Skip to main content

8 Alasan Kucing Bersin-bersin & Ingusan

Dokter-hewan.net - Bersin-bersin dan ingusan merupakan gejala paling umum ditemukan pada kucing yang sakit, gejala ini menandakan adanya kelainan ataupun infeksi pada area hidung maupun saluran pernafasannya. Tahukah kamu banyak sekali penyebab hal ini, apasajakah itu? Berikut diagnosa banding (Kemungkinan-kemungkinan penyabab) yang menyebabkan kucing bersin dan ingusan.

Feline upper respiratory track (URT) infection atau radang pada saluran pernafasan kucing bagian atas yang disebabkan oleh feline herpesvirus (FHV) atau feline calicivirus (FCV) dan umumnya akan diikuti infeksi bakteri seperti Borderella bronchiseptica, mycoplasma dan atau flora normal (bakteri yang umumnya normal berada di tubuh kucing).

Kedua, dental disease atau sakit pada bagian pergigian juga dapat menyebabkan bersin dan ingusan berkepanjangan. Dental disease yang kami maksud adalah oronasal fistula atau tooth root abscess (abses pada akar dari gigi).

Ketiga, developmental atau trauma induced anomalies dapat juga menyebabkan bersin bersin dan ingusan. Contohnya cyctic bone lesions, choqnal atresia dsb.

Keempat, foreign body atau benda asing. Benda asing ini bisa masuk secara sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini menyebabkan kucing akan mengalami bersin dan ingusan tiada henti. Selama benda ini tidak dikeluarkan, kucingmu akan terus bersin dan ingusan.

Kelima, Neoplasia ataupun jaringan yang tumbuh secara abnormal. Umumnya lymphoma namun carcinoma (kanker) juga sering terlihat.

Keenam, nasopharyngeal polyp dan nasopharyngeal stenosis. Kedua hal ini juga dapat menyebabkan bersin dan ingusan tiada henti. Karena menyebabkan kelainan di saluran pernafasannya.

Ketujuh, fungal infection atau infeksi jamur. Tahukah kamu selain virus dan bakteri, jamur juga bisa menyebabkan ingusan dan bersin-bersin loh!

Kedelapan, chronic rhinitis atau perdangan pada bagian hidung yang dalam waktu lama. Hal ini dapat menyebabkan ingusan dan bersin bersin berkepanjangan.

Dari delapan alasan yang menyebabkan kucing ingusan dan bersin, inilah yang menyebabkan banyak dokter hewan harus berhati-hati dalam memeriksa hewan kesayangan kamu, karena kesalahan pemberian obat tidak akan mengobati penyakit namun akan menyebabkan hewan semakin sakit bahkan kehilangan nyawanya.

Jadi jika kucing kalian ingusan dan bersin-bersin sebaiknya langsung di bawa ke dokter hewan agar diperiksa lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

IPB Training Proper Physical Examination

Dokter-hewan.net


Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas

Sudah siap untuk meng-upgrade ilmu dan kompetensi?
Ingin mengetahui dan memahami basic knowledge yang harus dimiliki dokter hewan praktisi pemula dan cara melakukan Physical Examination yang baik dan benar pada berbagai kasus klinik hewan.

IPB Training akan menyelenggarakan training Proper Physical Examination untuk Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil

🗓 25-27 Januari 2019
🏢 IPB Science Techno Park Jalan Taman Kencana nomor 3, Bogor.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta mampu melakukan physical examination dengan baik dan benar serta mengetahui basic knowledge yang harus dimiliki dokter hewan praktisi pemula.

Peserta yang disarankan untuk mengikuti kegiatan ini :
👥 Dokter Hewan pada Klinik Hewan/ Rumah Sakit Hewan dengan pengalaman praktik dibawah 5 tahun.
👥 Mahasiswa PPDH (coass)


Trainer yang menjadi narasumber di antaranya:

👩🏻‍⚕ Wiwiek Bagja (Drh)
Ketua umum PB PDHI 2006-2010 dan 2010-2014

👩🏻‍⚕ Cucu K. Sajuthi (Dr…