Skip to main content

Apakah kucingmu minum cukup air? Berikut 10 cara agar kucingmu minum lebih banyak air

Dokter-hewan.net - Kebanyakan kucing tidak minum air yang cukup. Dehidrasi pada kucing akan mempengaruhi kesehatannya, umumnya akan telihat tidak bersemangat bahkan akan menimbulkan penyakit yang parah, kencing batu adalah salah satu penyakit yang ditemukan pada kucing yang malas minum. Jika kucingmu termasuk salah satu kucing yang malas minum, kamu harus waspada dan harus memutar otak untuk membuatnya banyak minum.

Berikut 10 tips yang bisa kamu gunakan agar kucingmu minum lebih banyak dirumah :

  • Berganti ke pakan basah
Photo by Craig Adderley from Pexels

Pakan basah atau wet food memiliki kandungan air yang lebih banyak, sehingga setiap makanan yang kucingmu makan akan mengandung lebih banyak air. Artinya, saat kucingmu makan akan sekaligus meminum air dan dia akan terhindar dari dehidrasi. Jikalau kucingmu tidak menyukai wetfood, bisa diakali dengan menambahkan air di pakan keringnya, bisa berupa air minum biasa atau air bekas rebusan ayam, tentunya cita rasa makanan akan lebih disukai anak bulumu. 
  • Cobalah masukkan es batu ke mangkuk kucing
Photo by Sheep . from Pexels

Teknik lain yang umumnya berhasil adalah dengan menggunakan es batu. Saat kucingmu makan dry foodnya, masukkan juga disana es batu. Sehingga saat dia memakan makanan, secara tidak sengaja akan menjilati es batu disana, bahkan kucing akan meneruskan untuk menjilatinya. Hal ini akan membantu kucing untuk minum lebih banyak lagi. 
  • Kecilkan porsi makanan, dan perbanyak jam makan
Photo by Amir Roberts from Pexels

Tahukah kamu, setiap kucing memakan dryfood, setelahnya kucing akan merasa haus dan dia akan minum. Jika kamu memberikan makanan dengan porsi yang lebih sedikit dan kemudian dalam jadwal yang lebih banyak, maka kucing akan minum lebih banyak setiap harinya. 
  • Letakkan mangkuk minuman di setiap sisi rumah
Photo by Dương Nhân from Pexels

Kucing terkadang juga malas saat mengambil minumannya jika terlalu jauh. Hal inilah yang membuat kamu harus memutar otak agar dia minum dengan cukup. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memfasilitasi dia dengan minuman yang tersedia di area dia bercengkerama, sehingga tidak ada lagi alasan baginya untuk malas minum lagi. 
  • Tentukan lokasi mangkuk yang benar
Photo by Tranmautritam from Pexels

Selain lokasinya terlalu jauh, lokasi yang salah akan membuat kucing membenci minum. Misalnya saja kamu meletakkan air minum di cahaya matahari langsung, dan lokasi yang sangat panas sehingga dia malas menjangkau lokasi itu, atau lokasi yang terlalu banyak orang lalu lalang sehingga dia tidak nyaman minum disana. Jadi, posisikan tempat minumnya di lokasi yang dia sukai agar dia tidak malas minum lagi. 
  • Isi ulang air setiap hari
Photo by rawpixel.com from Pexels

Kucing juga menyukai air yang fresh dan baru! Jadi jangan malas mengganti air minumnya ya! Minimal sekali dalam sehari. Bersihkan mangkuk airnya, dan kemudian isi dengan air baru yang segar. Hal ini akan meningkatkan nafsu minumnya loh! 
  • Coba ajarkan dia minum di air mengalir
Photo by Nithin Pa from Pexels

Kadangkala ada kucing yang lebih suka meminum air yang mengalir. Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk melatihnya minum dari air keran langsung. Caranya hidupkan keran airmu setiap pagi dan malam. Hal ini akan memunculkan rasa ingin tahu pada kucing dan akhirnya dia akan mencoba meminumnya. Namun, untuk wilayah Indonesia. Jika airmu tidak bersih alangkah baiknya pakaikan filter air dulu ya! 
  • Belikan air mancur kucing

Jika dirumahmu airnya tidak terlalu bagus, dan masih takut waluapun sudah menggunakan filter, alangkah baiknya mencoba membelikan kucing air mancur kucing. Benda ini disimulasikan seperti air mancur namun menggunakan air minum, sehingga kucingmu aman meminumnya dari sana. Selalin itu benda ini akan meningkatkan rasa ingin tahunya dan ia akan meminum air lebih banyak. 
  • Berikan rasa pada airnya

Selayaknya manusia, kucing juga punya rasa kesukaannya. Jadi berikan rasa favoritnya di air-air tersebut. Caranya dengan memberikan sedikit campuran jus tuna (wetfoodnya di blender sedikit) atau dengan air bekas rebusan ayam. 
  • Gunakan mangkuk kesukaannya. 

Jika rasanya kucingmu masih tetap malas minum waluapun sudah dicobakan beberapa opsi di atas. Maka kamu harus mencoba untuk mengganti mangkuknya. Jika biasanya kamu menggunakan plastik, alangkah baiknya ganti ke keramik atau stainless steel. Kedua benda itu memberikan rasa sejuk di air dan terkesan tidak berbau. Tentunya kucingmu yang lebih mengetahuinya. 

Jadi, tips yang keberapa yang memberikan hasil yang signifikan buat kamu? 

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne Pengertian Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo ( blackhead ). Penyebab dari Jerawat Kucing Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik. Gejala jerawat kucing    Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing Dagu kucing terlihat kotor Komedo menyebabkan terjadinya abses Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu. Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.   Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.   Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.   Jerawat kucing dapat muncul pada se