Skip to main content

Dog food dapat menyebabkan karang gigi?

Dokter-hewan.net - Makanan merupakan suatu unsur terpenting dalam melangsungkan kehidupan dan gigi merupakan alat utama yang digunakan dalam mengambil makanan. Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut. Permasalahan pada gigi hewan, baik anjing ataupun kucing, yang sering ditemukan adalah keberadaan karang gigi atau tartar. Karang gigi dapat berwarna kuning, cokelat, dan hitam tergantung dari makanan yang sering dimakannya.

Menurut penelitian Kusumawati (2014), semakin tua umur anjing maka gigi akan berwarna lebih gelap dan lebih tebal dibandingkan anjing yang berumur lebih muda. Oleh sebab itu keadaan mulut yang buruk, misalnya gigi yang rusak akibat terganggunya fungsi dan aktivitas rongga mulut akan mempengaruhi status gizi serta akan mempunyai dampak pada kualitas hidup. Karang gigi yang terbentuk tentunya akan mempengaruhi status kesehatan hewan. Karang gigi yang dibiarkan lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap dari mulut sebagai akibat dari pembusukan bakteri di karang gigi sehingga hewan menjadi gelisah.

Lalu, apakah yang menyebabkan terbentuknya karang gigi?
➽ Cara pemeliharaan gigi 
Pemeliharaan dan perawatan gigi dapat dilihat pada bahasan kami Hewan Juga Perlu Perawatan Gigi
Pemeliharaan gigi hewan dengan cara menggosok gigi hewan juga harus diperhatikan psikologis atau temperamennya sehingga hewan tetap nyaman dan pemilik juga akan merasa aman dan terjaga dari serangan gigitan si hewan. Pembersihan karang gigi juga dapat dilakukan dengan cara rutin kontrol ke dokter hewan agar penanganan dapat teratasi dengan baik. 

➽ Jenis pakan yang diberikan 
Pakan yang diberikan terutama pakan basah, mempunyai konsistensi lembek sehingga mudah lengket pada permukaan gigi. Nah hal inilah yang memicu terbentuknya plak dan karang gigi. Karang gigi bersama dengan saliva menghasilkan iritasi pada area sekitar mulut dan gigi dan terjadi gangguan dalam mengunyah makanan. Namun, pemberian pakan kering ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan dengan tekstur keras memungkinkan setiap bagian dari makanan untuk bertahan lama menempel di permukaan gigi.

Jadi, selama kebersihan dan perawatan gigi yang dilakukan pada hewan Anda sudah teratasi dengan baik, maka apapun makanan yang diberikan tidak akan berdampak pada timbulnya karang gigi. Dan jangan lupa lakukan kontrol rutin ke dokter hewan untuk kesehatan hewan kesayangan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Paramedik Smart Pets

Dokter-hewan.net - Kami sedang mencari asisten dokter hewan/paramedik dengan syarat sebagai berikut : Penyayang hewan dan tidak takut dengan hewan (terutama kucing dan anjing)Diutamakan pria berusia 20 - 35 TahunBisa bekerja dalam teamJujur dan disiplinMau bekerja keras dan ikhlas, kerja kasare dan kotor, tidak gengsian, berani capek, mau disuruh-suruh, tidak jijik dengan kotoran hewan, darah dan benda-benda menjijikkan lainnya. Rela menerima gaji besar dan manfaat lainnya.  Kalau anda memenuhi persyaratan di atas silahkan kirimkan lamaran dan pengalaman kerja melalui email : smartpets2009@gmail.com
atau kirim langsung ke 
Smart Pets Jl. Raya Jatiwaringin 143 Pondok Gede Bekasi 17411 Up. Arif
Terima kasih

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi

Praktik Dokter Hewan Bersama (PDHB) 24 Jam drh. Cucu K. Sajuthi membuka lowongan kerja untuk posisi Dokter Hewan LABORATORIUM.

Ketentuannya adalah sebagai berikut:
-Lulusan baru/ koas yang sedang menunggu ujian akhir
-Dapat bekerja sama dalam tim
-Memiliki passion untuk menjadi dokter hewan laboratorium

Apabila Anda berminat, silahkan mengirimkan lamaran kerja ke email: info@pdhbvet.com. Lamaran kerja ditunggu paling lambat 28 Oktober 2018.

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id