Skip to main content

Pentingnya Early Neutering

Dokter-hewan.net - Apa sih early neutering itu? Early neutering merupakan tindakan sterilisasi pada hewan sebelum usia dewasa kelamin atau puber. Kapan sih mereka puber? Masa puber atau dewasa kelamin hewan terutama untuk kucing adalah pada umur sekitar 5-6 bulan.

Beberapa pertimbangan perilaku yang dapat di kontrol ketika early neutering adalah keagresifan, hiperaktif, pemalu dan marking. Menurut data penelitian yang diperoleh, early neutering dapat menurunkan intraspecific aggression dan risiko hyperactivity sekitar 30%. Early neutering juga dapat membuat cat cenderung pemalu. Semakin awal neutering, risiko pemalu akan bertambah sekitar 11% setiap bulannya.

Keuntungan dari dilakukannya early neutering ini adalah dapat mengontrol populasi, mengurangi bau urin, dan mengurangi spraying sekitar 87% dalam 6 bulan pertama. Jadi tidak menutup kemungkinan hewan yang sudah di neutering masih bisa spraying lagi, khususnya hewan jantan. Early neutering kurang dari umur 6 bulan juga dapat mencegah terjadinya testicular cancer dan prostate disease.

Nah, tapi nih, melakukan early neutering ternyata juga ada risiko nya. Pada hewan yang melakukan early neutering ternyata dapat berisiko menimbulkan inkontinensia sekitar 5-20%. Risiko lainnya adalah dapat muncul beberapa penyakit yakni Diabetes Mellitus dan obesitas. Hal ini disebabkan karena setelah neutering, aktivitas fisik pasti akan berkurang sekitar 50% dan nafsu makan akan meningkat dalam rentang waktu 48 jam. Hal ini menyebabkan body weight akan meningkat dalam kurun waktu sekitar 3 bulan pasca neutering. Dan hewan akan menjadi obes 5-11 tahun ke depan.

Kenapa? Kenapa terjadi perubahan nafsu makan setelah melakukan neutering?

Dalam tubuh, terdapat hormon estrogen sebagai hormon sex appetite suppressants. Hormon ini berfungsi untuk regulasi food intake. Namun, ketika dilakukan neutering, jumlah hormon estrogen akan berkurang, dan pengaturan regulasi asupan makanan menjadi energi dan metabolisme juga akan berkurang. Dan menyebabkan nafsu makan tak terkendali.
Oleh sebab itu, hal yang wajib dilakukan pasca neutering untuk mencegah hal-hal yang telah dijelaskan di atas adalah:
  1. Mengurangi asupan kalori makanan sekitar 30%. Porsi makanan boleh tetap seperti biasanya, tetapi kalori yang diberikan harus diturunkan.
  2. Kontrol pemberian pakan.
  3. Dan melakukan aktivitas atau exercise rutin.
So, jika kalian yang bener-bener ingin memelihara hewan kesayangan dan tidak ingin mengembangbiakkannya, ga ada salahnya untuk melakukan neutering. Karena untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit organ reproduksi mereka. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.