Skip to main content

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.


Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.


Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi yang memborgol pemiliknya yang saat itu ditiarapkan di jalan oleh petugas, dan Sota pun terlihat menggongong keras kepada petugas tersebut sebagai insting natural oleh anjing saat melihat pemiliknya sedang berada dalam keadaan bahaya.

Namun sepertinya petugas polisi tersebut melihat hal tersebut adalah sebuah ancaman dan langsung menembak pistolnya ke arah kepala Sota, Sota langsung tergeletak di tanah dengan berlumuran darah. Namun Sota pun terlihat tak menyerah begitu saja, dirinya tetap mengarahkan pandangan terakhir kepada pemiliknya, dengan nafas yang tersisa Sota terus menggonggong lemas dengan harapan pemiliknya bisa terlepas dari bahaya, pada rekaman video amatir oleh pejalan kaki, Sota masih terlihat menggoyangkan ekornya mungkin bermaksud untuk menyampaikan kepada pemiliknya bahwa dirinya akan pamit selamanya dan tak ingin pemiliknya bersedih.
Sota akhirnya meregang nyawa di tengah keramaian kota Barcelona pada siang hari itu.

Video Sota yang direkam pejalan kaki itu menggerakan banyak hati dari pecinta hewan di seluruh dunia. Saat ini ada sekitar 3000 orang yang terdiri dari organisasi penyayang binatang dan orang yang peduli berkumpul di hotel Ayre Grand Via untuk memberikan protes atas kematian Sota dan meminta agar kepala polisi setempat berhenti atas arogansi yang terjadi. Protes damai ini pun berjalan penuh rasa sedih dengan 3000 peserta yang hanya diam dan mendengarkan putaran rekaman suara terakhir dari Sota saat dirinya ditembak oleh polisi dan tergeletak melihat pemiliknya diborgol oleh polisi tersebut.
Protes ini pun mendapatkan perhatian langsung dari walikota Barcelona yang mengatakan bahwa akan mengajukan revisi untuk standar operasional kepolisian dan sejumlah artis mancanegara, hingga Ricky Gervais pun menyuarakan dukungan atas protes tersebut.


Begitu kabar mengharukan ini tersebar, saya pun langsung mencari informasi mengenai hal yang menimpa Sota dan pemiliknya dari berbagai sumber di internet, dan memang berdasarkan dari #SOTA dan #JUSTICIAPARASOTA yang sedang trending di Instagram dan Twitter saat ini, banyak yang memposting foto mereka ataupun anak mereka dan keluarganya dengan Sota saat berkunjung ke Placa Espanya yang dikenal sebagai anjing yang ramah dengan semua orang.
Sota dikenal publik Barcelona sebagai anjing baik yang setia peliharaan seorang tuna wisma yang selalu menemaninya setiap kali saat berjualan sourvenir gelang kepada turis yang berdatangan disekitar lokasi Placa Espanya, Barcelona. 


Pemilik dari Sota diketahui adalah seorang tuna wisma yang berjualan gelang buatan tangannya kepada turis untuk menyambung hidupnya, Sota yang juga merupakan anjing jalanan tanpa sengaja bertemu dengan pemiliknya dan keduanya pun menjadi teman baik untuk melewati hari selama bertahun-tahun hidup dijalanan dengan hanya mengharapkan rejeki dari penjualan gelang.
Ikatan batin antara anjing dan manusia sudah tak terbantahkan lagi kuatnya sejak beberapa millenium lamanya, terbukti dengan kisah manusia hingga dongeng yang diceritakan turun temurun selalu menceritakan anjing sebagai sahabat terbaik yang selalu menemani pemiliknya.


Berharap kejadian seperti ini adalah yang terakhir kalinya dan tak terulang kembali di belahan dunia manapun. Yuk, mari sayangi semua makhluk hidup, karena mereka memiliki hak untuk hidup dan melindungi apa yang menjadi haknya seperti layaknya kita manusia.

Unconditional Love

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

Seminar How to be a Good Small Animal Practitioner

Dokter-hewan.net
Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas
PDHB drh Cucu bekerjasama dengan PDHI dan ADHPHKI akan menyelenggarakan seminar How to be a Good Small Animal Practitioner 
πŸ—“ 12 - 14 April 2019 Tempat : Seminar 12 - 13 april (Hotel Danau Sunter - Sunlake) Workshop 14 April (klinik PDHB drh Cucu Sunter)
Pembicara :  1. Drh Lie Cucu Kartini 2. Drh Herlina 3. Drh Maulana ArRaniri Putra 4. Drh Agus Efendi 5. Drh Nova Anggraini 6. Drh Yehuda Laksana Aji 7. Drh Tiara Putri Sajuthi, MM
Topik  1. Basic Opthalmology 2. Basic Neurology 3. Basic Gastroenterology 4. Basic Cardiorespiratory 5. Basic Dermatology 6. Problem Oriented Approach 7. Basic Communication Skill 8. Workshop basic Physical Examination
Registration Fee - Dokter Hewan:  Rp. 2.500.000 - Koas : Rp 2.000.000
Limited hanya untuk 30 peserta
Contact Person : drh Aji (082140760787)

PELATIHAN / WORKSHOP USAHA KAMBING DOMBA Untuk PEMULA

PELATIHAN / WORKSHOP USAHA KAMBING DOMBA Untuk PEMULA
Tema: Membangun Jaringan Bisnis Peternakan Kambing Domba Hulu Hilir Ala Milenial
Materi: 1. Sharing Session Hilir Peternakan Bersama Owner Karya Tanjung Farm (Aqiqah & Susu kambing) 2. 12 Kesalahan Fatal Peternak Pemula 3. Melek branding di Bisnis Peternakan 4. Strategi Gaet Pasar Ala Millenial 5. Bisnis Model buat para Pengusaha Ternak
Manfaat: 1. Memahami Ilmu Dasar Beternak 2. Mengenal Jenis Jenis Domba Kambing Potensial 3. Prospek Bisnis Domba Kambing 4. Mengetahui Pakan, Kesehatan dan Pemeliharaan 5. Panen, Pemasaran dan Branding 6. Memperluas Jaringan Bisnis Domba Kambing bareng pilar farm 7. Maju Bareng, Sukses Bareng 8. "PRAKTEK LANGSUNG DI KANDANG" 9. FREE KONSULTASI & BIMBINGAN LANJUTAN  10. FREE join Grup WA untuk Edukasi Lanjutan bareng Trainer 
Hari/Tanggal : Minggu, 31 Maret 2019. Tempat : πŸ“Pilar Farm & Education Dsn. Tambang, Ds. Karangjeruk, Kec. Jatirejo, Kab. Mojokerto, Jawa Timur Google Map πŸ‘‡πŸ‘‡ http://bit.ly/PIL…