Skip to main content

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.


Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.


Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi yang memborgol pemiliknya yang saat itu ditiarapkan di jalan oleh petugas, dan Sota pun terlihat menggongong keras kepada petugas tersebut sebagai insting natural oleh anjing saat melihat pemiliknya sedang berada dalam keadaan bahaya.

Namun sepertinya petugas polisi tersebut melihat hal tersebut adalah sebuah ancaman dan langsung menembak pistolnya ke arah kepala Sota, Sota langsung tergeletak di tanah dengan berlumuran darah. Namun Sota pun terlihat tak menyerah begitu saja, dirinya tetap mengarahkan pandangan terakhir kepada pemiliknya, dengan nafas yang tersisa Sota terus menggonggong lemas dengan harapan pemiliknya bisa terlepas dari bahaya, pada rekaman video amatir oleh pejalan kaki, Sota masih terlihat menggoyangkan ekornya mungkin bermaksud untuk menyampaikan kepada pemiliknya bahwa dirinya akan pamit selamanya dan tak ingin pemiliknya bersedih.
Sota akhirnya meregang nyawa di tengah keramaian kota Barcelona pada siang hari itu.

Video Sota yang direkam pejalan kaki itu menggerakan banyak hati dari pecinta hewan di seluruh dunia. Saat ini ada sekitar 3000 orang yang terdiri dari organisasi penyayang binatang dan orang yang peduli berkumpul di hotel Ayre Grand Via untuk memberikan protes atas kematian Sota dan meminta agar kepala polisi setempat berhenti atas arogansi yang terjadi. Protes damai ini pun berjalan penuh rasa sedih dengan 3000 peserta yang hanya diam dan mendengarkan putaran rekaman suara terakhir dari Sota saat dirinya ditembak oleh polisi dan tergeletak melihat pemiliknya diborgol oleh polisi tersebut.
Protes ini pun mendapatkan perhatian langsung dari walikota Barcelona yang mengatakan bahwa akan mengajukan revisi untuk standar operasional kepolisian dan sejumlah artis mancanegara, hingga Ricky Gervais pun menyuarakan dukungan atas protes tersebut.


Begitu kabar mengharukan ini tersebar, saya pun langsung mencari informasi mengenai hal yang menimpa Sota dan pemiliknya dari berbagai sumber di internet, dan memang berdasarkan dari #SOTA dan #JUSTICIAPARASOTA yang sedang trending di Instagram dan Twitter saat ini, banyak yang memposting foto mereka ataupun anak mereka dan keluarganya dengan Sota saat berkunjung ke Placa Espanya yang dikenal sebagai anjing yang ramah dengan semua orang.
Sota dikenal publik Barcelona sebagai anjing baik yang setia peliharaan seorang tuna wisma yang selalu menemaninya setiap kali saat berjualan sourvenir gelang kepada turis yang berdatangan disekitar lokasi Placa Espanya, Barcelona. 


Pemilik dari Sota diketahui adalah seorang tuna wisma yang berjualan gelang buatan tangannya kepada turis untuk menyambung hidupnya, Sota yang juga merupakan anjing jalanan tanpa sengaja bertemu dengan pemiliknya dan keduanya pun menjadi teman baik untuk melewati hari selama bertahun-tahun hidup dijalanan dengan hanya mengharapkan rejeki dari penjualan gelang.
Ikatan batin antara anjing dan manusia sudah tak terbantahkan lagi kuatnya sejak beberapa millenium lamanya, terbukti dengan kisah manusia hingga dongeng yang diceritakan turun temurun selalu menceritakan anjing sebagai sahabat terbaik yang selalu menemani pemiliknya.


Berharap kejadian seperti ini adalah yang terakhir kalinya dan tak terulang kembali di belahan dunia manapun. Yuk, mari sayangi semua makhluk hidup, karena mereka memiliki hak untuk hidup dan melindungi apa yang menjadi haknya seperti layaknya kita manusia.

Unconditional Love

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Sumber Bina Makmur (Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth)

Dokter-hewan.net - PT. Sumber Bina Makmur , Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth in Indonesia. We are currently expanding our team, we’re looking for a Vet Advisor with these qualifications : 
• Veterinarian Experienced : Had experienced min. 1 year in the field.  • Having a good analytical thinking  • Goal Oriented  • Having a good communication skill  • Fluently speaking in English 
If you are interested with the position please kindly e-mail us your CV to info@sbmpetnutrition.com  ely@sbmpetnutrition.com or contact us directly. 
Thank you.

Lowongan Kerja : Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam

Dokter-Hewan.net - Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan dengan ketentuan sebagai berikut : Position:VETERINARY SURGEONTotal Vacancy:6 Male/FemaleWork Address:PETLINK VETERINARY CARE No.6, Ground Floor, Bangunan Hj Awg Metusin H.A & Hj Abdullah H.M Adik Beradik, Kg.Kiulap BE1518, Bandar Seri BegawanDistrict:Brunei MuaraEducation Required:  Master"s Degree (Master"s) or equivalentAge:20 - 30 years oldDriving License Class:3Basic Salary:B$ 1,500 / MonthEmployment Type:Full TimeWorking hours with breaks (8 hours):9:00 - 12:00, 13:30 - 18:00
Job Description: -Examine animals to diagnose their health problem  -Diagnose and treat animals for medical conditions  -Treat and dress wounds  -Perform surgery on animals  -Test for and vaccinate against diseases  -Operate medical equipment, such as x-ray machines  -Advise animal owners about general care, medical conditions, and treatment
Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran anda ke email : anderson.li…

Lowongan Kerja : Sido Muncul

Dokter-hewan.net - Sido Muncul membutuhkan dokter hewan dengan syarat sebagai berikut : Dokter HewanMemiliki SIP (Surat Ijin Praktek)Laki-lakiUsia maksimal 35 Tahun (Fresh Graduate lebih disukai) Tanggung jawab :  Sebagai kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Penelitian dan pengembangan produkSebagai Dokter Hewan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Agro Wisata Sido Muncul, yaitu melakukan pengamatan, pengawasan, perawatan dan tindakan-tindakan medis satwa di Konservasi (terdiri dari 52 jenis dengan jumlah total 200) Melakukan administrasi terkait tanggung jawab (misal : BAP, Surat-surat terkait tanggung jawab, pernyataan-pernyataan) Ingin bergabung bisa apply ke hrd.klepu@sidomuncul.co.id