Skip to main content

Apa yang harus dilakukan agar kucing tidak kencing berdarah lagi?

Dokter-hewan.net – Kencing berdarah, sulit kencing dan kencing batu adalah penyakit yang paling umum ditemukan di klinik hewan. Penyakit ini umumnya muncul kepada hewan-hewan yang terlalu disayang dan dimanja oleh pemiliknya, sehingga terkadang dokter hewan menyebutnya penyakit kucing manja, karena diderita oleh kucing-kucing yang terlalu dimanja oleh pemiliknya, alias tidak mengatur dietnya dengan baik dan benar.

Penyakit yang dikenal dengan nama Feline Urinary Syndrom (FUS) ini memang memiliki banyak sekali kemungkinan penyebabnya, salah satunya adalah faktor manajemen makanan yang sangat tidak sehat, misalnya memberikan makan setiap kucing meminta, kucing kurang beraktifitas dan memberikan makanan dengan kualitas yang sangat jelek alias asal kucing suka.

Terkadang, pemilik hewan juga akan kebingungan dengan penyakit ini. Hari ini sembuh dan sebulan kemudian kambuh kembali, dan kembali lagi. Lantas, bagaimana cara agar penyakit ini tidak kambuh kembali? Berikut adalah tips agar kucing tidak kencing berdarah menurut drh. Habyb Palyoga :

Berikan makanan khusus urinary
Hal pertama yang harus dibenahi adalah makanan yang diberikan. Wajib hukumnya mengganti makanan yang biasa diberikan dengan makanan yang khusus untuk penyakit ini. Umumnya dokter hewan akan menyarankan untuk memberikan pakan khusus penyakit urinary, misalnya Royal Canin Urinary S/O, atau hills urinary. Dan tidak dibenarkan memberikan pakan lain selain makanan yang dianjurkan oleh dokter hewan.

Takar jumlah makanan yang diberikan
Walaupun jenis pakan yang sudah digunakan adalah khusus untuk masalah perkemihan, jumlah pemberian dan berapa kali pemberiannya harus diikuti juga. Jika jumlah makanan yang diberikan masih berlebihan, makanan yang paling sehatpun akan menjadi racun bagi kucing, sehingga penyakit akan kembali datang bahkan penyakit baru akan mulai bermunculan. Sehingga ikuti anjuran pakainya.

Jika kebingungan bisa dilihat di belakang kemasan. Umumnya label memberitahukan berapa jumlah makanan yang dapat dimakan perhari berdasarkan berat badan kucing. Misalnya 4 kg = 100g makanan. Jadi dalam 1 hari, kucing yang berberat 4 kg hanya boleh makan 100 g saja, jika dia makan 2x sehari, berarti dia hanya boleh makan 50 g per porsi, jika makan 4x sehari berarti hanya boleh makan 25 g per porsi. Begitulah logikanya.

Tidak ada lagi cemilan, snack atau makanan lain
Selain jenis makanan dan takaran yang tepat, yang harus diperhatikan lagi adalah makanan sampingannya. Selayaknya pepatah, setitik nila, rusak susu sebelanga, jika pola hidup sehat tidak diikuti dengan pengurangan makanan yang tidak berguna, maka akan membuat hewan akan jatuh sakit lagi. Sehingga pemberian makanan selain makanan pokok harus dikurangi bahkan di hilangkan sama sekali. Misalnya tidak boleh lagi di berikan snack khusus kucing, bahkan tidak boleh lagi memakan makanan lainnya, waluapun itu ikan rebus, ayam rebus bahkan makanan buatan rumah lainnya. Hal ini disebabkan makanan rumahan dapat bersifat membayakan kucing karena kelebihan nutrisi, selain itu ditakutkan kucing akan keracunan akibat bahan makanan manusia yang bisa menjadi racun buat kucing.

Manajemen aktifitas dan litter box harus dibenahi
Terakhir, jika makanan yang diberikan sudah benar, maka manajemen rumahlah yang harus diperbaiki. Misalnya dari segi aktifitas, kucing harus dipaksa untuk berolahraga, misalnya bermain Bersama, membelikan kucing tempat melompat dan bermain, bahkan menyembunyikan makanan kucing agar dia lebih aktif bergerak untuk mencari makanan. Selain itu manajemen litter box harus benar juga, misalnya jumlah litter box n+1 atau total jumlah kucing ditambah 1, kemudian posisi litter box yang baik dan benar dan seterusnya.

Drh. Habyb Palyoga menambahkan, jika keempat tips diatas sudah diterapkan sehari-hari, Insyaallah tidak akan ada lagi penyakit masalah perkemihan, dan kucing akan lebih sehat serta aktif. Bagaimana? Apakah anda mau mencoba?


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Sumber Bina Makmur (Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth)

Dokter-hewan.net - PT. Sumber Bina Makmur , Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth in Indonesia. We are currently expanding our team, we’re looking for a Vet Advisor with these qualifications : 
• Veterinarian Experienced : Had experienced min. 1 year in the field.  • Having a good analytical thinking  • Goal Oriented  • Having a good communication skill  • Fluently speaking in English 
If you are interested with the position please kindly e-mail us your CV to info@sbmpetnutrition.com  ely@sbmpetnutrition.com or contact us directly. 
Thank you.

Lowongan Kerja : Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam

Dokter-Hewan.net - Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan dengan ketentuan sebagai berikut : Position:VETERINARY SURGEONTotal Vacancy:6 Male/FemaleWork Address:PETLINK VETERINARY CARE No.6, Ground Floor, Bangunan Hj Awg Metusin H.A & Hj Abdullah H.M Adik Beradik, Kg.Kiulap BE1518, Bandar Seri BegawanDistrict:Brunei MuaraEducation Required:  Master"s Degree (Master"s) or equivalentAge:20 - 30 years oldDriving License Class:3Basic Salary:B$ 1,500 / MonthEmployment Type:Full TimeWorking hours with breaks (8 hours):9:00 - 12:00, 13:30 - 18:00
Job Description: -Examine animals to diagnose their health problem  -Diagnose and treat animals for medical conditions  -Treat and dress wounds  -Perform surgery on animals  -Test for and vaccinate against diseases  -Operate medical equipment, such as x-ray machines  -Advise animal owners about general care, medical conditions, and treatment
Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran anda ke email : anderson.li…

Lowongan Kerja : Sido Muncul

Dokter-hewan.net - Sido Muncul membutuhkan dokter hewan dengan syarat sebagai berikut : Dokter HewanMemiliki SIP (Surat Ijin Praktek)Laki-lakiUsia maksimal 35 Tahun (Fresh Graduate lebih disukai) Tanggung jawab :  Sebagai kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Penelitian dan pengembangan produkSebagai Dokter Hewan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Agro Wisata Sido Muncul, yaitu melakukan pengamatan, pengawasan, perawatan dan tindakan-tindakan medis satwa di Konservasi (terdiri dari 52 jenis dengan jumlah total 200) Melakukan administrasi terkait tanggung jawab (misal : BAP, Surat-surat terkait tanggung jawab, pernyataan-pernyataan) Ingin bergabung bisa apply ke hrd.klepu@sidomuncul.co.id