Skip to main content

Kucingmu sering menghadiahimu dengan buruannya? Berikut alasannya!


Photo by Rudolf Jakkel from Pexels
Dokter-hewan.net - Apakah kucingmu selalu memberikan hadiah yang tidak terduga kepadamu? Hadiah yang dokter maksud adalah benda-benda kesayangannya dan hasil buruannya, misalnya boneka mainannya, atau bagi kamu pemilik yang kurang beruntung mereka akan membawakan burung mati atau bangkai tikus kepadamu.

Lantas kamu pasti langsung berfikir, "kenapa ya kucing saya memberikan saya hadiah-hadiah ini?" dan bagaimana cara menghentikan tingkah laku ini?

Untuk mengetahui alasannya dan motivasi dari tindakan itu, tentunya kita harus memahami dulu kenapa kucingmu melakukan tingkah laku demikian.

Kenapa kucing membawa hadiah? 
Tingkah laku ini dapat disebabkan oleh motivasi yang berbeda-beda. Tentunya, kamu sebagai pemilik akan lebih memahami tingkah laku hewanmu sehari-hari dirumah. Namun, berikut adalah alasan umum yang terjadi di rumah.

Kucing yang membawakan mainannya 
Jika kucingmu termasuk kucing ini tentunya kamu adalah orang yang beruntung. Kucing yang menyapamu pagi atau dan malam sambil membawa mainan kesayangannya merupakan kucing yang suka mencari perhatianmu. Umumnya, kucing akan membawa boneka kesayangannya agar kamu lebih tertarik kepadanya dan boneka kesayangannya dan akhirnya kamu akan meluangkan waktu lebih untuk bermain dengan mereka.

Umumnya, kucing yang seperti ini memiliki pemilik yang lumayan sibuk aktifitasnya, sehingga kucing merasa dirinya kurang diperhatikan. Saat mereka membawakan sesuatu kepadamu, artinya dia ingin lebih diperhatikan lagi. Jadi, jika kucingmu sudah demikian, tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan mereka ya!

Kucing yang memberikan hasil buruan kepadamu
Kucing adalah pemburu yang handal, secara naluri mereka akan menangkap semua yang bergerak cepat misalnya burung dan tikus. Jadi, saat mereka melihat hewan-hewan kecil tersebut, tentunya mereka akan langsung memburu dan menangkapnya.

Setelah berburu, umumnya mereka akan bermain dengan hasil buruannya dan atau bahkan memakannya. Terkadang mereka akan meninggalkannya begitu saja jika sudah bosan bermain dengan mayat buruannya. Namun, terkadang mereka memberikan hasil buruannya kepada pemiliknya loh! Bagaimana itu bisa terjadi?

Alaminya, induk kucing akan membawakan (menunjukkan) hasil buruannya kepada anak-anaknya (kitten), hal ini dimaksudkan untuk mengajari mereka untuk berburu. Hal ini juga dikaitkan bahwa induk kucing juga akan membagikan hasil buruannya kepada anak-anaknya tersebut. Para ahli yakin, hal inilah yang menjadi latar belakang kucing membawa buruannya kepadamu. Mereka bermaksud membagi hasil buruannya sebagai tanda kasih sayang (atau kucingmu suka melihat kamu ketakutan setengah mati melihat hasil buruanya, hehe)

Umumnya, pemilik kucing berteriak dan berusaha menjauhkan kucing dari buruannya. Hal ini akan membuat kucing menjadi senang, kemudian pemilik hewan akan berusaha menukarkan hasil buruannya itu dengan cemilan kesukaannya, atau mainan kesayangannya. Perilaku inilah yang membuat kucing semakin sering membawa buruannya pulang, karena mereka akan mendapatkan hal yang menyenangkan setelah membawa buruannya balik ke rumah.

Bagaimana cara menghentikan perilaku tersebut? 
Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghentikan perilaku tersebut. Pertama, jangan biarkan kucingmu bermain keluar rumah.

Ketika kucing sudah tidak keluar rumah, tentunya mereka akan jarang sekali berburu hewan-hewan kecil tersebut. Otomatis hal ini akan membuat frekuensi mereka membawa buruan pulang akan semakin berkurang.

Kedua, buat kucingmu selalu sibuk saat berada di dalam rumah. Belikanlah food puzzle, mainan dan hal serupa lainnya. Sehiangga perhatian kucing akan selalu terarah ke mainan tersebut, sehingga mereka lupa untuk berburu hewan liar.

Jika kamu termasuk pemilik yang suka kucingmu bermain di luar, pastikan kamu perhatikan gerak geriknya, atau pakaikan tali selama di luar. Hal ini tentunya akan membatasi gerak geriknya saat diluar. Pastikan di awasi ya! selama di luar.

atau, kamu juga bisaa membuatkan area bermain di luar bagi mereka, jadi semacam sangkar outdoor agar mereka bermain di area yang kamu yakini bebas dari hewan buruan tersebut.

Dibalik itu semua, kamu harusnya apresiasi kucing yang membawa 'hadiah' saat pulang. Itu adalah hal yang baik sebagai komunikasi dua arah antara kamu dan kucingmu. Mungkin saja 'hadiah' yang dia berikan bukanlah hal yang kamu sukai, namun jika kamu menerimanya akan menjadi kebahagian tersendiri buat mereka.

Jadi, kucingmu membawakan hadiah apa?

Source

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne Pengertian Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo ( blackhead ). Penyebab dari Jerawat Kucing Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik. Gejala jerawat kucing    Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing Dagu kucing terlihat kotor Komedo menyebabkan terjadinya abses Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu. Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.   Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.   Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.   Jerawat kucing dapat muncul pada se