Skip to main content

8 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Perawatan Kitten

Dokter-hewan.net - Kitten merupakan anakan kucing yang berusia di bawah 6 bulan. Pada usia ini, anak kucing sangat rentan terhadap berbagai penyakit, bahkan infeksi cacing saja dapat mematikan pada anak kucing (kitten). Berikut akan kami jelaskan tentang preventive healthcare atau perawatan kesehatan yang harus anda lakukan sebelum memiliki kitten.

1. Perawatan umum.
Tahukah kamu, kucing memiliki banyak sekali jenis. Nah, setiap keturunan memiliki penyakit turunan ataupun penyakit yang biasanya diderita oleh breed tertentu, sehingga pastikan kamu mengetahui jenis kucingmu sehingga kamu lebih waspada tentang penyakit yang mungkin akan diderita oleh kucingmu. Sehingga kamu harus mempelajari penyakit yang mungkin diderita oleh kucingmu agar diketahui dengan cepat. Namun untuk mengetahui penyakit-penyakit yang mungkin diderita kucingmu tentunya kamu harus berdiskusi dengan dokter hewan langgananmu. Namun hal ini akan menjadi agak susah jika kamu memiliki kucing mixbreed atau ras campuran. Selain itu, pada usia kitten ini kamu juga harus mengajarkan kucing tentang perawatan kuku dan grooming. Dan usia ini adalah usia prima untuk mengajarkan tentang kebersihan. Jika kamu mengajarkannya dengan benar tentunya kucingmu akan suka dimandikan dan di potong kukunya dalam waktu yang akan datang, namun jika kucingmu sudah trauma tentunya dia akan enggan untuk mandi dan bahkan akan menggigitmu.

2.Tingkah laku dan lingkungan
Pada usia ini kamu juga harus memperhatikan tingkah laku dan lingkungan buat kucingmu. Setiap kucing memiliki tingkah laku yang berbeda, bahkan dari breed yang sama bisa saja tingkah lakunya berbeda-beda. Jadi kamu harus mengetahui tingkah laku mereka dengan baik, misalnya jenis makanan yang disukai dan yang tidak disukai. Setelah kamu mengetahui hal itu, tentunya kamu harus menyediakan sarana lingkungan yang mendukung seperti mainannya, papan garukan dan lain sebagainya. Dan tentunya di masa ini kamu bisa mengajarkan mereka simple comand atau perintah yang sederhana agar kamu dan kucingmu saling mengerti satu sama lain. Selain itu dimasa ini juga harus kamu ajarkan untuk masuk ke pet cargo serta dalam mobil, sehingga nanti kucingmu akan rilex di dalam perjalanan ke dokter hewan.

3.Medical dan surgical
Jika kamu menginginkan kucing kamu tidak beranak, atau tidak memiliki keturunan tentunya sejak usia ini harus dipersiapkan. Dan diskusikan kepada dokter hewanmu, kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Semakin cepat kamu melakukannya kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih baik dan tidak kecolongan dengan keturunan baru.

4.Eliminasi
Tahukah kamu ada aturan tentang litter box? Litter box harus sesuai dengan jumlah kucing yang ada di rumah dan posisinyapun harus di atur sedemikian rupa. Agar tidak terjadi perselisihan antara kucing di rumah. Hal ini akan berpengaruh kepada temperamen kucing nantinya. Serta cara pembersihannya yang harus dilakukan setiap hari harus diperhatikan sejak dini. Selain itu kamu juga harus mengetahui berapa jumlah maksimal kucing yang bisa kamu rawat dirumahmu, karena tingkat populasi harus disejajarkan dengan luas area bermainnya.

5.Nutrisi dan manajemen berat badan
Pada usia ini kamu harus mengetahui nutrisi yang baik untuk kucingmu, mulai dari makanan pokok sampai kepada vitamin yang baik dan tidak baik diberikan untuk kucing di bawah 6 bulan. Dan tentunya pertumbuhan akan terjadi dengan pesat. Jadi kamu harus timbang berkala, apakah kucingmu termasuk kucing yang sehat atau malnutrisi atau ketidakseimbangan nutrisi. Jadi, harus diperiksakan secara berkala ya!

6.Kesehatan mulut
Tahukah kamu, kucing usia di bawah 6 bulan bagaikan kertas kosong? Kamu bisa menuliskan apa saja di dalamnya. Termasuk untuk mengajarkan kebersihan mulutnya? Pada usia ini kamu bisa membiasakan kucing untuk membuka mulutnya bahkan mengajarkan mereka untuk membersihkan giginya dengan sikat gigi. Hal ini akan sangat berguna di saat usia mereka senja. Jika sudah terbiasa sejak dini, akan mudah untuk membersihkan gigi mereka di waktu yang akan datang.

7.Kontrol parasit
Tahukah kamu obat cacing pada kitten (anak kucing berusia di bawah 6 bulan) harus diberikan setiap 2 minggu sekali dari usia 3 minggu sampai 9 minggu? Kemudian baru diberikan sekali dalam sebulan sampai umur 6 bulan. Hal ini dilakukan karena anak kucing sangat rentan terhadap cacingan terutama pada kucing yang induknya cacingan karena ada beberapa jenis cacing yang dapat ditularkan melalui air susu.

8.Vaksinasi
Vaksin pertama dimulai usia 3 bulan dan diulangi sampai full vaccine diberikan. Dan jangan lupa berikan juga vaksin rabies jika kamu berada di area yang positif rabies agar kucingmu terhindar dari penyakit zoonosis ini (menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya).

Okay, demikian 8 hal yang harus perhatikan tentang kitten berusia di bawah 6 bulan, tunggukan kelanjutannya ya! Selanjutnya kami akan membahas kucing usia junior yaitu anak kucing yang berusia dari 7 bulan sampai dan 2 tahun. Stay tune ya!

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.