Skip to main content

Tragis! Seorang Wanita Meninggal di Patuk Ayam


Dokter-hewan.net - Seorang wanita dari Australia dinyatakan meninggal dunia akibat dipatuk oleh ayam jago miliknya. Menurut laporan, ayam jago ini mematuk kakinya hingga menyebabkan pendarahan hebat dan akhirnya wanita malang itu meninggal. Anehnya, hal ini terjadi di lahan miliknya sendiri.

Kisah tragis ini terjadi saat wanita berusia 76 tahun itu ke kandang ayam miliknya untuk memungut telur ayam-ayamnya. Secara tidak terduga, ayam jantan yang sedang berada didekatya mulai mematuk-matuki kaki kiri bagian bawah. Bekas patukan itu kemudian menyebabkan pendarahan yang membuat wanita malang ini kemudian pingsan dan akhirnya meninggal.

Hasil autopsi menunjukkan ada dua bekas patukan pada kakinya, salah satunya mengenai varises yang besar. Dari hasil itulah dokter menyimpulkan bahwa penyebab kematian wanita tersebut karena kehabisan darah, hasil publikasi pada 20 Agustus lalu.

Varises artinya vena mengalami pembengkakan dan terpelintir di bawah kulit, dan menurut National Institute of Health, kondisi ini sangat umum ditemukan dan dapat muncul ketika katup di dalam pembuluh vena menjadi lemah dan atau rusak.

Varises umumnya tidak menyebabkan kematian, namun pada beberapa kasus mereka dapat menyebabkan komplikasi termasuk pendarahan yang sangat susah untuk di hentikan. Menurut U.K's National Health Service, pada tahun 2012 dilaporkan dalam jurnal BMC Research Notes bahwa di Greece ada kejadian serupa tentang wanita yang berusia 66 tahun meninggal akibat adanya pendarahan di pembuluh vena varisesnya. Pada kondisi tertentu seperti penyakit jantung, varises akan meningkatkan kemungkinan kematian.

Pada kasus ini, wanita Australia ini juga memiliki beberapa masalah kesehatan antara lain tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Dr. Roger Byard, seorang profesor patologi dari Universitas Adelaide menyampaikan bahwa " Serangan dari ayam jantan merupakan kasus yang sangat jarang, kasus ini mengajarkan kita bahwa hewan kecil domestik disekitar kita dapat membahayakan jika kita memiliki masalah pada ke-elastisan pembuluh darah kita, salah satunya varises.

Source

Comments

  1. wah bisa ya dipatuk ayam meninggal, jd hrs hati2 nih deket2 ayam

    ReplyDelete
  2. ya ampun sepele tapi ngeri ya ceritanya. siapa yag nyangka ayam bisa begitu....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alur Pemotongan Hewan di RPH

Pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan antara lain melewati beberapa tahap antara lain Kandang Penampungan (Kandang Istirahat), daerah kotor dan daerah bersih. Adapun yang termasuk daerah kotor yaitu tempat pemingsanan, tempat pemotongan, tempat pengeluaran darah, tempat penyelesaian penyemblihan, ruang jeroan, ruang kepala dan kaki, ruang kulit dan tempat pemeriksaan post mortem. Sedangkan daerah bersih yaitu ruang pendinginan atau pelayuan, ruang pembekuan, ruang pembagian karkas, ruang penimbangan karkas dan ruang pengemasan daging. Adapun alur yang dilewati antara lain :

Kadang Penampungan (Kandang Istirahat)
Kadang penampungan merupakan kandang yang digunakan untuk menampung hewan sebelum dilakukan pemotongan. Kandang penampungan juga biasa disebut kandang istirahat karena menjadi tempat istirahat hewan setelah melakukan perjalanan dari kandang ke rumah potong hewan. Selain itu fungsi kandang penampungan adalah tempat pemeriksaan ante mortem (pemeriksaan sebelum disembelih). Peme…

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna.

Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata.

Pengobatan dan …

FORM MENDAFTAR KTA PDHI SEUMUR HIDUP UNTUK SEMUA DOKTER HEWAN

Dokter-hewan.net -Kepada Seluruh Dokter Hewan di Indonesia bahwa pada Kepengurusan Baru PB PDHI masa bhakti 2018 - 2022 akan melakukan pengkinian biodata anggota, sebagai dasar pembuatan kartu tanda anggota (KTA) yang akan berlaku seumur hidup. Kartu yang telah dicetak akan dikirimkan ke cabang PDHI masing-masing untuk diberikan kepada anggota. Biaya Pembuatan Kartu tidak dipungut biaya. Bagi Anggota yang memerlukan STRV silahkan WA ke 081298476732 akan dikirimkan persyaratan dokumen untuk permohonan STRV.
Viva Veteriner Jaya Lah Dokter Hewan IndonesiaYuk! Klik link di bawah ini.https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeqBv0rRtAbFGPU9As9dwF1rOnuy7OsVKh01J6gE6y8RUE2Ag/viewform