Skip to main content

Mengandangkan kucing hukumnya haram?

Dokter-hewan.net - Seorang klien yang berasal dari United Kingdom (UK) bertanya kepada saya tentang tetangganya. Dia berkata :"Dokter, kenapa ya, tetangga saya memelihara kucing, dan dia sayang dengan kucingnya. Namun, kucingnya di dalam kandang setiap hari, dan tidak pernah dikeluarkan. Ini pertama kali saya melihatnya, di tempat saya (UK), tidak pernah saya lihat hal seperti itu, apakah itu disarankan demikian?"

...mendengarkan pertanyaan itu, saya terenyuh dan merasa mundur jauh ke tahun sebelum masehi. Betapa jauhnya kita tertinggal dari negara maju seperti UK. 

Hal itulah yang membuat saya ingin sekali sharing tetang hal yang sederhana ini, namun sangat mencerminkan keterbelakangan kita saat ini. Dan saya memilih judul yang fenomenal agar postingan ini dibaca dan bikin orang pensaran sehingga lebih banyak orang yang terbuka matanya, jadi mohon dimaklumi. 

Menanggapi pertanyaan klien tersebut, saya langsung menjelaskan dengan santai. 

"Ini adalah hal yang tidak benar menurut ilmu kedokteran hewan (kesejahteraan hewan), karena pada salah satu poinnya dinyatakan bahwa hewan harus bebas mengekspresikan dirinya. Namun di dalam kandang, hewan tidak bebas dan sangat terbatas, jangankan untuk memanjat sana sini, untuk meluruskan kakinya sudah susah. Jadi mohon jangan ditiru, ungkap saya."

...kemudian saya menambahkan, tidak semua orang disini memelihara kucing seperti itu, namun kebanyakan memang demikian karena pengaruh budaya setempat". 

Jadi, untuk meluruskan itu semua, hari ini saya share 10 Alasan kucing boleh di kandangkan (halal), namun jika 10 poin itu tidak terdapat di kucing kalian, berarti haram untuk dikandangkan! 

  1. Kucing dalam masa pelatihan untuk menggunakan litter box, sehingga boleh di latih di dalam kandang. 
  2. Menjinakkan kucing yang liar
  3. Kucing dalam masa karantina 
  4. Saat mengenalkan kucing baru
  5. Proses penegakan diagnosa pada kucing yang lebih dari satu di rumah
  6. Kucing dalam masa pemberian obat atau terapi
  7. Mengenalkan lingkungan baru
  8. Kandang sebagai alat training
  9. Kucing suka kabur dan keluyuran
  10. Masa kawin
Jadi, kalau kucing kamu tidak ada dalam 10 poin itu, haram bagi mereka untuk di kandangkan. Untuk melihat penjelasan lengkapnya dari saya, silahkan simak video di bawah ini : 


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Sumber Bina Makmur (Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth)

Dokter-hewan.net - PT. Sumber Bina Makmur , Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth in Indonesia. We are currently expanding our team, we’re looking for a Vet Advisor with these qualifications : 
• Veterinarian Experienced : Had experienced min. 1 year in the field.  • Having a good analytical thinking  • Goal Oriented  • Having a good communication skill  • Fluently speaking in English 
If you are interested with the position please kindly e-mail us your CV to info@sbmpetnutrition.com  ely@sbmpetnutrition.com or contact us directly. 
Thank you.

Lowongan Kerja : Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam

Dokter-Hewan.net - Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan dengan ketentuan sebagai berikut : Position:VETERINARY SURGEONTotal Vacancy:6 Male/FemaleWork Address:PETLINK VETERINARY CARE No.6, Ground Floor, Bangunan Hj Awg Metusin H.A & Hj Abdullah H.M Adik Beradik, Kg.Kiulap BE1518, Bandar Seri BegawanDistrict:Brunei MuaraEducation Required:  Master"s Degree (Master"s) or equivalentAge:20 - 30 years oldDriving License Class:3Basic Salary:B$ 1,500 / MonthEmployment Type:Full TimeWorking hours with breaks (8 hours):9:00 - 12:00, 13:30 - 18:00
Job Description: -Examine animals to diagnose their health problem  -Diagnose and treat animals for medical conditions  -Treat and dress wounds  -Perform surgery on animals  -Test for and vaccinate against diseases  -Operate medical equipment, such as x-ray machines  -Advise animal owners about general care, medical conditions, and treatment
Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran anda ke email : anderson.li…

Lowongan Kerja : Sido Muncul

Dokter-hewan.net - Sido Muncul membutuhkan dokter hewan dengan syarat sebagai berikut : Dokter HewanMemiliki SIP (Surat Ijin Praktek)Laki-lakiUsia maksimal 35 Tahun (Fresh Graduate lebih disukai) Tanggung jawab :  Sebagai kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Penelitian dan pengembangan produkSebagai Dokter Hewan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Agro Wisata Sido Muncul, yaitu melakukan pengamatan, pengawasan, perawatan dan tindakan-tindakan medis satwa di Konservasi (terdiri dari 52 jenis dengan jumlah total 200) Melakukan administrasi terkait tanggung jawab (misal : BAP, Surat-surat terkait tanggung jawab, pernyataan-pernyataan) Ingin bergabung bisa apply ke hrd.klepu@sidomuncul.co.id