Skip to main content

Hewan yang belum mandi dan bunting tidak boleh dilakukan vaksinasi?

Dokter-hewan.net - Vaksinasi merupakan suatu cara untuk meningkatkan kekebalan individu (manusia/hewan) terhadap penyakit tertentu sehingga apabila terinfeksi oleh penyebab penyakit tersebut tidak menyebabkan penyakit. Penjelasan mengenai pentingnya vaksin dapat Anda lihat kembali pada bahasan kami Mengapa Vaksinasi Itu Penting?


Setelah mengetahui bagaimana pentingnya vaksin pada hewan kesayangan, kemudian hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah hewan diberi vaksin?

➽ Vaksinasi tidak boleh dilakukan pada hewan yang sedang bunting
Sebenarnya, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi pada hewan yang sedang bunting. Jika vaksin diberikan pada induk yang sedang bunting, mungkin induk bisa menerima reaksi dari vaksin tersebut, namun tidak dengan calon anak yang dikandungnya. Vaksin tersebut dapat masuk ke dalam janin dan sistem imun janin tentu belum siap untuk melakukan perlawanan, karena prinsip dari vaksinasi tersebut adalah memasukkan kuman penyakit yang akan menstimulasi sistem imun tubuh, sehingga vaksin akan dianggap sebagai material asing oleh janin yang seharusnya ditolak. Jika vaksinasi tetap saja dilakukan, maka infeksi dari virus dapat menyebabkan gangguan pembentukan sehingga janin akan lahir cacat atau bahkan janin gagal dilahirkan (abortus pada induk).

➽ Setelah dilakukan vaksinasi, hewan tidak boleh dimandikan
Pada umumnya, hewan yang dimandikan tingkat stress nya akan bertambah. Hewan yang stress cenderung akan mengalami penurunan pada sistem kekebalan tubuhnya. Vaksinasi sendiri bertujuan untuk memasukkan kuman penyakit guna membentuk sistem imun tubuh. Nah ketika hewan stress, hewan malah akan rentan terserang penyakit karena pembentukan sistem kekebalan tubuhnya tidak optimal. Oleh sebab itu, hewan yang divaksin harus dalam keadaan sehat, tidak sakit, dan tidak dalam keadaan stress. Jadi, sebaiknya hewan dimandikan sebelum dilakukan vaksinasi. Atau hewan boleh dimandikan sekitar 7-10 hari setelah vaksinasi dan tidak boleh dibawa dalam perjalanan jauh.

Dengan penjelasan di atas, alangkah baiknya melakukan vaksinasi sebelum hewan dikawinkan atau sebelum mengalami kebuntingan, agar calon ibu mendapat vaksinasi yang cukup sebelum mengandung sehingga anak yang dilahirkan juga akan mendapatkan kekebalan pasif dari induknya di masa-masa awal kehidupannya. Dan lebih baik memandikan hewan Anda sebelum dilakukan vaksinasi agar hewan tidak merasa stress duluan sebelum divaksinasi.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Sumber Bina Makmur (Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth)

Dokter-hewan.net - PT. Sumber Bina Makmur , Authorized Distributor of Hill’s Pet Nutrition & Bayer AnimalHealth in Indonesia. We are currently expanding our team, we’re looking for a Vet Advisor with these qualifications : 
• Veterinarian Experienced : Had experienced min. 1 year in the field.  • Having a good analytical thinking  • Goal Oriented  • Having a good communication skill  • Fluently speaking in English 
If you are interested with the position please kindly e-mail us your CV to info@sbmpetnutrition.com  ely@sbmpetnutrition.com or contact us directly. 
Thank you.

Lowongan Kerja : Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam

Dokter-Hewan.net - Petlink Veterinary Care Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan dengan ketentuan sebagai berikut : Position:VETERINARY SURGEONTotal Vacancy:6 Male/FemaleWork Address:PETLINK VETERINARY CARE No.6, Ground Floor, Bangunan Hj Awg Metusin H.A & Hj Abdullah H.M Adik Beradik, Kg.Kiulap BE1518, Bandar Seri BegawanDistrict:Brunei MuaraEducation Required:  Master"s Degree (Master"s) or equivalentAge:20 - 30 years oldDriving License Class:3Basic Salary:B$ 1,500 / MonthEmployment Type:Full TimeWorking hours with breaks (8 hours):9:00 - 12:00, 13:30 - 18:00
Job Description: -Examine animals to diagnose their health problem  -Diagnose and treat animals for medical conditions  -Treat and dress wounds  -Perform surgery on animals  -Test for and vaccinate against diseases  -Operate medical equipment, such as x-ray machines  -Advise animal owners about general care, medical conditions, and treatment
Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran anda ke email : anderson.li…

Lowongan Kerja : Sido Muncul

Dokter-hewan.net - Sido Muncul membutuhkan dokter hewan dengan syarat sebagai berikut : Dokter HewanMemiliki SIP (Surat Ijin Praktek)Laki-lakiUsia maksimal 35 Tahun (Fresh Graduate lebih disukai) Tanggung jawab :  Sebagai kepala laboratorium Farmakologi dan Toksikologi. Penelitian dan pengembangan produkSebagai Dokter Hewan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Agro Wisata Sido Muncul, yaitu melakukan pengamatan, pengawasan, perawatan dan tindakan-tindakan medis satwa di Konservasi (terdiri dari 52 jenis dengan jumlah total 200) Melakukan administrasi terkait tanggung jawab (misal : BAP, Surat-surat terkait tanggung jawab, pernyataan-pernyataan) Ingin bergabung bisa apply ke hrd.klepu@sidomuncul.co.id