Skip to main content

Kucingmu suka ngempeng? Apakah itu pertanda buruk?

Photo by Pixabay from Pexels
Dokter-hewan.net - Ngempeng adalah istilah untuk menggambarkan perilaku anak kucing yang suka menyedot puting induknya, temannya, bahkan organ tubuhnya sendiri maupun benda-benda kesayangannya. Banyak orang yang beranggapan hal ini adalah hal yang sangat wajar dilakukan oleh anak kucing, namun tahukah kamu, perilaku ngempeng ini bisa jadi karena disebabkan oleh stress, penyimpangan perilaku bahkan hanya untuk bersenang-senang.

Anak kucing ngempeng? 
Perilaku ngempeng paling umum dilakukan oleh anak kucing atau kitten. Contohnya kucing Juwi yang baru saja saya tangani, pemilik merasa khawatir saat mengetahui Juwi ngempeng dari putingnya sendiri, yaitu dengan menggulungkan badannya sampai dia bisa ngempeng dari putingnya sendiri. Selain Juwi, banyak sekali Juwi-juwi lainnya diluar sana yang ngempeng ke organ tubuhnya misalnya tangan, ekor, bahkan ke kucing lain yang ada disekitarnya. Bahkan ada yang sampai membuat kucing lain infeksi dan meradang akibat disedot terlalu lama. Selain organ tubuh, perilaku ngempeng juga sangat umum terjadi di benda-benda sekitarnya, misalnya selimut, kain-kainan bahkan bantal kesayangannya.

Kenapa anak kucing ngempeng? 
Banyak sekali penyebab anak kucing ngempeng, paling umum disebabkan anak kucing dipisah dari induknya terlalu dini. Idealnya anak kucing harus disapih oleh induknya 6 minggu. Namun, menurut ASPCA (The American Society for Prevention of Cruelty to Animal) secara online mengatakan bahwa perilaku kucing ngempeng ini dapat juga sebagai pertanda atau gejala stress, penyimpangan perilaku atau bahkan hanya sedar kesenangan semata.

Apakah ngempeng perilaku buruk bagi anak kucing? 
Ngempeng akan menjadi perilaku buruk jika ada efek negatif yang ditimbulkan. Ngempeng umumnya akan menyebabkan area yang dihisap memerah, bengkak, menimbulkan iritasi, meradang bahkan menimbulkan infeksi. Jika hal ini terjadi saat proses ngempeng, baik bagi dirinya sendiri dan atau kucing lainnya, tentunya perilaku ini harus segera dihentikan. 

Atau, lokasi anak kucing ngemepeng merupakan bahan-bahan yang berbahaya dan bisa tertelan misalnya selimut yang mengandung bahan yang mudah copot dan rentan tertelan, tentunya perilaku ngempeng harus segera dipindahkan ke benda yang lebih aman dari tertelan dan copot.

Jika perilaku ngempeng tidak membahayakan, dan tidak menyebabkan sakit tentunya saja hal ini diperbolehkan selama masih dalam kondisi yang wajar.

Apa yang harus dilakukan jika anak kucing saya ngempeng? 
Tidak ada yang terlalu banyak dilakukan. Jika anak kucing ngempeng dengan porsi yang wajar dan tidak merusak dan membahayakan dirinya, tidak perlu terlalu di khawatirkan. Nanti dia akan mulai mengurangi perilaku itu setelah dia tumbuh dewasa.

Namun, jika anak kucing sudah menunjukkan banyak hal negatif bahkan menjadi ketergantungan oleh perilaku ini, sebaiknya alihkan perhatiannya segera, latih dia melakukan hal yang lain yang lebih bermanfaat. Jikalau hal ini masih tidak membantu, segera temui dokter hewan terdekat atau pelatih kucing yang bersertifikat agar diupayakan mengurangi perilaku menyimpang tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Pertolongan Pertama Diare atau Mencret pada Anjing

Dokter-hewan.net - Diare dan mencret adalah gejala paling umum pada anjing, umumnya disebabkan perilaku anjing yang meletakkan semua hal di dalam mulutnya. Namun, diare juga dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit serius. Beberapa penyebab memerlukan perhatian khusus, terutama diare yang parah dan sering.

Apa yang harus diperhatikan saat diare? 
Konsistensi dari BAB harus diperhatikan, yaitu bentuk, warna, bahkan baunya. Namun, juga harus memperhatikan gejala lainnya juga seperti muntah, kehilangan nafsu makan, berat badan berkurang, sakit di bagian perut, lemah dan gejala penyakit lainnya.

Penyebab utama Diare pada anjing
Diare akut (diare yang barusaja terjadi) umumnya disebabkan kesalahan dalam pola diate misalnya memakan makanan selain dogfood atau sisa-sisa makanan manusia, stress, penggantian makan mendadak, infeksi virus, bakteri bahkan infeksi parasit.

Diare kronis (sudah berlangsung lama) umumnya disebabkan oleh alergi makanan atau intoleransi makanan tertentu, stress, parasit…

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 
Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut me…