Skip to main content

7 Nutrisi penting yang dibutuhkan kucing

Dokter-hewan.net - Ternyata kucing memiliki kebutuhan khusus yang rumit juga loh! Selayaknya manusia mereka juga membutuhkan protein, air, karbohidrat dan lain lain. Yuk kita bahas satu persatu! 

1. Protein
Protein adalah bahan dasar pembentukan sel-sel, jaringan, organ, enzim, hormon, dan antibodi. Protein juga penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan, reproduksi dan perbaikan tubuh. Protein dapat berasal dari nabati dan hewani, untuk hewani dapat berasal dari daging, ayam dan telur. Untuk protein Nabati dapat berasal dari sayuran, sereal dan kedelai namun tidak dapat mencerna secara optimal.
Bahan dasar pembentuk protein adalah asam amino. Asam amino terbagi menjadi asam amino esensia dan non-esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh hewan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga harus disuplai dari makanan, antara lain arginin, metionin, treonin, leusin, lisin, dan taurin. Asam amino non-esensial dapat disintesis oleh kucing dan tidak diperlukan dari makanan.
Taurin adalah salah satu asam amino yang diperlukan kucing karena dapat menghindari penyakit pada mata, jantung, reproduksi, pertumbuhan janin serta keberlangsungan hidup.
2. Air
Kandungan air dalam tubuh kucing dewasa berkisar antara 60-70%. Kekurangan air dapat menyebabkan hal yang serius bagi kucing.
3. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat gizi sebagai sumber utama bagi tubuh. Kucing membutuhkan glukosa minimum yang diperlukan untuk memasok energi.
4. Lemak
Lemak sangat penting dalam pembentukan struktur sel dan diperlukan untuk produksi beberapa hormon. Lemak juga dibutuhkan untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin yang larut dalam lemak
5. Serat
Yang termasuk serat antara lain selulosa, pati, pektin dan gums. Serat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak baik untuk usus dan sistem pencernaan serta mencegah sembelit.
6. Vitamin
Vitamin juga memiliki peran dalam metabolisme tubuh kucing. sebagian besar vitamin tidak dapat disintesis dalam tubuh kucing, oleh karena itu kucing membutuhkannya dalam makanannya.
7. Mineral
Secara umum mineral penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, untuk menjaga keseimbangan cairan dan berbagai reaksi metabolisme. Mineral adalah senyawa anorganik dan tidak disintesis dalam tubuh hewan sehingga harus disediakan dalam makanan kucing.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)