Skip to main content

Dog food dapat menyebabkan karang gigi?

Dokter-hewan.net - Makanan merupakan suatu unsur terpenting dalam melangsungkan kehidupan dan gigi merupakan alat utama yang digunakan dalam mengambil makanan. Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut. Permasalahan pada gigi hewan, baik anjing ataupun kucing, yang sering ditemukan adalah keberadaan karang gigi atau tartar. Karang gigi dapat berwarna kuning, cokelat, dan hitam tergantung dari makanan yang sering dimakannya.

Menurut penelitian Kusumawati (2014), semakin tua umur anjing maka gigi akan berwarna lebih gelap dan lebih tebal dibandingkan anjing yang berumur lebih muda. Oleh sebab itu keadaan mulut yang buruk, misalnya gigi yang rusak akibat terganggunya fungsi dan aktivitas rongga mulut akan mempengaruhi status gizi serta akan mempunyai dampak pada kualitas hidup. Karang gigi yang terbentuk tentunya akan mempengaruhi status kesehatan hewan. Karang gigi yang dibiarkan lama kelamaan akan menimbulkan bau tidak sedap dari mulut sebagai akibat dari pembusukan bakteri di karang gigi sehingga hewan menjadi gelisah.

Lalu, apakah yang menyebabkan terbentuknya karang gigi?
➽ Cara pemeliharaan gigi 
Pemeliharaan dan perawatan gigi dapat dilihat pada bahasan kami Hewan Juga Perlu Perawatan Gigi
Pemeliharaan gigi hewan dengan cara menggosok gigi hewan juga harus diperhatikan psikologis atau temperamennya sehingga hewan tetap nyaman dan pemilik juga akan merasa aman dan terjaga dari serangan gigitan si hewan. Pembersihan karang gigi juga dapat dilakukan dengan cara rutin kontrol ke dokter hewan agar penanganan dapat teratasi dengan baik. 

➽ Jenis pakan yang diberikan 
Pakan yang diberikan terutama pakan basah, mempunyai konsistensi lembek sehingga mudah lengket pada permukaan gigi. Nah hal inilah yang memicu terbentuknya plak dan karang gigi. Karang gigi bersama dengan saliva menghasilkan iritasi pada area sekitar mulut dan gigi dan terjadi gangguan dalam mengunyah makanan. Namun, pemberian pakan kering ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi. Hal ini disebabkan oleh sisa makanan dengan tekstur keras memungkinkan setiap bagian dari makanan untuk bertahan lama menempel di permukaan gigi.

Jadi, selama kebersihan dan perawatan gigi yang dilakukan pada hewan Anda sudah teratasi dengan baik, maka apapun makanan yang diberikan tidak akan berdampak pada timbulnya karang gigi. Dan jangan lupa lakukan kontrol rutin ke dokter hewan untuk kesehatan hewan kesayangan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…