Skip to main content

Kucingmu sering menghadiahimu dengan buruannya? Berikut alasannya!


Photo by Rudolf Jakkel from Pexels
Dokter-hewan.net - Apakah kucingmu selalu memberikan hadiah yang tidak terduga kepadamu? Hadiah yang dokter maksud adalah benda-benda kesayangannya dan hasil buruannya, misalnya boneka mainannya, atau bagi kamu pemilik yang kurang beruntung mereka akan membawakan burung mati atau bangkai tikus kepadamu.

Lantas kamu pasti langsung berfikir, "kenapa ya kucing saya memberikan saya hadiah-hadiah ini?" dan bagaimana cara menghentikan tingkah laku ini?

Untuk mengetahui alasannya dan motivasi dari tindakan itu, tentunya kita harus memahami dulu kenapa kucingmu melakukan tingkah laku demikian.

Kenapa kucing membawa hadiah? 
Tingkah laku ini dapat disebabkan oleh motivasi yang berbeda-beda. Tentunya, kamu sebagai pemilik akan lebih memahami tingkah laku hewanmu sehari-hari dirumah. Namun, berikut adalah alasan umum yang terjadi di rumah.

Kucing yang membawakan mainannya 
Jika kucingmu termasuk kucing ini tentunya kamu adalah orang yang beruntung. Kucing yang menyapamu pagi atau dan malam sambil membawa mainan kesayangannya merupakan kucing yang suka mencari perhatianmu. Umumnya, kucing akan membawa boneka kesayangannya agar kamu lebih tertarik kepadanya dan boneka kesayangannya dan akhirnya kamu akan meluangkan waktu lebih untuk bermain dengan mereka.

Umumnya, kucing yang seperti ini memiliki pemilik yang lumayan sibuk aktifitasnya, sehingga kucing merasa dirinya kurang diperhatikan. Saat mereka membawakan sesuatu kepadamu, artinya dia ingin lebih diperhatikan lagi. Jadi, jika kucingmu sudah demikian, tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan mereka ya!

Kucing yang memberikan hasil buruan kepadamu
Kucing adalah pemburu yang handal, secara naluri mereka akan menangkap semua yang bergerak cepat misalnya burung dan tikus. Jadi, saat mereka melihat hewan-hewan kecil tersebut, tentunya mereka akan langsung memburu dan menangkapnya.

Setelah berburu, umumnya mereka akan bermain dengan hasil buruannya dan atau bahkan memakannya. Terkadang mereka akan meninggalkannya begitu saja jika sudah bosan bermain dengan mayat buruannya. Namun, terkadang mereka memberikan hasil buruannya kepada pemiliknya loh! Bagaimana itu bisa terjadi?

Alaminya, induk kucing akan membawakan (menunjukkan) hasil buruannya kepada anak-anaknya (kitten), hal ini dimaksudkan untuk mengajari mereka untuk berburu. Hal ini juga dikaitkan bahwa induk kucing juga akan membagikan hasil buruannya kepada anak-anaknya tersebut. Para ahli yakin, hal inilah yang menjadi latar belakang kucing membawa buruannya kepadamu. Mereka bermaksud membagi hasil buruannya sebagai tanda kasih sayang (atau kucingmu suka melihat kamu ketakutan setengah mati melihat hasil buruanya, hehe)

Umumnya, pemilik kucing berteriak dan berusaha menjauhkan kucing dari buruannya. Hal ini akan membuat kucing menjadi senang, kemudian pemilik hewan akan berusaha menukarkan hasil buruannya itu dengan cemilan kesukaannya, atau mainan kesayangannya. Perilaku inilah yang membuat kucing semakin sering membawa buruannya pulang, karena mereka akan mendapatkan hal yang menyenangkan setelah membawa buruannya balik ke rumah.

Bagaimana cara menghentikan perilaku tersebut? 
Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menghentikan perilaku tersebut. Pertama, jangan biarkan kucingmu bermain keluar rumah.

Ketika kucing sudah tidak keluar rumah, tentunya mereka akan jarang sekali berburu hewan-hewan kecil tersebut. Otomatis hal ini akan membuat frekuensi mereka membawa buruan pulang akan semakin berkurang.

Kedua, buat kucingmu selalu sibuk saat berada di dalam rumah. Belikanlah food puzzle, mainan dan hal serupa lainnya. Sehiangga perhatian kucing akan selalu terarah ke mainan tersebut, sehingga mereka lupa untuk berburu hewan liar.

Jika kamu termasuk pemilik yang suka kucingmu bermain di luar, pastikan kamu perhatikan gerak geriknya, atau pakaikan tali selama di luar. Hal ini tentunya akan membatasi gerak geriknya saat diluar. Pastikan di awasi ya! selama di luar.

atau, kamu juga bisaa membuatkan area bermain di luar bagi mereka, jadi semacam sangkar outdoor agar mereka bermain di area yang kamu yakini bebas dari hewan buruan tersebut.

Dibalik itu semua, kamu harusnya apresiasi kucing yang membawa 'hadiah' saat pulang. Itu adalah hal yang baik sebagai komunikasi dua arah antara kamu dan kucingmu. Mungkin saja 'hadiah' yang dia berikan bukanlah hal yang kamu sukai, namun jika kamu menerimanya akan menjadi kebahagian tersendiri buat mereka.

Jadi, kucingmu membawakan hadiah apa?

Source

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Penempatan Tangerang Selatan

Dokter-hewan.net - Drh. Vizta mencari dokter hewan praktisi hewan kecil dengan persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan :

Pria/WanitaFresh graduate/berpengalamanBerfokus di bidang praktisi hewan kecilMempunyai semangat belajar yang tinggiMampu bekerja sendiri maupun timMampu bekerja di bawah tekanan Lokasi : Tangerang Selatan (Ciputat dan Bintaro)
Silahkan kirimkan :  Surat LamaranCVFotoKTPIjazah SKH dan DrhTranskrip SKH dan Drh ke email : novizta.au@yahoo.com
Informasi lebih lanjut : 085702518587 (drh. vizta)


6 Produk Pembersih Rumah Tangga yang Tidak Aman Bagi Anjing

Dokter-hewan.net - Rumah yang bersih dan wangi adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pecinta hewan khususnya pemilik anjing. Dog lover umumnya akan membersihkan rumahnya lebih rutin dibandingkan yang bukan dog lover, alasannya karena anjing lebih memiliki kegiatan outdoor yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya, termasuk kucing. Sehingga, rumah akan sedikit kotor jika anjing habis bermain diluar rumah.

Perlatan yang digunakan oleh dog lover lumayan beragam, mulai dari pembersih komersial yang dijual di pasaran bahkan sampai ke pembersih natural demi kesehatan anak bulu berkaki empatnya. Namun, seringkali dog lover mempertanyakan apakah bahan pembersih yang digunakannya berbahaya bagi anak-anaknya? Berikut kami ulas satu persatu.

Menurut dogster.com ada 4 bahan yang umumnya terdapat di zat pembersih rumah namun sangat berbahaya bagi anjing, bahan-bahan itu adalah Ammonia, Chlorine, Glycol Ethers, dan Formalin atau Formaldehyde.


Ammonia - Umumnya digunakan sebagai …

Lowongan Kerja : Alphavet Bekasi

Dokter-hewan.net - ALPHAVET akan menambah team drh, untuh itu Alphavet membuka Lowongan kerja untuk Dokter Hewan ;

1. Dokter hewan wanita / pria
2. Passion nya sebagai praktisi, bukan hanya sekedar mencari kerja daripada menganggur.
3. Jujur dan Bertanggung jawab
4. Mempunyai kemauan keras untuk belajar berkelanjutan.
5. Harus bisa bekerja dalam team.
6. Bersedia bekerja di hari libur.


Lamaran nya dikirim ke email ;
ennymaya@yahoo.co.id
Hp : 081293406830

Daerah Kota Bekasi