Skip to main content

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.


Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.


Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi yang memborgol pemiliknya yang saat itu ditiarapkan di jalan oleh petugas, dan Sota pun terlihat menggongong keras kepada petugas tersebut sebagai insting natural oleh anjing saat melihat pemiliknya sedang berada dalam keadaan bahaya.

Namun sepertinya petugas polisi tersebut melihat hal tersebut adalah sebuah ancaman dan langsung menembak pistolnya ke arah kepala Sota, Sota langsung tergeletak di tanah dengan berlumuran darah. Namun Sota pun terlihat tak menyerah begitu saja, dirinya tetap mengarahkan pandangan terakhir kepada pemiliknya, dengan nafas yang tersisa Sota terus menggonggong lemas dengan harapan pemiliknya bisa terlepas dari bahaya, pada rekaman video amatir oleh pejalan kaki, Sota masih terlihat menggoyangkan ekornya mungkin bermaksud untuk menyampaikan kepada pemiliknya bahwa dirinya akan pamit selamanya dan tak ingin pemiliknya bersedih.
Sota akhirnya meregang nyawa di tengah keramaian kota Barcelona pada siang hari itu.

Video Sota yang direkam pejalan kaki itu menggerakan banyak hati dari pecinta hewan di seluruh dunia. Saat ini ada sekitar 3000 orang yang terdiri dari organisasi penyayang binatang dan orang yang peduli berkumpul di hotel Ayre Grand Via untuk memberikan protes atas kematian Sota dan meminta agar kepala polisi setempat berhenti atas arogansi yang terjadi. Protes damai ini pun berjalan penuh rasa sedih dengan 3000 peserta yang hanya diam dan mendengarkan putaran rekaman suara terakhir dari Sota saat dirinya ditembak oleh polisi dan tergeletak melihat pemiliknya diborgol oleh polisi tersebut.
Protes ini pun mendapatkan perhatian langsung dari walikota Barcelona yang mengatakan bahwa akan mengajukan revisi untuk standar operasional kepolisian dan sejumlah artis mancanegara, hingga Ricky Gervais pun menyuarakan dukungan atas protes tersebut.


Begitu kabar mengharukan ini tersebar, saya pun langsung mencari informasi mengenai hal yang menimpa Sota dan pemiliknya dari berbagai sumber di internet, dan memang berdasarkan dari #SOTA dan #JUSTICIAPARASOTA yang sedang trending di Instagram dan Twitter saat ini, banyak yang memposting foto mereka ataupun anak mereka dan keluarganya dengan Sota saat berkunjung ke Placa Espanya yang dikenal sebagai anjing yang ramah dengan semua orang.
Sota dikenal publik Barcelona sebagai anjing baik yang setia peliharaan seorang tuna wisma yang selalu menemaninya setiap kali saat berjualan sourvenir gelang kepada turis yang berdatangan disekitar lokasi Placa Espanya, Barcelona. 


Pemilik dari Sota diketahui adalah seorang tuna wisma yang berjualan gelang buatan tangannya kepada turis untuk menyambung hidupnya, Sota yang juga merupakan anjing jalanan tanpa sengaja bertemu dengan pemiliknya dan keduanya pun menjadi teman baik untuk melewati hari selama bertahun-tahun hidup dijalanan dengan hanya mengharapkan rejeki dari penjualan gelang.
Ikatan batin antara anjing dan manusia sudah tak terbantahkan lagi kuatnya sejak beberapa millenium lamanya, terbukti dengan kisah manusia hingga dongeng yang diceritakan turun temurun selalu menceritakan anjing sebagai sahabat terbaik yang selalu menemani pemiliknya.


Berharap kejadian seperti ini adalah yang terakhir kalinya dan tak terulang kembali di belahan dunia manapun. Yuk, mari sayangi semua makhluk hidup, karena mereka memiliki hak untuk hidup dan melindungi apa yang menjadi haknya seperti layaknya kita manusia.

Unconditional Love

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna. Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata. Pengobatan