Skip to main content

Cara Merawat Bayi Kelinci

Dokter-hewan.net – Beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum mengambil tindakan perawatan terhadap bayi kelinci yang baru lahir. Hal pertama adalah meskipun induk kelinci membuat sarang untuk anak – anaknya, tetapi mereka tak sama dengan hewan lainnya yang menunggui sarangnya sepanjang waktu. Induk kelinci akan terlihat menjaga jarak dengan bayinya. Hal ini dilakukan agar tidak menarik perhatian predator yang akan memangsa bayinya. Tahukan Anda bahwa tikus adalah predator yang paling sering memangsa bayi kelinci ? Oleh sebab itu, pastikan bahwa kandang kelinci bebas dari jangkauan tikus agar tidak mengganggunya.

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui dalam merawat bayi kelinci adalah pola menyusui induk kelinci. Proses menyusui biasanya terjadi pertama kali pada malam hari di hari pertama bayi – bayi kelinci lahir. Waktu pemberian susu oleh induk biasanya tengah malam dan pagi hari. Induk kelinci hanya menyusui dengan durasi kurang lebih 5 menit. Semakin hari intensitas menyusui induk kelinci akan berkurang, namun jangan khawatir, sebab hal tersebut bersifat alamiah.

Selanjutnya adalah perlu Anda ketahui bahwa induk kelinci juga membersihkan bayinya dengan cara menjilati daerah pusar bayi sampai ke daerah belakang. Untuk memeriksa apakah induk merawat bayinya dengan benar, Anda bisa bangun di pagi hari dan perhatikan perut si bayi. Jika membulat dan tidur dalam keadaan hangat, itu berarti ia dirawat oleh induknya. Jangan khawatir memegang bayi kelinci sebab induk kelinci tidak terlalu peduli pada aroma manusia yang tertinggal pada bayinya. Banyak yang beranggapan bahwa kelinci merupakan binatang kanibal. Mungkin hal ini kurang tepat, sebab induk kelinci hanya memakan bayi yang dianggapnya tidak akan lama bertahan hidup. Jika bayi lemah tersebut dibiarkan hidup dan perlahan mati di dalam kandang, maka akan menimbulkan masalah bagi bayi kelinci lainnya.

Setelah mengetahui hal – hal dasar di atas, Anda harus memahami peran Anda sebagai pemilik dalam merawat bayi kelinci yang baru lahir. Setelah melahirkan, induk akan semakin mudah stres. Oleh sebab itu, Anda harus memberinya pakan yang disukainya agar pola agresifnya dapat ditekan. Dan pada saat Anda memeriksa keadaan bayi kelinci, usahakan untuk mengalihkan perhatian induk kelinci tersebut. Pada usia 5 – 10 hari, biasanya bayi kelinci masih belum ditumbuhi rambut dan matanya belum membuka secara sempurna. Karena rambut pada bayi kelinci belum tumbuh, Anda harus memperhatikan suhu/temperature ruangan. Jangan tempatkan pada ruangan yang lembab dan dingin. Berikan lampu dan alas pada kotak tempat Anda meletakkan bayi kelinci dan induknya agar lebih terasa hangat.

Merawat bayi kelinci sebenarnya terbilang cukup mudah, sebab hingga usia 3 minggu, bayi – bayi kelinci hanya mengkonsumsi susu dari induknya saja. Setelah mereka menginjak usia 19 – 25 hari, anak – anak kelinci akan mulai belajar menggigit dan mencari makan bersama induknya. Menginjak hari ke 35, Anda sudah dapat memberinya pakan konsentrat untuk menambah nutrisi dalam tubuhnya. [AD]

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Penempatan Tangerang Selatan

Dokter-hewan.net - Drh. Vizta mencari dokter hewan praktisi hewan kecil dengan persyaratan sebagai berikut.

Persyaratan :

Pria/WanitaFresh graduate/berpengalamanBerfokus di bidang praktisi hewan kecilMempunyai semangat belajar yang tinggiMampu bekerja sendiri maupun timMampu bekerja di bawah tekanan Lokasi : Tangerang Selatan (Ciputat dan Bintaro)
Silahkan kirimkan :  Surat LamaranCVFotoKTPIjazah SKH dan DrhTranskrip SKH dan Drh ke email : novizta.au@yahoo.com
Informasi lebih lanjut : 085702518587 (drh. vizta)


6 Produk Pembersih Rumah Tangga yang Tidak Aman Bagi Anjing

Dokter-hewan.net - Rumah yang bersih dan wangi adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pecinta hewan khususnya pemilik anjing. Dog lover umumnya akan membersihkan rumahnya lebih rutin dibandingkan yang bukan dog lover, alasannya karena anjing lebih memiliki kegiatan outdoor yang lebih banyak dibandingkan dengan hewan lainnya, termasuk kucing. Sehingga, rumah akan sedikit kotor jika anjing habis bermain diluar rumah.

Perlatan yang digunakan oleh dog lover lumayan beragam, mulai dari pembersih komersial yang dijual di pasaran bahkan sampai ke pembersih natural demi kesehatan anak bulu berkaki empatnya. Namun, seringkali dog lover mempertanyakan apakah bahan pembersih yang digunakannya berbahaya bagi anak-anaknya? Berikut kami ulas satu persatu.

Menurut dogster.com ada 4 bahan yang umumnya terdapat di zat pembersih rumah namun sangat berbahaya bagi anjing, bahan-bahan itu adalah Ammonia, Chlorine, Glycol Ethers, dan Formalin atau Formaldehyde.


Ammonia - Umumnya digunakan sebagai …

Lowongan Kerja : Alphavet Bekasi

Dokter-hewan.net - ALPHAVET akan menambah team drh, untuh itu Alphavet membuka Lowongan kerja untuk Dokter Hewan ;

1. Dokter hewan wanita / pria
2. Passion nya sebagai praktisi, bukan hanya sekedar mencari kerja daripada menganggur.
3. Jujur dan Bertanggung jawab
4. Mempunyai kemauan keras untuk belajar berkelanjutan.
5. Harus bisa bekerja dalam team.
6. Bersedia bekerja di hari libur.


Lamaran nya dikirim ke email ;
ennymaya@yahoo.co.id
Hp : 081293406830

Daerah Kota Bekasi