Skip to main content

7 Nutrisi penting yang dibutuhkan kucing

Dokter-hewan.net - Ternyata kucing memiliki kebutuhan khusus yang rumit juga loh! Selayaknya manusia mereka juga membutuhkan protein, air, karbohidrat dan lain lain. Yuk kita bahas satu persatu! 

1. Protein
Protein adalah bahan dasar pembentukan sel-sel, jaringan, organ, enzim, hormon, dan antibodi. Protein juga penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan, reproduksi dan perbaikan tubuh. Protein dapat berasal dari nabati dan hewani, untuk hewani dapat berasal dari daging, ayam dan telur. Untuk protein Nabati dapat berasal dari sayuran, sereal dan kedelai namun tidak dapat mencerna secara optimal.
Bahan dasar pembentuk protein adalah asam amino. Asam amino terbagi menjadi asam amino esensia dan non-esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis oleh hewan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga harus disuplai dari makanan, antara lain arginin, metionin, treonin, leusin, lisin, dan taurin. Asam amino non-esensial dapat disintesis oleh kucing dan tidak diperlukan dari makanan.
Taurin adalah salah satu asam amino yang diperlukan kucing karena dapat menghindari penyakit pada mata, jantung, reproduksi, pertumbuhan janin serta keberlangsungan hidup.
2. Air
Kandungan air dalam tubuh kucing dewasa berkisar antara 60-70%. Kekurangan air dapat menyebabkan hal yang serius bagi kucing.
3. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat gizi sebagai sumber utama bagi tubuh. Kucing membutuhkan glukosa minimum yang diperlukan untuk memasok energi.
4. Lemak
Lemak sangat penting dalam pembentukan struktur sel dan diperlukan untuk produksi beberapa hormon. Lemak juga dibutuhkan untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin yang larut dalam lemak
5. Serat
Yang termasuk serat antara lain selulosa, pati, pektin dan gums. Serat dalam jumlah yang tidak terlalu banyak baik untuk usus dan sistem pencernaan serta mencegah sembelit.
6. Vitamin
Vitamin juga memiliki peran dalam metabolisme tubuh kucing. sebagian besar vitamin tidak dapat disintesis dalam tubuh kucing, oleh karena itu kucing membutuhkannya dalam makanannya.
7. Mineral
Secara umum mineral penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi, untuk menjaga keseimbangan cairan dan berbagai reaksi metabolisme. Mineral adalah senyawa anorganik dan tidak disintesis dalam tubuh hewan sehingga harus disediakan dalam makanan kucing.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Sumber Bina Makmur (Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth)

Dokter-hewan.net - PT. Sumber Bina Makmur , Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth in Indonesia. We are currently expanding our team, we’re looking for a Vet Advisor with these qualifications : 
• Veterinarian Experienced : Had experienced min. 1 year in the field.  • Having a good analytical thinking  • Goal Oriented  • Having a good communication skill  • Fluently speaking in English 
If you are interested with the position please kindly e-mail us your CV to info@sbmpetnutrition.com  ely@sbmpetnutrition.com or contact us directly. 
Thank you.

Lowongan Kerja : Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam

Dokter-Hewan.net - Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan dengan ketentuan sebagai berikut : Position:VETERINARY SURGEONTotal Vacancy:6 Male/FemaleWork Address:PETLINK VETERINARY CARE No.6, Ground Floor, Bangunan Hj Awg Metusin H.A & Hj Abdullah H.M Adik Beradik, Kg.Kiulap BE1518, Bandar Seri BegawanDistrict:Brunei MuaraEducation Required:  Master"s Degree (Master"s) or equivalentAge:20 - 30 years oldDriving License Class:3Basic Salary:B$ 1,500 / MonthEmployment Type:Full TimeWorking hours with breaks (8 hours):9:00 - 12:00, 13:30 - 18:00
Job Description: -Examine animals to diagnose their health problem  -Diagnose and treat animals for medical conditions  -Treat and dress wounds  -Perform surgery on animals  -Test for and vaccinate against diseases  -Operate medical equipment, such as x-ray machines  -Advise animal owners about general care, medical conditions, and treatment
Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran anda ke email : anderson.li…

Lowongan Kerja : Sido Muncul

Dokter-hewan.net - Sido Muncul membutuhkan dokter hewan dengan syarat sebagai berikut : Dokter HewanMemiliki SIP (Surat Ijin Praktek)Laki-lakiUsia maksimal 35 Tahun (Fresh Graduate lebih disukai) Tanggung jawab :  Sebagai kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Penelitian dan pengembangan produkSebagai Dokter Hewan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Agro Wisata Sido Muncul, yaitu melakukan pengamatan, pengawasan, perawatan dan tindakan-tindakan medis satwa di Konservasi (terdiri dari 52 jenis dengan jumlah total 200) Melakukan administrasi terkait tanggung jawab (misal : BAP, Surat-surat terkait tanggung jawab, pernyataan-pernyataan) Ingin bergabung bisa apply ke hrd.klepu@sidomuncul.co.id