Sertifikat CE Jika adaSemua File dalam bentuk PDF
dikirim ke email:
hrd.awalcare@gmail.com
Info WA Chat : 08126969256Lamaran paling lambat diterima 31 Desember 2018Sumber :
www.awalcare.com

Lowongan Kerja : PDHB INALAND PETCARE Malang

Dokter-hewan.net - Praktek dokter hewan bersama (PDHB) INALAND PETCARE - KOTA MALANGSaat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktekPersyaratan:
1. Dokter hewan perempuan
Single
2. Berminat menjadi dokter hewan praktisi
3. Sayang terhadap hewan anjing dan kucing
3. Bertanggung jawab dan memiliki sopan santun yang baik
4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate
5. Berdisiplin dan mampu bekerja dalam team dan individu
6. Bersedia memberikan waktu lebih(loyal)  
7. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik
8.  Memiliki kemampuan berhitung yang baik
9.  Mau untuk terus belajar (membaca textbook, seminar, dll)
10. Memiliki sim CMemiliki kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya   akan sangat berguna.Surat lamaran secara tertulis berserta curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan secepatnya ke PDHB Inaland Petcare
Jl. Bunga Lely no.18
Malang 65141
081 2323 0515Terima kasih