Skip to main content

Kucingmu sering menghadiahimu dengan buruannya? Berikut alasannya!


Photo by Rudolf Jakkel from Pexels
Dokter-hewan.net - Apakah kucingmu selalu memberikan hadiah yang tidak terduga kepadamu? Hadiah yang dokter maksud adalah benda-benda kesayangannya dan hasil buruannya, misalnya boneka mainannya, atau bagi kamu pemilik yang kurang beruntung mereka akan membawakan burung mati atau bangkai tikus kepadamu.

Lantas kamu pasti langsung berfikir, "kenapa ya kucing saya memberikan saya hadiah-hadiah ini?" dan bagaimana cara menghentikan tingkah laku ini?

Untuk mengetahui alasannya dan motivasi dari tindakan itu, tentunya kita harus memahami dulu kenapa kucingmu melakukan tingkah laku demikian.

Kenapa kucing membawa hadiah? 
Tingkah laku ini dapat disebabkan oleh motivasi yang berbeda-beda. Tentunya, kamu sebagai pemilik akan lebih memahami tingkah laku hewanmu sehari-hari dirumah. Namun, berikut adalah alasan umum yang terjadi di rumah.

Kucing yang membawakan mainannya 
Jika kucingmu termasuk kucing ini tentunya kamu adalah orang yang beruntung. Kucing yang menyapamu pagi atau dan malam sambil membawa mainan kesayangannya merupakan kucing yang suka mencari perhatianmu. Umumnya, kucing akan membawa boneka kesayangannya agar kamu lebih tertarik kepadanya dan boneka kesayangannya dan akhirnya kamu akan meluangkan waktu lebih untuk bermain dengan mereka.

Umumnya, kucing yang seperti ini memiliki pemilik yang lumayan sibuk aktifitasnya, sehingga kucing merasa dirinya kurang diperhatikan. Saat mereka membawakan sesuatu kepadamu, artinya dia ingin lebih diperhatikan lagi. Jadi, jika kucingmu sudah demikian, tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan mereka ya!

Kucing yang memberikan hasil buruan kepadamu
Kucing adalah pemburu yang handal, secara naluri mereka akan menangkap semua yang bergerak cepat misalnya burung dan tikus. Jadi, saat mereka melihat hewan-hewan kecil tersebut, tentunya mereka akan langsung memburu dan menangkapnya.

Setelah berburu, umumnya mereka akan bermain dengan hasil buruannya dan atau bahkan memakannya. Terkadang mereka akan meninggalkannya begitu saja jika sudah bosan bermain dengan mayat buruannya. Namun, terkadang mereka memberikan hasil buruannya kepada pemiliknya loh! Bagaimana itu bisa terjadi?

Alaminya, induk kucing akan membawakan (menunjukkan) hasil buruannya kepada anak-anaknya (kitten), hal ini dimaksudkan untuk mengajari mereka untuk berburu. Hal ini juga dikaitkan bahwa induk kucing juga akan membagikan hasil buruannya kepada anak-anaknya tersebut. Para ahli yakin, hal inilah yang menjadi latar belakang kucing membawa buruannya kepadamu. Mereka bermaksud membagi hasil buruannya sebagai tanda kasih sayang (atau kucingmu suka melihat kamu ketakutan setengah mati melihat hasil buruanya, hehe)

Umumnya, pemilik kucing berteriak dan berusaha menjauhkan kucing dari buruannya. Hal ini akan membuat kucing menjadi senang, kemudian pemilik hewan akan berusaha menukarkan hasil buruannya itu dengan cemilan kesukaannya, atau mainan kesayangannya. Perilaku inilah yang membuat kucing semakin sering membawa buruannya pulang, karena mereka akan mendapatkan hal yang menyenangkan setelah membawa buruannya balik ke rumah.

Bagaimana cara menghentikan perilaku tersebut? 
Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghentikan perilaku tersebut. Pertama, jangan biarkan kucingmu bermain keluar rumah.

Ketika kucing sudah tidak keluar rumah, tentunya mereka akan jarang sekali berburu hewan-hewan kecil tersebut. Otomatis hal ini akan membuat frekuensi mereka membawa buruan pulang akan semakin berkurang.

Kedua, buat kucingmu selalu sibuk saat berada di dalam rumah. Belikanlah food puzzle, mainan dan hal serupa lainnya. Sehiangga perhatian kucing akan selalu terarah ke mainan tersebut, sehingga mereka lupa untuk berburu hewan liar.

Jika kamu termasuk pemilik yang suka kucingmu bermain di luar, pastikan kamu perhatikan gerak geriknya, atau pakaikan tali selama di luar. Hal ini tentunya akan membatasi gerak geriknya saat diluar. Pastikan di awasi ya! selama di luar.

atau, kamu juga bisaa membuatkan area bermain di luar bagi mereka, jadi semacam sangkar outdoor agar mereka bermain di area yang kamu yakini bebas dari hewan buruan tersebut.

Dibalik itu semua, kamu harusnya apresiasi kucing yang membawa 'hadiah' saat pulang. Itu adalah hal yang baik sebagai komunikasi dua arah antara kamu dan kucingmu. Mungkin saja 'hadiah' yang dia berikan bukanlah hal yang kamu sukai, namun jika kamu menerimanya akan menjadi kebahagian tersendiri buat mereka.

Jadi, kucingmu membawakan hadiah apa?

Source

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Bau yang Tidak Sedap Pada Kucing

Dokter-hewan.net - Kucing adalah hewan yang sangat mencintai kebersihan. Mereka akan melakukan selfgrooming jika merasa dirinya tidak dalam keadaan bersih. Namun, kadangkala pemilik hewan mengeluhkan bau yang tidak sedap dari hewan peliharaan mereka. Apa dan kenapa hewan mereka berbau tidak sedap? Berikut adalah sumber bau yang tidak sedap pada kucing kesayangan anda. 
Bau Mulut Kucing sehat tidak memiliki bau mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah dental disease (gangguan pada pergigian). Plag dan karang gigi adalah kasus paling sering yang menyebabkan dental disease. Plag dan karang gigi yang menempel di gigi dan gusi akan menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) sehingga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sehat.

Kebersihkan gigi juga sangat menentukan ada atau tidaknya bau mulut. Misalnya bahan makanan yang tersangkut dalam waktu lama di gigi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap juga. Selain itu, trauma di jaringan mulut dan tumor pada mulut juga menimbulkan bau yang…

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri.
Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam. 
Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal?
Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat besar. Anda bis…