Skip to main content

Hewan yang belum mandi dan bunting tidak boleh dilakukan vaksinasi?

Dokter-hewan.net - Vaksinasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekebalan individu (manusia/hewan) terhadap penyakit tertentu sehingga apabila terinfeksi oleh penyebab penyakit tersebut tidak menyebabkan penyakit. Penjelasan mengenai pentingnya vaksin dapat Anda lihat kembali pada bahasan kami Mengapa Vaksinasi Itu Penting?


Setelah mengetahui bagaimana pentingnya vaksin pada hewan kesayangan, kemudian hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah hewan diberi vaksin?

➽ Vaksinasi tidak boleh dilakukan pada hewan yang sedang bunting
Sebenarnya, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi pada hewan yang sedang bunting. Jika vaksin diberikan pada induk yang sedang bunting, mungkin induk bisa menerima reaksi dari vaksin tersebut, namun tidak dengan calon anak yang dikandungnya. Vaksin tersebut dapat masuk ke dalam janin dan sistem imun janin tentu belum siap untuk melakukan perlawanan, karena prinsip dari vaksinasi tersebut adalah memasukkan kuman penyakit yang akan menstimulasi sistem imun tubuh, sehingga vaksin akan dianggap sebagai material asing oleh janin yang seharusnya ditolak. Jika vaksinasi tetap saja dilakukan, maka infeksi dari virus dapat menyebabkan gangguan pembentukan sehingga janin akan lahir cacat atau bahkan janin gagal dilahirkan (abortus pada induk).

➽ Setelah dilakukan vaksinasi, hewan tidak boleh dimandikan
Pada umumnya, hewan yang dimandikan tingkat stress nya akan bertambah. Hewan yang stress cenderung akan mengalami penurunan pada sistem kekebalan tubuhnya. Vaksinasi sendiri bertujuan untuk memasukkan kuman penyakit guna membentuk sistem imun tubuh. Nah ketika hewan stress, hewan malah akan rentan terserang penyakit karena pembentukan sistem kekebalan tubuhnya tidak optimal. Oleh sebab itu, hewan yang divaksin harus dalam keadaan sehat, tidak sakit, dan tidak dalam keadaan stress. Jadi, sebaiknya hewan dimandikan sebelum dilakukan vaksinasi. Atau hewan boleh dimandikan sekitar 7-10 hari setelah vaksinasi dan tidak boleh dibawa dalam perjalanan jauh.

Dengan penjelasan di atas, alangkah baiknya melakukan vaksinasi sebelum hewan dikawinkan atau sebelum mengalami kebuntingan, agar calon ibu mendapat vaksinasi yang cukup sebelum mengandung sehingga anak yang dilahirkan juga akan mendapatkan kekebalan pasif dari induknya di masa-masa awal kehidupannya. Dan lebih baik memandikan hewan Anda sebelum dilakukan vaksinasi agar hewan tidak merasa stress duluan sebelum divaksinasi.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals

Dokter-hewan.net
DIBUTUHKAN SEGERA
PT. IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals bergerak dibidang produksi obat hewan membutuhkan karyawan untuk posisi sebagai berikut :
1. Staf QC (1 Orang) D3 Kualisifikasi :
Usia maksimal 24 tahunPria/wanitaSehat jasmani dan Rohani (Surat Keterangan)Transkrip nilai IPK min 3.00 D3 FKH, Analis Kesehatan, Kesehatan Hewan, Mikrobiologi dan BiologiDisiplin dan berprestasiPenempatan Malang (lebih diutamakan domisili Malang)Bersedia pelatihan di Surabaya dan Bogor Lamaran ditujukan ke PT IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals dikirimkan atau melalui email : prod-ipbshigeta@centrin.net.id dan bogorshigeta@centrin.net.id selambat-lambatnya 21 Mei 2018.

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)