Skip to main content

Dog food dapat menyebabkan karang gigi?

Dokter-hewan.net - Makanan merupakan suatu unsur terpenting dalam melangsungkan kehidupan dan gigi merupakan alat utama yang digunakan dalam mengambil makanan. Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut. Permasalahan pada gigi hewan, baik anjing ataupun kucing, yang sering ditemukan adalah keberadaan karang gigi atau tartar. Karang gigi dapat berwarna kuning, cokelat, dan hitam tergantung dari makanan yang sering dimakannya.

Menurut penelitian Kusumawati (2014), semakin tua umur anjing maka gigi akan berwarna lebih gelap dan lebih tebal dibandingkan anjing yang berumur lebih muda. Oleh sebab itu keadaan mulut yang buruk, misalnya gigi yang rusak akibat terganggunya fungsi dan aktivitas rongga mulut akan mempengaruhi status gizi serta akan mempunyai dampak pada kualitas hidup. Karang gigi yang terbentuk tentunya akan mempengaruhi status kesehatan hewan. Karang gigi yang dibiarkan lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap dari mulut sebagai akibat dari pembusukan bakteri di karang gigi sehingga hewan menjadi gelisah.

Lalu, apakah yang menyebabkan terbentuknya karang gigi?
➽ Cara pemeliharaan gigi 
Pemeliharaan dan perawatan gigi dapat dilihat pada bahasan kami Hewan Juga Perlu Perawatan Gigi
Pemeliharaan gigi hewan dengan cara menggosok gigi hewan juga harus diperhatikan psikologis atau temperamennya sehingga hewan tetap nyaman dan pemilik juga akan merasa aman dan terjaga dari serangan gigitan si hewan. Pembersihan karang gigi juga dapat dilakukan dengan cara rutin kontrol ke dokter hewan agar penanganan dapat teratasi dengan baik. 

➽ Jenis pakan yang diberikan 
Pakan yang diberikan terutama pakan basah, mempunyai konsistensi lembek sehingga mudah lengket pada permukaan gigi. Nah hal inilah yang memicu terbentuknya plak dan karang gigi. Karang gigi bersama dengan saliva menghasilkan iritasi pada area sekitar mulut dan gigi dan terjadi gangguan dalam mengunyah makanan. Namun, pemberian pakan kering ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan dengan tekstur keras memungkinkan setiap bagian dari makanan untuk bertahan lama menempel di permukaan gigi.

Jadi, selama kebersihan dan perawatan gigi yang dilakukan pada hewan Anda sudah teratasi dengan baik, maka apapun makanan yang diberikan tidak akan berdampak pada timbulnya karang gigi. Dan jangan lupa lakukan kontrol rutin ke dokter hewan untuk kesehatan hewan kesayangan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Sumber Bina Makmur (Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth)

Dokter-hewan.net - PT. Sumber Bina Makmur , Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth in Indonesia. We are currently expanding our team, we’re looking for a Vet Advisor with these qualifications : 
• Veterinarian Experienced : Had experienced min. 1 year in the field.  • Having a good analytical thinking  • Goal Oriented  • Having a good communication skill  • Fluently speaking in English 
If you are interested with the position please kindly e-mail us your CV to info@sbmpetnutrition.com  ely@sbmpetnutrition.com or contact us directly. 
Thank you.

Lowongan Kerja : Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam

Dokter-Hewan.net - Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan dengan ketentuan sebagai berikut : Position:VETERINARY SURGEONTotal Vacancy:6 Male/FemaleWork Address:PETLINK VETERINARY CARE No.6, Ground Floor, Bangunan Hj Awg Metusin H.A & Hj Abdullah H.M Adik Beradik, Kg.Kiulap BE1518, Bandar Seri BegawanDistrict:Brunei MuaraEducation Required:  Master"s Degree (Master"s) or equivalentAge:20 - 30 years oldDriving License Class:3Basic Salary:B$ 1,500 / MonthEmployment Type:Full TimeWorking hours with breaks (8 hours):9:00 - 12:00, 13:30 - 18:00
Job Description: -Examine animals to diagnose their health problem  -Diagnose and treat animals for medical conditions  -Treat and dress wounds  -Perform surgery on animals  -Test for and vaccinate against diseases  -Operate medical equipment, such as x-ray machines  -Advise animal owners about general care, medical conditions, and treatment
Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran anda ke email : anderson.li…

Lowongan Kerja : Sido Muncul

Dokter-hewan.net - Sido Muncul membutuhkan dokter hewan dengan syarat sebagai berikut : Dokter HewanMemiliki SIP (Surat Ijin Praktek)Laki-lakiUsia maksimal 35 Tahun (Fresh Graduate lebih disukai) Tanggung jawab :  Sebagai kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Penelitian dan pengembangan produkSebagai Dokter Hewan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Agro Wisata Sido Muncul, yaitu melakukan pengamatan, pengawasan, perawatan dan tindakan-tindakan medis satwa di Konservasi (terdiri dari 52 jenis dengan jumlah total 200) Melakukan administrasi terkait tanggung jawab (misal : BAP, Surat-surat terkait tanggung jawab, pernyataan-pernyataan) Ingin bergabung bisa apply ke hrd.klepu@sidomuncul.co.id