Skip to main content

Apa yang harus dilakukan saat dicakar atau digigit Kucing?

Dokter-hewan.net - Cakaran kucing dapat menimbulkan bahaya lain, sebagaimana yang kita ulas pada postingan sebelumnya tentang : Bahaya lain cakaran kucing. Namun jika kondisi tersebut terpaksa terjadi atau menimpa anda, apa yang harus dilakukan? 

Jika gigitan dan cakaran menyebabkan luka pada tangan atau kaki, segera bersihkan luka dengan air mengalir kemudian bersihkan dengan larutan pembersih yang ada di rumah, misalnya NaCl fisiologis, rivanol atau betadin. Kemudian di balut dengan kassa steril dan kebersihan luka harus dijaga sampai luka benar-benar sembuh. 

Namun jika luka tidak berhenti, lakukan penekanan menggunakan kassa steril pada bagian luka untuk beberapa saat, dengan harapan luka dapat berhenti. Jika luka sudah berhenti, baru lakukan seperti halnya langkah pertama. Namun jika luka tidak kunjung berhenti, sebaiknya segera dibawa ke puskemas, klinik atau rumah sakit terdekat, dengan catatan selama perjalanan, luka harus terus ditekan agar pendarahan bisa di minimalisir. 

Ketiga, pastikan hewan yang menggigit anda bebas dari rabies dan tetanus. Jika yang menggigit merupakan hewan liar, wajib hukumnya anda di suntik rabies dan jika anti tetanus belum pernah dilakukan selama 10 tahun terakhir, suntik tentanus akan sangat dibutuhkan pada saat itu. (HP). 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id