Skip to main content

Tahapan-tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Landak

Dokter-hewan.net - Anak landak atau lebih dikenal dengan nama hoglet saat lahir tidak punya duri loh! Selayaknya anak tikus, mereka lahir dalam kondisi sedikit bulu berwarna merah dan matanya masih tertutup. Daripada bingung, yuk kita bahas tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak landak satu persatu. Yuk! 

Saat dilahirkan, anak landak hanya memiliki sedikit rambut halus namun memiliki bentukan seperti jerawat berwarna pink, diyakini bentukan seperti jerawat ini adalah bakal duri landak. Kemudian mata dan telinganya masih tertutup, belum memiliki gigi serta bekas tali pusar masih terlihat jelas. 

24 jam setelah dilahirkan. Anak landak akan memiliki duri pertamanya berwarna putih,tegak namun flexible. Duri lembut ini tumbuh dari bentukan jerawat yang kita bahas sebelumnya. Namun, mata dan telinganya masih tertutup, gigi belum tumbuh,

2 hari setelah dilahirkan. Duri generasi kedua akan muncul. Duri generasi kedua ini berwarna kecoklatan (pada jenis albino akan tetap putih) dan lebih kuat. Namun mata dan telinganya masih tertutup serta belum memiliki gigi.

Usia 2 minggu, duri yang berwarna putih dan coklat akan sama panjang, kemudian mata dan telinga mulai terbuka (terbuka sempurna pada usia 17 hari) dan gigi susu sudah mulai berganti. 

Usia 3 minggu, duri putih sudah tertutup sempurna oleh duri yang berwarna coklat, mata dan telinga terbuka sempurna dan gigi susu terus berganti. Pada usia ini anak landak akan mulai mengikuti induknya berjalan dalam rute yang pendek. 

Usia 4 minggu, duri sudah sepenuhnya berwarna coklat, gigi susu masih terus berganti dan landak sudah bisa roll up (menggulung sempurna). 

Usia 5 - 6 minggu, anak landak sudah pisah sapih serta sudah mandiri atau tidak bergantung dengan induknya lagi. 

2 - 3 bulan, bagian tulang metacarpal dan phalangeal epiphyses sudah terlihat saat di x-ray (keperluan medis)

3 - 4 bulan, gigi susu sudah bertukar dengan gigi permanen. 

12 bulan, gigi permanen sudah terbentuk sempurna dan sudah dewasa secara seksual. 

Begitulah tahapan pertumbuhan dan perkembangan landak sampai dia dewasa. Mudah-mudahan kamu tidak memiliki kebingugan lagi ya, kalau ada anak landak di rumahmu. Semoga bermanfaat. :) (hp)

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih