Skip to main content

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.


Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.


Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi yang memborgol pemiliknya yang saat itu ditiarapkan di jalan oleh petugas, dan Sota pun terlihat menggongong keras kepada petugas tersebut sebagai insting natural oleh anjing saat melihat pemiliknya sedang berada dalam keadaan bahaya.

Namun sepertinya petugas polisi tersebut melihat hal tersebut adalah sebuah ancaman dan langsung menembak pistolnya ke arah kepala Sota, Sota langsung tergeletak di tanah dengan berlumuran darah. Namun Sota pun terlihat tak menyerah begitu saja, dirinya tetap mengarahkan pandangan terakhir kepada pemiliknya, dengan nafas yang tersisa Sota terus menggonggong lemas dengan harapan pemiliknya bisa terlepas dari bahaya, pada rekaman video amatir oleh pejalan kaki, Sota masih terlihat menggoyangkan ekornya mungkin bermaksud untuk menyampaikan kepada pemiliknya bahwa dirinya akan pamit selamanya dan tak ingin pemiliknya bersedih.
Sota akhirnya meregang nyawa di tengah keramaian kota Barcelona pada siang hari itu.

Video Sota yang direkam pejalan kaki itu menggerakan banyak hati dari pecinta hewan di seluruh dunia. Saat ini ada sekitar 3000 orang yang terdiri dari organisasi penyayang binatang dan orang yang peduli berkumpul di hotel Ayre Grand Via untuk memberikan protes atas kematian Sota dan meminta agar kepala polisi setempat berhenti atas arogansi yang terjadi. Protes damai ini pun berjalan penuh rasa sedih dengan 3000 peserta yang hanya diam dan mendengarkan putaran rekaman suara terakhir dari Sota saat dirinya ditembak oleh polisi dan tergeletak melihat pemiliknya diborgol oleh polisi tersebut.
Protes ini pun mendapatkan perhatian langsung dari walikota Barcelona yang mengatakan bahwa akan mengajukan revisi untuk standar operasional kepolisian dan sejumlah artis mancanegara, hingga Ricky Gervais pun menyuarakan dukungan atas protes tersebut.


Begitu kabar mengharukan ini tersebar, saya pun langsung mencari informasi mengenai hal yang menimpa Sota dan pemiliknya dari berbagai sumber di internet, dan memang berdasarkan dari #SOTA dan #JUSTICIAPARASOTA yang sedang trending di Instagram dan Twitter saat ini, banyak yang memposting foto mereka ataupun anak mereka dan keluarganya dengan Sota saat berkunjung ke Placa Espanya yang dikenal sebagai anjing yang ramah dengan semua orang.
Sota dikenal publik Barcelona sebagai anjing baik yang setia peliharaan seorang tuna wisma yang selalu menemaninya setiap kali saat berjualan sourvenir gelang kepada turis yang berdatangan disekitar lokasi Placa Espanya, Barcelona. 


Pemilik dari Sota diketahui adalah seorang tuna wisma yang berjualan gelang buatan tangannya kepada turis untuk menyambung hidupnya, Sota yang juga merupakan anjing jalanan tanpa sengaja bertemu dengan pemiliknya dan keduanya pun menjadi teman baik untuk melewati hari selama bertahun-tahun hidup dijalanan dengan hanya mengharapkan rejeki dari penjualan gelang.
Ikatan batin antara anjing dan manusia sudah tak terbantahkan lagi kuatnya sejak beberapa millenium lamanya, terbukti dengan kisah manusia hingga dongeng yang diceritakan turun temurun selalu menceritakan anjing sebagai sahabat terbaik yang selalu menemani pemiliknya.


Berharap kejadian seperti ini adalah yang terakhir kalinya dan tak terulang kembali di belahan dunia manapun. Yuk, mari sayangi semua makhluk hidup, karena mereka memiliki hak untuk hidup dan melindungi apa yang menjadi haknya seperti layaknya kita manusia.

Unconditional Love

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Bau yang Tidak Sedap Pada Kucing

Dokter-hewan.net - Kucing adalah hewan yang sangat mencintai kebersihan. Mereka akan melakukan selfgrooming jika merasa dirinya tidak dalam keadaan bersih. Namun, kadangkala pemilik hewan mengeluhkan bau yang tidak sedap dari hewan peliharaan mereka. Apa dan kenapa hewan mereka berbau tidak sedap? Berikut adalah sumber bau yang tidak sedap pada kucing kesayangan anda. 
Bau Mulut Kucing sehat tidak memiliki bau mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah dental disease (gangguan pada pergigian). Plag dan karang gigi adalah kasus paling sering yang menyebabkan dental disease. Plag dan karang gigi yang menempel di gigi dan gusi akan menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) sehingga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sehat.

Kebersihkan gigi juga sangat menentukan ada atau tidaknya bau mulut. Misalnya bahan makanan yang tersangkut dalam waktu lama di gigi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap juga. Selain itu, trauma di jaringan mulut dan tumor pada mulut juga menimbulkan bau yang…

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri.
Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam. 
Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal?
Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat besar. Anda bis…

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…