Skip to main content

Mengandangkan kucing hukumnya haram?

Dokter-hewan.net - Seorang klien yang berasal dari United Kingdom (UK) bertanya kepada saya tentang tetangganya. Dia berkata :"Dokter, kenapa ya, tetangga saya memelihara kucing, dan dia sayang dengan kucingnya. Namun, kucingnya di dalam kandang setiap hari, dan tidak pernah dikeluarkan. Ini pertama kali saya melihatnya, di tempat saya (UK), tidak pernah saya lihat hal seperti itu, apakah itu disarankan demikian?"

...mendengarkan pertanyaan itu, saya terenyuh dan merasa mundur jauh ke tahun sebelum masehi. Betapa jauhnya kita tertinggal dari negara maju seperti UK. 

Hal itulah yang membuat saya ingin sekali sharing tetang hal yang sederhana ini, namun sangat mencerminkan keterbelakangan kita saat ini. Dan saya memilih judul yang fenomenal agar postingan ini dibaca dan bikin orang pensaran sehingga lebih banyak orang yang terbuka matanya, jadi mohon dimaklumi. 

Menanggapi pertanyaan klien tersebut, saya langsung menjelaskan dengan santai. 

"Ini adalah hal yang tidak benar menurut ilmu kedokteran hewan (kesejahteraan hewan), karena pada salah satu poinnya dinyatakan bahwa hewan harus bebas mengekspresikan dirinya. Namun di dalam kandang, hewan tidak bebas dan sangat terbatas, jangankan untuk memanjat sana sini, untuk meluruskan kakinya sudah susah. Jadi mohon jangan ditiru, ungkap saya."

...kemudian saya menambahkan, tidak semua orang disini memelihara kucing seperti itu, namun kebanyakan memang demikian karena pengaruh budaya setempat". 

Jadi, untuk meluruskan itu semua, hari ini saya share 10 Alasan kucing boleh di kandangkan (halal), namun jika 10 poin itu tidak terdapat di kucing kalian, berarti haram untuk dikandangkan! 

  1. Kucing dalam masa pelatihan untuk menggunakan litter box, sehingga boleh di latih di dalam kandang. 
  2. Menjinakkan kucing yang liar
  3. Kucing dalam masa karantina 
  4. Saat mengenalkan kucing baru
  5. Proses penegakan diagnosa pada kucing yang lebih dari satu di rumah
  6. Kucing dalam masa pemberian obat atau terapi
  7. Mengenalkan lingkungan baru
  8. Kandang sebagai alat training
  9. Kucing suka kabur dan keluyuran
  10. Masa kawin
Jadi, kalau kucing kamu tidak ada dalam 10 poin itu, haram bagi mereka untuk di kandangkan. Untuk melihat penjelasan lengkapnya dari saya, silahkan simak video di bawah ini : 


Comments

Popular posts from this blog

Alur Pemotongan Hewan di RPH

Pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan antara lain melewati beberapa tahap antara lain Kandang Penampungan (Kandang Istirahat), daerah kotor dan daerah bersih. Adapun yang termasuk daerah kotor yaitu tempat pemingsanan, tempat pemotongan, tempat pengeluaran darah, tempat penyelesaian penyemblihan, ruang jeroan, ruang kepala dan kaki, ruang kulit dan tempat pemeriksaan post mortem. Sedangkan daerah bersih yaitu ruang pendinginan atau pelayuan, ruang pembekuan, ruang pembagian karkas, ruang penimbangan karkas dan ruang pengemasan daging. Adapun alur yang dilewati antara lain :

Kadang Penampungan (Kandang Istirahat)
Kadang penampungan merupakan kandang yang digunakan untuk menampung hewan sebelum dilakukan pemotongan. Kandang penampungan juga biasa disebut kandang istirahat karena menjadi tempat istirahat hewan setelah melakukan perjalanan dari kandang ke rumah potong hewan. Selain itu fungsi kandang penampungan adalah tempat pemeriksaan ante mortem (pemeriksaan sebelum disembelih). Peme…

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna.

Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata.

Pengobatan dan …

FORM MENDAFTAR KTA PDHI SEUMUR HIDUP UNTUK SEMUA DOKTER HEWAN

Dokter-hewan.net -Kepada Seluruh Dokter Hewan di Indonesia bahwa pada Kepengurusan Baru PB PDHI masa bhakti 2018 - 2022 akan melakukan pengkinian biodata anggota, sebagai dasar pembuatan kartu tanda anggota (KTA) yang akan berlaku seumur hidup. Kartu yang telah dicetak akan dikirimkan ke cabang PDHI masing-masing untuk diberikan kepada anggota. Biaya Pembuatan Kartu tidak dipungut biaya. Bagi Anggota yang memerlukan STRV silahkan WA ke 081298476732 akan dikirimkan persyaratan dokumen untuk permohonan STRV.
Viva Veteriner Jaya Lah Dokter Hewan IndonesiaYuk! Klik link di bawah ini.https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeqBv0rRtAbFGPU9As9dwF1rOnuy7OsVKh01J6gE6y8RUE2Ag/viewform