Skip to main content

Hewan yang belum mandi dan bunting tidak boleh dilakukan vaksinasi?

Dokter-hewan.net - Vaksinasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekebalan individu (manusia/hewan) terhadap penyakit tertentu sehingga apabila terinfeksi oleh penyebab penyakit tersebut tidak menyebabkan penyakit. Penjelasan mengenai pentingnya vaksin dapat Anda lihat kembali pada bahasan kami Mengapa Vaksinasi Itu Penting?


Setelah mengetahui bagaimana pentingnya vaksin pada hewan kesayangan, kemudian hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah hewan diberi vaksin?

➽ Vaksinasi tidak boleh dilakukan pada hewan yang sedang bunting
Sebenarnya, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi pada hewan yang sedang bunting. Jika vaksin diberikan pada induk yang sedang bunting, mungkin induk bisa menerima reaksi dari vaksin tersebut, namun tidak dengan calon anak yang dikandungnya. Vaksin tersebut dapat masuk ke dalam janin dan sistem imun janin tentu belum siap untuk melakukan perlawanan, karena prinsip dari vaksinasi tersebut adalah memasukkan kuman penyakit yang akan menstimulasi sistem imun tubuh, sehingga vaksin akan dianggap sebagai material asing oleh janin yang seharusnya ditolak. Jika vaksinasi tetap saja dilakukan, maka infeksi dari virus dapat menyebabkan gangguan pembentukan sehingga janin akan lahir cacat atau bahkan janin gagal dilahirkan (abortus pada induk).

➽ Setelah dilakukan vaksinasi, hewan tidak boleh dimandikan
Pada umumnya, hewan yang dimandikan tingkat stress nya akan bertambah. Hewan yang stress cenderung akan mengalami penurunan pada sistem kekebalan tubuhnya. Vaksinasi sendiri bertujuan untuk memasukkan kuman penyakit guna membentuk sistem imun tubuh. Nah ketika hewan stress, hewan malah akan rentan terserang penyakit karena pembentukan sistem kekebalan tubuhnya tidak optimal. Oleh sebab itu, hewan yang divaksin harus dalam keadaan sehat, tidak sakit, dan tidak dalam keadaan stress. Jadi, sebaiknya hewan dimandikan sebelum dilakukan vaksinasi. Atau hewan boleh dimandikan sekitar 7-10 hari setelah vaksinasi dan tidak boleh dibawa dalam perjalanan jauh.

Dengan penjelasan di atas, alangkah baiknya melakukan vaksinasi sebelum hewan dikawinkan atau sebelum mengalami kebuntingan, agar calon ibu mendapat vaksinasi yang cukup sebelum mengandung sehingga anak yang dilahirkan juga akan mendapatkan kekebalan pasif dari induknya di masa-masa awal kehidupannya. Dan lebih baik memandikan hewan Anda sebelum dilakukan vaksinasi agar hewan tidak merasa stress duluan sebelum divaksinasi.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…