Skip to main content

Pertolongan Pertama Diare atau Mencret pada Anjing

Dokter-hewan.net - Diare dan mencret adalah gejala paling umum pada anjing, umumnya disebabkan perilaku anjing yang meletakkan semua hal di dalam mulutnya. Namun, diare juga dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit serius. Beberapa penyebab memerlukan perhatian khusus, terutama diare yang parah dan sering.

Apa yang harus diperhatikan saat diare? 
Konsistensi dari BAB harus diperhatikan, yaitu bentuk, warna, bahkan baunya. Namun, juga harus memperhatikan gejala lainnya juga seperti muntah, kehilangan nafsu makan, berat badan berkurang, sakit di bagian perut, lemah dan gejala penyakit lainnya.

Penyebab utama Diare pada anjing
Diare akut (diare yang barusaja terjadi) umumnya disebabkan kesalahan dalam pola diate misalnya memakan makanan selain dogfood atau sisa-sisa makanan manusia, stress, penggantian makan mendadak, infeksi virus, bakteri bahkan infeksi parasit.

Diare kronis (sudah berlangsung lama) umumnya disebabkan oleh alergi makanan atau intoleransi makanan tertentu, stress, parasit (Giardia, dan cacingan), infeksi bakteri, gangguan pangkreas, inflamatory bowel disease, irritable bowel syndrome, kanker dan gangguan sistem metabolisme, misalnya gangguan hati dan jantung.

Semua penyebab diare ini harus segera dilaporkan ke dokter hewan agar di evaluasi lebih lanjut.

Pertolongan pertama diare pada anjing
Kamu harus langsung menelpon dokter hewan atau membawa hewan ke dokter hewan jika :

  • Anjing sangat muda atau sangat tua
  • Memiliki riwayat sakit sebelumnya
Dan juga harus membawa ke dokter hewan, jika diare : 
  • Sering dan atau sangat cair
  • Mengandung darah (walau sedikit)
  • Berwarna hitam
atau, anjingmu : 
  • Muntah berlebihan
  • Lemah
  • Depresi
  • Kesakitan
Hal di atas dapat menjadi gejala sakit serius, jika anjingmu sudah dewasa dan terlihat masih baik atau sehat namun ada gejala diare, tips di bawah ini dapat dicoba untuk membantu menguranginya. 

Pertolongan Diare Akut di Rumah
Untuk anjing sehat yang memiliki gejala diare ringan dan tidak ada gejala lainnya : 
  1. Pastikan anjingmu memiliki akses yang mudah ke sumber air minum dengan mudah, agar dia dapat merehidrasi tubuhnya karena diare akan menyebabkan kekurangan cairan tubuh. Jika perlu, berikan kaldu ayam tanpa garam atau kaldu sapi didalamnya. 
  2. Berikan anjingmu makanan dengan porsi kecil dari rebusan daging ayam putih (tanpa tulang dan kulit) dan nasi putih. Kamu juga bisa menggunakan ubi atau labu sebagai pengganti nasi. Labu dan ubi juga dapat dijadikan sumber serat bagi hewan. Makanan ini dapat diberikan kepada anjing sampai BAB anjing kembali menjadi normal. Jika anjingmu alergi kepada ayam, ganti makanan ke protein hypoallergenic 
  3. Jika diare berlanjut lebih dari 24 jam atau kondisi anjingmu bertambah parah, langsung di bawa ke dokter hewan terdekat. 
Pertolongan Diare Akut yang diikuti muntah pada Anjing
Pada anjing yang diare serta diikuti muntah (hanya sekali atau 2 kali) : 
  1. Puasakan hewan dari makan 8 - 12 jam
  2. Agar hewan tidak dehidrasi, berikan air secukupnya sedikit-demi sedikit sepanjang hari. Jika diperlukan berikan juga kaldu ayam tanpa garam atau kaldu daging. 
  3. Jika anjing tidak muntah lagi 8 - 12 jam, berikan makanan dengan porsi sedikit. Makanan yang diberikan yaitu rebusan daging ayam (tanpa tulang, kulit dan bumbu) dan nasi putih.
  4. Tunggu 2 jam, jika anjingmu tidak muntah lagi, kemudian berikan makanan lagi (dengan porsi sedikit)
  5. Lanjutkan makanan ini 1 -3 hari, secara bertahap tambah jumlah makanan dan perpanjang jadwal pemberian makanan sampai konsistensi pup kembali menjadi normal. Dan saat mengembalikan ke makanan anjing, lakukan pencampuran dahulu agar ada penyesuaian terlebih dahulu. 
  6. Jika diare berlanjut lebih dari 24 jam atau kondisi anjing memburuk, langsung bawa ke dokter hewan terdekat. 
Penegakan diagnosa pada anjing yang mengalami diare
Jika anjingmu mengalami masalah pada saluran pencernaannya baik itu ringan, sedang dan berat atau bahkan diikuti gejala muntah, lemah, sakit di perut atau kehilangan berat badan, maka langsung atur janji dengan dokter hewan atau dibawa ke klinik hewan terdekat. 

Penegakan diagnosa anjing yang diare kadangkala mudah, namun terkadang juga menantang dan membutuhkan beberapa prosedur yang berbeda seperti pemeriksaan darah, X-Ray perut atau USG, endoscopy atau operasi explorasi. 

Bagaimana mencegah diare pada anjing ?
Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi terjadinya diare pada anjing : 
  • Jangan ganti makanan anjing mendadak
  • Jangan berikan anjingmu tulang sebagai mainan
  • Jangan biarkan anjingmu bermain dengan benda-benda kecil yang mungkin tertelan
  • Jangan berikan makanan sisa kepada anjing
  • Jangan biarkan anjing mengerok tempat sampah
  • Selalu berikan vaksin dan obat cacing rutin. 

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Tumor pada Hamster

Dokter-hewan.net – Pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan maupun organ tubuh disebut tumor. Tumor memiliki dua tipe, yaitu benigna dan maligna. Tumor benigna merupakan tumor yang tidak ganas dan tidak bisa menyebar yang pada umumnya menyerang hamster. Sedangkan, tumor maligna (kanker) merupakan tumor ganas yang umumnya menyerang glandula yang memproduksi hormon atau sistem pencernaan hewan dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke daerah sekitarnya. Hanya 4% hamster yang mampu bertahan melawan tumor maligna. Tumor benigna pada hamster umumnya terjadi di kelenjar adrenal, dekat dengan organ ginjal. Lymphoma (tumor di kelenjar limpa) umumnya menyerang hamster tua dan umumnya ditemukan di seluruh sistem limpatik seperti timus, lien, hati dan limpnode. Selain itu, salah satu tipe dari lympoma dari Sel T juga akan memberikan efek terhadap kulit pada hamster dewasa. Tumor lain mampu tumbuh dan berkembang pada rahim, usus, otak, kulit, folikel rambut, lemak bahkan mata. Pengobatan

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan