Skip to main content

Pengetahuan Umum tentang Landak

Dokter-hewan.net - Landak atau Hedgehogs merupakan salah satu hewan liar yang paling umum dipelihara oleh orang perkotaan. Hal ini dikarenakan landak berukuran kecil, lucu, bulu berduri dan sangat mudah perawatannya. Bahkan, landak tidak terlalu mengeluarkan suara sehingga tidak akan mengganggu tetangga disekitarnya. 

Ekologi dan Biologi 

Secara alaminya, landak tinggal di area-area yang mengandung banyak makanannya. Misalnya perkebunan, pinggiran hutan, area kuburan, bahkan tempat pembuangan akhir. Namun, pada umumnya landak akan ditemukan di area yang sedikit terdapat interaksi dengan manusia dan hewan lainnya. Misalnya pada pinggiran hutan. 

Pada umumnya, landak hidup sendiri-sendiri. Mereka sangat menghindari kontak dengan hewan lainnya, bahkan manusia. Sehingga  mereka akan langsung menjauh jika berjumpa dengan hewan lainnya. 

Landak merupakan hewan nocturnal, artinya mereka akan aktif pada malam hari saja. Namun, jika kamu menemui landak yang berkeliaran pada siang hari berarti mereka dalam keadaan sakit, terluka atau kekurangan bahan makanan. 

Pada malam hari, landak akan mencari makanan menggunakan indra penciumannya, mereka akan mencari beetles (Coleoptera), ulat (Lepidoptera), cacing tanah (Annelida), siput (Gastropoda) dan invertebrata lainnya. Landak adalah pemakan serangga, namun pada kondisi yang memungkinankan, mereka juga akan memakan veterbrata kecil dan carrion. 

Data Biologi Landak 
Berat badan Landak berkisar 800 - 1200 g (tergantung musim) dan pada umumnya jantan lebih besar dibandingkan betina. 

Jenis kelamin landak dapat dibedakan dari bentukannya. Landak jantan memiliki preputium pada bagian tengah perutnya, sedangkan pada landak betina bentukan vagina dan anusnya berdekatan. 

Puting landak ada lima pasang

Musim kawin landak pada daerah empat musim adalah bulan April/May sampai dan September/Oktober. Namun, pada daerah tropis yang memiliki dua musim terjadi sepanjang tahun. 

Lama kebuntingan landak 31 - 39 hari

Berat pada saat lahir adalah 8 - 25 g

Matang seksual atau dewasa pada landak terjadi pada usia 8 - 10 bulan. 

Umur hidup landak maksimum 6 - 8 Tahun, namun pada landak yang dijaga dengan baik bisa mencapai 10 Tahun. 

Makanan landak adalah serangga-seranggaan, ulat, siput, dan invertebrata lainnya. Namun pada kondisi tertentu, mereka juga memakan veterbrata kecil dan carrion. 

Pernafasan landak 20 - 25 nafas/menit

Detak jantung landak 200-280 detak/menit

Suhu badan landak 33,5 - 36,8 derajat Celcius

Anatomi dan Fisiologi Landak

Landak merupakan hewan yang memiliki mata yang jelek, sehingga mereka menggunakan penciuman yang tajam untuk melakukan aktifitasnya pada malam hari. Mereka mencium mangsa, menemukan jalan, bahkan mencari pasangan menggunakan hidungnya saja (mencium feromon). 

Duri yang terdapat di badan landak merupakan rambut yang telah dimodifikasi sehingga menjadi keras (keunikan landak). Pada umumnya pada landak dewasa terdapat lebih kurang 5000 duri. Duri ini digunakan landak untuk mempertahankan dirinya dari predator. Mereka akan membentuk seperti bola sehingga pemangsa akan tertusuk jika mendekati mereka. Dan uniknya, pada saat duri-duri penetrasi untuk melawan pemangsa, tubuh landak tidak akan merasakan kesakitan karena pada bagian dasar duri landak, mereka memiliki semacam absorber atau bagian yang tugasnya untuk menahan benturan. 

Selain duri, landak juga memiliki rambut halus selayaknya bulu normalnya. Bulu normal dan duri landak akan bertukar dan berganti setiap tahunnya. Pada umumnya landak memiliki warna coklat atau abu-abu, namun banyak juga landak yang pigmentasinya tidak nampak atau tidak ada sehingga membuat landak berwarna putih (albino). Kondisi ini membuat landak albino susah bertahan hidup karena terlihat dari kejauhan. 

Handling dan Transportasi 

Landak merupakan hewan liar yang sangat mudah untuk ditangkap dan di handling. Pertahanan tubuh mereka termasuk pertahanan pasif, seingga mereka tidak akan lari dan menyerang. Umumnya teknik handling landak dilakukan dengan sarung tangan yang tebal agar duri tidak melukai kita saat handling, atau bisa menggunakan handuk tebal dan lain sebagainya. 

Pada saat memegang landak, umumnya mereka akan berbunyi sangat keras dan berisik bahkan teriakannya seperti menangis. Jika yang dihandling adalah hoglet (istilah anak landak), maka mereka akan bersuara lengking "peeping" ketika di handling. 

Ketika landak sudah di tangkap, landak harus diletakkan di dalam kotak atau pet carrier (nromal pet carrier) yang memiliki ventilasi yang bagus dan gunakan handuk atau dedaunan sebagai alas agar tidak licin dan landak nyaman di dalam tempatnya. (hp)

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Bau yang Tidak Sedap Pada Kucing

Dokter-hewan.net - Kucing adalah hewan yang sangat mencintai kebersihan. Mereka akan melakukan selfgrooming jika merasa dirinya tidak dalam keadaan bersih. Namun, kadangkala pemilik hewan mengeluhkan bau yang tidak sedap dari hewan peliharaan mereka. Apa dan kenapa hewan mereka berbau tidak sedap? Berikut adalah sumber bau yang tidak sedap pada kucing kesayangan anda. 
Bau Mulut Kucing sehat tidak memiliki bau mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah dental disease (gangguan pada pergigian). Plag dan karang gigi adalah kasus paling sering yang menyebabkan dental disease. Plag dan karang gigi yang menempel di gigi dan gusi akan menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) sehingga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sehat.

Kebersihkan gigi juga sangat menentukan ada atau tidaknya bau mulut. Misalnya bahan makanan yang tersangkut dalam waktu lama di gigi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap juga. Selain itu, trauma di jaringan mulut dan tumor pada mulut juga menimbulkan bau yang…

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri.
Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam. 
Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal?
Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat besar. Anda bis…

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…