Skip to main content

Tracheal Collapse pada Anjing

Dokter-hewan.net - Tracheal Collapse merupakan suatu istilah dimana hewan mengalami kondisi batuk yang ditandai dengan adanya kelemahan pada jaringan cincin trachea sehingga menghasilkan penyempitan lubang saluran nafas. Kasus Tracheal collapse sering terjadi pada anjing ras kecil seperti Pomerianian, Chihuahua, Toy Poodle, Shih Tzu, Maltese, Pug dan Yorshire Terrier, anjing yang gemuk dan biasanya terjadi pada anjing umur 6 sampai 7 tahun ke atas.

Trachea yang secara anatomi berfungsi sebagai jalan nafas ke paru-paru, terdiri dari cincin tulang rawan dan jaringan lunak otot-otot (fibrous tissue) yang menyelaputinya. Tracheal Collapse dapat disebabkan karena 2 hal, yaitu faktor genetik (congenital tracheal collapse) dan memang faktor penyakit. Faktor genetik atau bawaan dapat disebabkan oleh karena kekurangan zat-zat tertentu seperti glycosaminoglycans, glycoprotein, calcium, dan chondroitin pada cincin tracheal sehingga menyebabkan kolaps pada saluran nafas. Sedangkan faktor penyakit bisa disebabkan oleh Cushing’s syndrome, penyakit Jantung, dan penyakit infeksi saluran nafas.

Pada beberapa kasus, Tracheal Collapse sangat sering terjadi pada anjing ras Pomeranian. Gejala klinis yang dialami adalah batuk bengek dengan frekuensi sering, nafas cepat dan berbunyi, mulut lebih sering dibuka dan lidah dijulurkan keluar, serta anjing akan menjadi gelisah. Gejala ini bisa diperparah dalam kondisi cuaca yang panas, excitement, obesitas, dan pengaruh obat bius. Oleh karena itu, anjing yang mengalami Tracheal Collapse tidak di rekomendasi memakai obat bius karena sangat beresiko tinggi.

Untuk mendeteksi penyakit Tracheal Collapse ini bisa dilakukan dengan cara radiografi yaitu X-ray. Cek darah juga dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah ada ikutan infeksi saluran nafas atau tidak. Selain dengan menggunakan alat bantu diagnosa seperti x-ray, kasus Tracheal Collapse ini dapat dideteksi sejak dini dari pemeriksaan fisik dan gejala klinis yang timbul.

Cara penanganan kasus Tracheal Collapse yang dianjurkan dan sudah mulai diteripkan di beberapa klinik hewan adalah sebagai berikut:

1. Jika gejala sesak nafas dan batuk bengek muncul dan hewan terlihat tidak bisa diam dan gelisah, maka bisa diberikan sedative agar hewan bisa lebih tenang.
2. Setelah tenang, dapat diberikan atau dipasangkan oksigen untuk membantu suplai oksigen langsung ke paru-paru.
3. Untuk maintenance pernafasan yang masih dalam kondisi belum stabil, dapat dilakukan Nebulizer atau uap secara teratur sampai kondisi pernafasan stabil.
4. Apabila kondisi hewan sudah stabil, dapat diberikan obat-obatan bronkodilator, antiinflamasi dan antibiotic untuk mengatasi infeksi bakteri di saluran nafas.
5. Dan hal yang terpenting, jangan lupa Client Education ke owner.
Beri tahu owner hewan tentang faktor-faktor pemicu yang dapat menyebabkan kejadian ini terulang kembali, seperti menghindari aktifitas yang berlebihan, jaga pola makan, dan jaga jangan sampai hewan obesitas terutama untuk ras anjing kecil. Menjaga hewan dari suhu lingkungan yang panas dan informasikan kepada owner bahwa kasus Tracheal Collapse sewaktu-waktu bisa berulang kembali jika faktor-faktor di atas sampai terlewatkan.

Tindakan terakhir yang dapat diputuskan owner adalah tindakan operasi. Hal ini dapat diputuskan jika ada indikasi penyebab Tracheal Collapse adalah paralisa (kelumpuhan) cincin trachea. Tindakan operasi juga harus hati-hati karena sangat beresiko bagi si hewan. Oleh sebab itu, owner dan dokter hewan harus berdiskusi betul-betul untuk sampai diputuskan tindakan operasi. 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : VETOPET Animal Clinic Bogor

Dokter-hewan.net - Vetopet animal clinic membutuhkan dokter hewan dengan kriteria sebagai berikut :

Laki-laki/perempuan lulusan dokter hewanfresh graduate/pengalamanIPK SKH dan DRH minimal 3,00Pasiion dalam dunia laboratorium dan klinikMemiliki kemampuan komunikasi yang baikSiap bekerja dalam team Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran via email : vetopet13@gmail.com atau informasi lebih lanjut silahkan kontak +6285643032404 (drh. Nurul) 
Lamaran diterima paling lambat 5 September 2019

Penembak Anjing Beedo Akhirnya jadi Tersangka

Dokter-hewan.net - Kekerasan pada hewan kembali terjadi. Nasib malang ini diterima oleh Anjing Beedo yang harus mati dengan sia-sia akibat tembakan senapan angin laras panjang yang di arahkan oleh pria berinisial A.

Kisah ini awalnya di posting oleh Anastasia Lucia Margaret di akun personal instagramnya (@anstlucia). Disana dia menceritakan kisah malang yang diterima oleh anjing kerabatnya.

Pada saat ditembak, anjing Beedo diikat, menurut Lucia ada aturan di perumahan bahwa anjing tidak boleh dibiarkan lepas tanpa pengawasan, oleh sebab itu si Beedo di ikatkan di dekat jalan. Namun, menurut tersangka A, akibat ulah si Beedo, istri dan anak dari tersangka A terjatuh. Hal inilah yang membuat A marah dan langsung membawa senjatanya dan menembaki si anjing berkali-kali hingga ajal menjemputnya.

Tidak terima, akhirnya pemilik melaporkan hal ini ke polisi hingga akhirnya di proses secara hukum. Namun sayangnya polisi kebingunan mencari pasal yang tepat dan sesuai dengan kasus ini. "Sud…

Lowongan Kerja : PDHB GAIA Surabaya

Dokter-hewan.net - *Lowongan Kerja*
Praktek dokter hewan bersama (PDHB) GAIA-surabaya
Saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktek
Persyaratan: 1. Dokter hewan 2. Sayang terhadap hewan 3. Bertanggung jawab dan memiliki attitude yang baik 4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate 5. Mampu bekerja dalam team dan individu 6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik 7. Mau untuk terus belajar (seminar, workshop dll)
Surat lamaran, curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan ke alamat email anang.triyatmoko@gmail.com  Atau PDHB GAIA G-walk w2-10 citraland surabaya barat
Terima kasih