Skip to main content

7 Nutrisi penting yang dibutuhkan kucing

Dokter-hewan.net - Ternyata kucing memiliki kebutuhan khusus yang rumit juga loh! Selayaknya manusia mereka juga membutuhkan protein, air, karbohidrat dan lain lain. Yuk kita bahas satu persatu! 

1. Protein
Protein adalah bahan dasar pembentukan sel-sel, jaringan, organ, enzim, hormon, dan antibodi. Protein juga penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan, reproduksi dan perbaikan tubuh. Protein dapat berasal dari nabati dan hewani, untuk hewani dapat berasal dari daging, ayam dan telur. Untuk protein Nabati dapat berasal dari sayuran, sereal dan kedelai namun tidak dapat mencerna secara optimal.
Bahan dasar pembentuk protein adalah asam amino. Asam amino terbagi menjadi asam amino esensia dan non-esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh hewan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga harus disuplai dari makanan, antara lain arginin, metionin, treonin, leusin, lisin, dan taurin. Asam amino non-esensial dapat disintesis oleh kucing dan tidak diperlukan dari makanan.
Taurin adalah salah satu asam amino yang diperlukan kucing karena dapat menghindari penyakit pada mata, jantung, reproduksi, pertumbuhan janin serta keberlangsungan hidup.
2. Air
Kandungan air dalam tubuh kucing dewasa berkisar antara 60-70%. Kekurangan air dapat menyebabkan hal yang serius bagi kucing.
3. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat gizi sebagai sumber utama bagi tubuh. Kucing membutuhkan glukosa minimum yang diperlukan untuk memasok energi.
4. Lemak
Lemak sangat penting dalam pembentukan struktur sel dan diperlukan untuk produksi beberapa hormon. Lemak juga dibutuhkan untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin yang larut dalam lemak
5. Serat
Yang termasuk serat antara lain selulosa, pati, pektin dan gums. Serat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak baik untuk usus dan sistem pencernaan serta mencegah sembelit.
6. Vitamin
Vitamin juga memiliki peran dalam metabolisme tubuh kucing. sebagian besar vitamin tidak dapat disintesis dalam tubuh kucing, oleh karena itu kucing membutuhkannya dalam makanannya.
7. Mineral
Secara umum mineral penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, untuk menjaga keseimbangan cairan dan berbagai reaksi metabolisme. Mineral adalah senyawa anorganik dan tidak disintesis dalam tubuh hewan sehingga harus disediakan dalam makanan kucing.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Penempatan Tangerang Selatan

Dokter-hewan.net - Drh. Vizta mencari dokter hewan praktisi hewan kecil dengan persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan :

Pria/WanitaFresh graduate/berpengalamanBerfokus di bidang praktisi hewan kecilMempunyai semangat belajar yang tinggiMampu bekerja sendiri maupun timMampu bekerja di bawah tekanan Lokasi : Tangerang Selatan (Ciputat dan Bintaro)
Silahkan kirimkan :  Surat LamaranCVFotoKTPIjazah SKH dan DrhTranskrip SKH dan Drh ke email : novizta.au@yahoo.com
Informasi lebih lanjut : 085702518587 (drh. vizta)


6 Produk Pembersih Rumah Tangga yang Tidak Aman Bagi Anjing

Dokter-hewan.net - Rumah yang bersih dan wangi adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pecinta hewan khususnya pemilik anjing. Dog lover umumnya akan membersihkan rumahnya lebih rutin dibandingkan yang bukan dog lover, alasannya karena anjing lebih memiliki kegiatan outdoor yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya, termasuk kucing. Sehingga, rumah akan sedikit kotor jika anjing habis bermain diluar rumah.

Perlatan yang digunakan oleh dog lover lumayan beragam, mulai dari pembersih komersial yang dijual di pasaran bahkan sampai ke pembersih natural demi kesehatan anak bulu berkaki empatnya. Namun, seringkali dog lover mempertanyakan apakah bahan pembersih yang digunakannya berbahaya bagi anak-anaknya? Berikut kami ulas satu persatu.

Menurut dogster.com ada 4 bahan yang umumnya terdapat di zat pembersih rumah namun sangat berbahaya bagi anjing, bahan-bahan itu adalah Ammonia, Chlorine, Glycol Ethers, dan Formalin atau Formaldehyde.


Ammonia - Umumnya digunakan sebagai …

Lowongan Kerja : Alphavet Bekasi

Dokter-hewan.net - ALPHAVET akan menambah team drh, untuh itu Alphavet membuka Lowongan kerja untuk Dokter Hewan ;

1. Dokter hewan wanita / pria
2. Passion nya sebagai praktisi, bukan hanya sekedar mencari kerja daripada menganggur.
3. Jujur dan Bertanggung jawab
4. Mempunyai kemauan keras untuk belajar berkelanjutan.
5. Harus bisa bekerja dalam team.
6. Bersedia bekerja di hari libur.


Lamaran nya dikirim ke email ;
ennymaya@yahoo.co.id
Hp : 081293406830

Daerah Kota Bekasi