Skip to main content

8 Alasan Kucing Bersin-bersin & Ingusan

Dokter-hewan.net - Bersin-bersin dan ingusan merupakan gejala paling umum ditemukan pada kucing yang sakit, gejala ini menandakan adanya kelainan ataupun infeksi pada area hidung maupun saluran pernafasannya. Tahukah kamu banyak sekali penyebab hal ini, apasajakah itu? Berikut diagnosa banding (Kemungkinan-kemungkinan penyabab) yang menyebabkan kucing bersin dan ingusan.

Feline upper respiratory track (URT) infection atau radang pada saluran pernafasan kucing bagian atas yang disebabkan oleh feline herpesvirus (FHV) atau feline calicivirus (FCV) dan umumnya akan diikuti infeksi bakteri seperti Borderella bronchiseptica, mycoplasma dan atau flora normal (bakteri yang umumnya normal berada di tubuh kucing).

Kedua, dental disease atau sakit pada bagian pergigian juga dapat menyebabkan bersin dan ingusan berkepanjangan. Dental disease yang kami maksud adalah oronasal fistula atau tooth root abscess (abses pada akar dari gigi).

Ketiga, developmental atau trauma induced anomalies dapat juga menyebabkan bersin bersin dan ingusan. Contohnya cyctic bone lesions, choqnal atresia dsb.

Keempat, foreign body atau benda asing. Benda asing ini bisa masuk secara sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini menyebabkan kucing akan mengalami bersin dan ingusan tiada henti. Selama benda ini tidak dikeluarkan, kucingmu akan terus bersin dan ingusan.

Kelima, Neoplasia ataupun jaringan yang tumbuh secara abnormal. Umumnya lymphoma namun carcinoma (kanker) juga sering terlihat.

Keenam, nasopharyngeal polyp dan nasopharyngeal stenosis. Kedua hal ini juga dapat menyebabkan bersin dan ingusan tiada henti. Karena menyebabkan kelainan di saluran pernafasannya.

Ketujuh, fungal infection atau infeksi jamur. Tahukah kamu selain virus dan bakteri, jamur juga bisa menyebabkan ingusan dan bersin-bersin loh!

Kedelapan, chronic rhinitis atau perdangan pada bagian hidung yang dalam waktu lama. Hal ini dapat menyebabkan ingusan dan bersin bersin berkepanjangan.

Dari delapan alasan yang menyebabkan kucing ingusan dan bersin, inilah yang menyebabkan banyak dokter hewan harus berhati-hati dalam memeriksa hewan kesayangan kamu, karena kesalahan pemberian obat tidak akan mengobati penyakit namun akan menyebabkan hewan semakin sakit bahkan kehilangan nyawanya.

Jadi jika kucing kalian ingusan dan bersin-bersin sebaiknya langsung di bawa ke dokter hewan agar diperiksa lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.