Skip to main content

Video : Pertolongan Pertama Pada Luka Terbuka


Dokter-hewan.net - Luka terbuka bisa saja dialami oleh siapa saja, termasuk hewan kesayangan. Umumnya, luka terbuka pada hewan kesayangan disebabkan karena bertarung, tersangkut, kecelakaan lalulintas dan lain-lain. Dan jenis lukanyapun beragam, ada yang darah mengucur tiada henti, sampai terlihat daging bahkan tulang. Lantas, jika kamu menghadapi masalah tersebut, apa yang harus dilakukan?

Tetap tenang 
Kondisi apapun, yang anda harus lakukan adalah tenang. Dan fikirkan rencana selanjutnya. Tidak boleh buru-buru mengambil keputusan. Namun tentukan langkah yang pasti, dan semuanya harus dilakukan dengan kondisi tenang.

Jika darah tetap mengalir
Luka terbuka yang diikuti kucuran darah yang tidak berhenti sama sekali, segera dilakukan penekanan pada bagian yang mengucur. Ambil kain ataupun kassa (agak tebal), kemudian lakukan penekanan pada bagian darah yang mengucur. Tahan untuk beberapa menit, namun jika tidak kunjung berhenti, lanjutkan penekanan sambil membawa hewan ke dokter hewan terdekat (tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan dirumah).

Jika luka tidak diikuti darah yang mengalir
Luka terbuka yang tidak diikuti aliran darah yang kuat, selanjutnya lakukan pembersihan luka. Umumnya cairan NaCl (Normal Saline) adalah larutan paling umum digunakan untuk membersihkan luka dari kotoran misalnya tanah, pasir atau hal-hal yang mengontaminasi luka. Namun, jika tidak ada, dapat dilakukan dengan air bersih mengalir agar luka segera bersih dari kotoran. Setelah bersih, barula kemudian lanjutkan dengan memberikan larutan antiseptik, misalnya rivanol atau iodine. Kemudian gunakan kassa (tebal) tutup bagian luka dan plester atau dibalut agar luka tidak ditempeli oleh debu atau bahkan dihinggapi lalat.

Dan kemudian bawa hewan ke dokter hewan sesegera mungkin agar dilakukan pembersihan lanjutan atau bahkan penjahitan jika dibutuhkan.

Apakah boleh luka terbuka di rawat di rumah saja? 
Luka terbuka sangat beresiko terkena infeksi, oleh sebab itu boleh dilakukan perawatan dirumah namun harus dalam pengawasan dokter hewan. Maksudnya, periksakan kucing yang luka ke dokter hewan, keemudian diberikan pengobatan yang pantas. Kemudian akan diberikan obat-obatan yang sesuai. Umumnya akan diberikan obat antibiotik, penghilang sakit dan antiseptik untuk seminggu kedepannya. Dan selanjutkan lakukan follow up atau check up ulang untuk melihat perkembangan kesembuhan lukanya.

Apa yang akan terjadi jika luka terbuka tidak ditangani? 
Hal yang umum terjadi adalah infeksi, akibat terlalu berkembangbiaknya bakteri disana, dan umumnya akan diikuti oleh nanah dan luka akan berbau busuk  serta diikuti oleh pembusukan jaringan. Semakin lama hal ini dibiarkan, hewan akan semakin lemah dan hewan akan mati karena infeksi. Selain bakteri, lalat adalah salah satu hal lain yang dapat memperburuk luka. Lalat yang mencium bau amis akan langsung hinggap disana dan meletakkan ratusan bahkan ribuan telurnya disana. Kurang dari 24 jam, telur akan menetas menjadi belatung dan akan menggerogoti semua daging yang ada disana. Jika dibiarkan terus, bagian luka akan semakin parah, berbau busuk dan tinggal tulang saja. Hal ini dapat menimbulkan kematian jaringan bahkan kematian hewan.

Kesimpulannya 
Semakin cepat luka terbuka ditangani maka akan semakin baik dan semakin murah pengobatannya. namun sebaliknya, jika menunggu parah dulu akan membuat hewan kesakitan dan pengobatannyapun akan lebih mahal. Sehingga perlunya kesadaran pemilik agar luka sekecil apapun agar segera diperiksakan agar mendapatkan obat-obatan yang sesuai untuk mengobati luka agar cepat kering.


Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Pertolongan Pertama Diare atau Mencret pada Anjing

Dokter-hewan.net - Diare dan mencret adalah gejala paling umum pada anjing, umumnya disebabkan perilaku anjing yang meletakkan semua hal di dalam mulutnya. Namun, diare juga dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit serius. Beberapa penyebab memerlukan perhatian khusus, terutama diare yang parah dan sering.

Apa yang harus diperhatikan saat diare? 
Konsistensi dari BAB harus diperhatikan, yaitu bentuk, warna, bahkan baunya. Namun, juga harus memperhatikan gejala lainnya juga seperti muntah, kehilangan nafsu makan, berat badan berkurang, sakit di bagian perut, lemah dan gejala penyakit lainnya.

Penyebab utama Diare pada anjing
Diare akut (diare yang barusaja terjadi) umumnya disebabkan kesalahan dalam pola diate misalnya memakan makanan selain dogfood atau sisa-sisa makanan manusia, stress, penggantian makan mendadak, infeksi virus, bakteri bahkan infeksi parasit.

Diare kronis (sudah berlangsung lama) umumnya disebabkan oleh alergi makanan atau intoleransi makanan tertentu, stress, parasit…

Apa Makanan yang Bisa Dimakan Hamster?

Dokter-hewan.net - Apakah anda seorang pecinta hamster, atau orang yang berencana memelihara hamster pasti memiliki pertanyaan yang sama dengan judul di atas. Apakah makanan yang bisa dimakan oleh hamster saya? Apakah wortel boleh? atau anggur, tomat dan lain sebagainya? Baik, drh. Habyb Palyoga akan mencoba menjawab pertanyaan anda. 
Menurut drh. Habyb Palyoga, makanan yang paling baik diberikan kepada hamster adalah makanan yang sudah tersedia di petshop khusus untuk hamster. Makanan yang tersedia biasanya memiliki banyak campuran di dalamnya, baik itu pelet, biji bunga matahari dan lain sebagainya. Sehingga hamster dapat memilih makanan yang dia butuhkan untuk dimakan tanpa ada kekurangan nutrisi disana. Dan seberapa banyak makanan yang dapat diberikan dalam sehari? Jawabannya adalah 1 sendok makan per hari. Banyak yang menganggap, hamster mereka akan memakan semua makanan yang disediakan, namun anggapan itu sangat salah karena mereka akan memasukkan semua makanan ke dalam mulut me…