Skip to main content

Dog food dapat menyebabkan karang gigi?

Dokter-hewan.net - Makanan merupakan suatu unsur terpenting dalam melangsungkan kehidupan dan gigi merupakan alat utama yang digunakan dalam mengambil makanan. Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut. Permasalahan pada gigi hewan, baik anjing ataupun kucing, yang sering ditemukan adalah keberadaan karang gigi atau tartar. Karang gigi dapat berwarna kuning, cokelat, dan hitam tergantung dari makanan yang sering dimakannya.

Menurut penelitian Kusumawati (2014), semakin tua umur anjing maka gigi akan berwarna lebih gelap dan lebih tebal dibandingkan anjing yang berumur lebih muda. Oleh sebab itu keadaan mulut yang buruk, misalnya gigi yang rusak akibat terganggunya fungsi dan aktivitas rongga mulut akan mempengaruhi status gizi serta akan mempunyai dampak pada kualitas hidup. Karang gigi yang terbentuk tentunya akan mempengaruhi status kesehatan hewan. Karang gigi yang dibiarkan lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap dari mulut sebagai akibat dari pembusukan bakteri di karang gigi sehingga hewan menjadi gelisah.

Lalu, apakah yang menyebabkan terbentuknya karang gigi?
➽ Cara pemeliharaan gigi 
Pemeliharaan dan perawatan gigi dapat dilihat pada bahasan kami Hewan Juga Perlu Perawatan Gigi
Pemeliharaan gigi hewan dengan cara menggosok gigi hewan juga harus diperhatikan psikologis atau temperamennya sehingga hewan tetap nyaman dan pemilik juga akan merasa aman dan terjaga dari serangan gigitan si hewan. Pembersihan karang gigi juga dapat dilakukan dengan cara rutin kontrol ke dokter hewan agar penanganan dapat teratasi dengan baik. 

➽ Jenis pakan yang diberikan 
Pakan yang diberikan terutama pakan basah, mempunyai konsistensi lembek sehingga mudah lengket pada permukaan gigi. Nah hal inilah yang memicu terbentuknya plak dan karang gigi. Karang gigi bersama dengan saliva menghasilkan iritasi pada area sekitar mulut dan gigi dan terjadi gangguan dalam mengunyah makanan. Namun, pemberian pakan kering ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan dengan tekstur keras memungkinkan setiap bagian dari makanan untuk bertahan lama menempel di permukaan gigi.

Jadi, selama kebersihan dan perawatan gigi yang dilakukan pada hewan Anda sudah teratasi dengan baik, maka apapun makanan yang diberikan tidak akan berdampak pada timbulnya karang gigi. Dan jangan lupa lakukan kontrol rutin ke dokter hewan untuk kesehatan hewan kesayangan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Seminar How to be a Good Small Animal Practitioner

Dokter-hewan.net
Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas
PDHB drh Cucu bekerjasama dengan PDHI dan ADHPHKI akan menyelenggarakan seminar How to be a Good Small Animal Practitioner 
🗓 12 - 14 April 2019 Tempat : Seminar 12 - 13 april (Hotel Danau Sunter - Sunlake) Workshop 14 April (klinik PDHB drh Cucu Sunter)
Pembicara :  1. Drh Lie Cucu Kartini 2. Drh Herlina 3. Drh Maulana ArRaniri Putra 4. Drh Agus Efendi 5. Drh Nova Anggraini 6. Drh Yehuda Laksana Aji 7. Drh Tiara Putri Sajuthi, MM
Topik  1. Basic Opthalmology 2. Basic Neurology 3. Basic Gastroenterology 4. Basic Cardiorespiratory 5. Basic Dermatology 6. Problem Oriented Approach 7. Basic Communication Skill 8. Workshop basic Physical Examination
Registration Fee - Dokter Hewan:  Rp. 2.500.000 - Koas : Rp 2.000.000
Limited hanya untuk 30 peserta
Contact Person : drh Aji (082140760787)

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih