Skip to main content

Kenapa kucing selalu tidur? Berikut 5 fakta tentang tidur kucing

Dokter-hewan.net - Kita seringkali bertanya-tanya. Kenapa kucing tidur melulu? Apakah mereka benar-benar tidur atau hanya sekedar istirahat dan apakah mereka bermimpi? Dan apakah normal jika mereka tidur sambil mendengkur? Berikut adalah fakta-fakta tentang tidur kucing.

Kucing tidur sepanjang waktu merupakan rahasia umum yang diketahui oleh semua orang. Mereka bisa tidur dimana saja, lantai, kursi, kasur, tumpukan baju bahkan di tempat-tempat ekstrim sekalipun. Bahkan, jika kamu menelurusi menggunakan google, kamu akan menemukan ribuan bahkan jutaan foto kucing yang sedang tidur dengan damai. Namun, yang menjadi pertanyaan saat ini, kenapa mereka tidur begitu lama? yuk! kita pelajari 5 fakta tentang tidur kucing.

1. Tidur adalah bagian dari genetik kucing
Photo by Immortal shots from Pexels

Jika pertanyaannya seberapa lama kucing tidur dalam sehari, jawabannya adalah 16 jam/hari. Bahkan bagi kucing-kucing tua atau senior bisa lebih dari itu. Ternyata, kebiasaan tidur seperti itu sudah dari bagian genetik kucing loh! alias hasil dari evolusi kucing untuk bertahan hidup.

Evolusi yang kami maksud yaitu hasil pengaruh dari faktor nutrisi, kebiasaan dan psikologi kucing. Di alam liar, kucing harus berburu untuk mendapatkan makanan, dan mereka harus mengintai, mengejar dan membunuh mangsanya. Kegiatan-kegiatan ini membutuhkan banyak sekali energi. Tidur adalah satu-satunya cara kucing untuk menghemat energi antara berburu satu dengan berburu lainnya.

2. Kucing tidak selalu tertidur lelap
Photo by Ihsan Aditya from Pexels

Jika kamu perhatikan, ada beberapa perbedaan tidur pada kucing. Ada saatnya kucing tertidur lelap, namun juga ada waktunya tidur hanya tertidur namun telinganya masih tetap aktif untuk berjaga-jaga. Kucing tidak selalu tertidur lelap. Pada kondisi ini, kucing akan memejamkan matanya dan posisikan badanya seolah tidur, namun telinganya akan bergerak-gerak berputar-putar jika ada suara disekitarnya. Bahkan, saat dudukpun, kucing bisa melakukan tidur ini.

3. Tidur lelap dan bermimpi
Photo by Fabricio Trujillo from Pexels

Selayaknya manusia, kucing juga menggunakan waktunya untuk tidur lelap bahkan bermimpi. Saat melakukan tidur ini kucing akan memejamkan matanya sangat dalam, dan akan menggulungkan badannya, bahkan wajahnya akan bersentuhan dengan ekornya. Pada kondisi ini kucing akan benar-benar tertidur pulas. Jika kucingmu sedang tidur ini, alangah baiknya jangan diganggu, karena pada posisi tidur seperti ini kucing benar-benar istirahat dan akan membantu menjaga kesehatan hewanmu.

Nah, jika kamu melihat kucingmu menggerakkan kakinya atau telapak kakinya saat tidur, dapat dipastikan kucingmu sedang bermimpi disana. Berharaplah kamu adalah bagian dari mimpinya, so sweet ya!

4. Kucing juga mendengkur
Photo by Tomas Ryant from Pexels

Dengkuran akan muncul jika adanya penghalang saluran pernafasan, misalnya saja oleh kelebihan kulit atau sejenisnya. Hal ini akan terjadi saat kucing benar-benar rileks dan lelap. Namun, dengkuran kebanyakan muncul pada kucing yang berjenis hidung pendek seperti persian, himalayan atau eksotik short hair.

5. Perubahan pola tidur kucing bisa menjadi gejala kesehatan
Photo by Mike from Pexels

Pada saat kucingmu tidur, pastinya kamu akan merasakan kepuasan tersendiri, namun jika kucingmu tidur kebanyakan atau terlalu sedikit, hal ini dapat menjadi salah satu gejala gangguan kesehatan. Jika sudah demikian kamu dianjurkan langsung membawa kucingmu ke dokter hewan terdekat agar diperiksa lebih lanjut. Umumnya saat tidur berlebihan kucing merasakan kesakitan, dan sebaliknya jika kucing tidur lebih sedikit bisa saja itu gejala hyperthyroidsm.

Source

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Penempatan Tangerang Selatan

Dokter-hewan.net - Drh. Vizta mencari dokter hewan praktisi hewan kecil dengan persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan :

Pria/WanitaFresh graduate/berpengalamanBerfokus di bidang praktisi hewan kecilMempunyai semangat belajar yang tinggiMampu bekerja sendiri maupun timMampu bekerja di bawah tekanan Lokasi : Tangerang Selatan (Ciputat dan Bintaro)
Silahkan kirimkan :  Surat LamaranCVFotoKTPIjazah SKH dan DrhTranskrip SKH dan Drh ke email : novizta.au@yahoo.com
Informasi lebih lanjut : 085702518587 (drh. vizta)


6 Produk Pembersih Rumah Tangga yang Tidak Aman Bagi Anjing

Dokter-hewan.net - Rumah yang bersih dan wangi adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pecinta hewan khususnya pemilik anjing. Dog lover umumnya akan membersihkan rumahnya lebih rutin dibandingkan yang bukan dog lover, alasannya karena anjing lebih memiliki kegiatan outdoor yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya, termasuk kucing. Sehingga, rumah akan sedikit kotor jika anjing habis bermain diluar rumah.

Perlatan yang digunakan oleh dog lover lumayan beragam, mulai dari pembersih komersial yang dijual di pasaran bahkan sampai ke pembersih natural demi kesehatan anak bulu berkaki empatnya. Namun, seringkali dog lover mempertanyakan apakah bahan pembersih yang digunakannya berbahaya bagi anak-anaknya? Berikut kami ulas satu persatu.

Menurut dogster.com ada 4 bahan yang umumnya terdapat di zat pembersih rumah namun sangat berbahaya bagi anjing, bahan-bahan itu adalah Ammonia, Chlorine, Glycol Ethers, dan Formalin atau Formaldehyde.


Ammonia - Umumnya digunakan sebagai …

Lowongan Kerja : Alphavet Bekasi

Dokter-hewan.net - ALPHAVET akan menambah team drh, untuh itu Alphavet membuka Lowongan kerja untuk Dokter Hewan ;

1. Dokter hewan wanita / pria
2. Passion nya sebagai praktisi, bukan hanya sekedar mencari kerja daripada menganggur.
3. Jujur dan Bertanggung jawab
4. Mempunyai kemauan keras untuk belajar berkelanjutan.
5. Harus bisa bekerja dalam team.
6. Bersedia bekerja di hari libur.


Lamaran nya dikirim ke email ;
ennymaya@yahoo.co.id
Hp : 081293406830

Daerah Kota Bekasi